·

Cara Monetisasi Blog sesuai Pengalaman Pribadi

 

Mendapatkan uang dari mana saja, zaman sekarang kalimat itu sudah menjadi hal yang benar-benar nyata, bukan ? semakin banyaknya pilihan pekerjaan yang ada, mulai dari pekerjaan kantoran yang zaman dulu ini pekerjaan paling oke banget, anak gue kerja kantoran. Suatu kebanggaan bagi orangtua dan diri sendiri.

monetisasi blog

Dengan berkembangnya zaman, apalagi adanya masa pandemic covid-19 dimana anak kantoran berpindah menjadi anak rumahan, yak dimana semua pekerja di wajibkan melakukan semua aktivitas harian dirumah saja, almost 2 tahun yakan.

Kebiasaan tersebut bisa juga loh menghasilkan uang jika kamu tahu caranya dan platform yang digunakan, sebagai blogger Pekanbaru yang sejak dulu sudah aktif menulis di blog pribadi. Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari menulis, berikut opsi pekerjaan dari rumah :

Menjadi freelance writer (penulis lepas), menjadi penulis buku, sebagai kontributor artikel, dan kebanyakan saat ini dengan membuat blog atau situs web pribadi. Dimana dengan blog pribadi kamu dapat menulis tentang topik yang disukai, memiliki pembaca sendiri dan bisa kamu monetisasi (aktivitas mengubah sesuatu agar bisa menjadi penghasilan) melalui iklan, program afiliasi dan layanan lainnya.

Beberapa opsi monetisasi blog sesuai pengalaman saya sendiri, dan bisa kamu coba terapkan, berikut ini :

  • Affiliate Marketing

Artinya kamu berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Sebagai pemilik blog mempromosikan produk atau layanan orang lain dengan cara menulis artikel, dan dalam tulisan tersebut kamu masukkan link afiliasi produk tertentu. Dimana jika pembaca meng-klik link tersebut dan terjadi transaksi, otomatis kamu akan menerima komisi atas penjualan yang berhasil.

Kamu bisa memilih program afiliasi yang sesuai dengan topik tulisanmu, agar lebih alami saat dibaca oleh pembaca dan pastinya akan mudah kena ke target audiens kamu. Jadi semakin kamu paham dengan aturan dan struktur komisi suatu afiliasi, maka kamu akan bisa memperoleh komisi dari setiap program afiliasi yang berjalan.

Pastinya Affiliate Marketing butuh usaha dan strategi yang efektif, tetap menulis konten yang berkualitas dan jangan terlihat sedang promosi ya.   

  • Content Placement

Kamu posting tulisan terkait topik yang diberikan oleh agensi, bisa berupa tulisan yang sudah disediakan atau re-write (tergantung kesepakatan), sistem Content Placement ini akan ada link yang disematkan dalam tulisan. Dimana ini bertujuan membantu suatu brand memperluas jangkauan dan memperkenalkan diri kepada audiens kamu.

Ini opsi yang mudah karena tanpa pembaca melakukan tindakan, kamu sudah mendapatkan bayaran. Dan perlu diperhatikan, mengambil opsi ini juga harus sesuai dengan niche blog kamu, karena semakin relate maka pembaca akan tetap enjoy setiap membaca artikel yang kamu posting.

  • Review Product/ Brand

Artinya kamu akan diberikan produk, mencoba memakainya dan menuliskan pendapat kamu ke tulisan. Review Product ini bertujuan memberikan informasi kepada pembaca tentang kualitas, kegunaan, kelebihan serta pengalaman kamu selama penggunaan. Kamu bisa sematkan video ditulisan agar lebih meyakinkan.

Review Product bisa lebih santai, kenapa? Karena kita dikasih waktu untuk mencobanya dan baru nantinya memberikan pendapat terkait produk ke tulisan. Biasanya saya mendapatkan waktu 2 minggu pengerjaan untuk opsi ini, dan beda ya waktu pengiriman diluar dari itu.

Baca juga : Nulis tentang Games Online dibayar Dollar 

Untuk produk sendiri kamu juga bisa pilih sesuai dengan tema blog, ya karena elemen yang harus dijelaskan cukup lengkap seperti pengalaman penggunaan, harga dan dimana bisa dibeli, penjelasan kenapa kamu harus coba produk serta adanya kesimpulan diakhir. Semakin kamu lengkap menuliskan Review Product maka semakin mudah pembaca mendapatkan gambaran tentang produk tertentu.

  • Iklan / Adsense

Artinya kamu memasang iklan di blog kamu, cara ini sudah banyak dilakukan oleh para blogger di Indonesia, dan sistem iklan ini setiap pembaca klik iklan tersebut maka, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Adsense. Namun, nominal nya tidak besar ya.

Dan untuk pencarian komisi dari iklan/ Adsense ada minimal capaian, jika sudah mencapai nominal tersebut barulah kamu bisa melakukan proses pencairan yang nantinya akan masuk ke rekening kamu pribadi. Selama pembaca banyak yang visit ke blogmu, peluang mendapatkan klik akan besar.



S E L I N G A N

Jadi gimana, pemikiran tentang “orang yang dirumah aja tidak akan meraih rezeki” masih bisa dipakai zaman sekarang ?? benar untuk rezeki sudah ada yang mengaturnya, dan benar kita sebagai manusia harus menjemput rezeki tersebut, benar juga rezeki yang dijemput harus yang halalan thayyiban.

Namun menurut pribadiku, maksud pemikiran diatas jika orang itu dirumah aja rebahan, main games (bukan ada uangnya), netflixan seharian, makan-tidur, jadi beban orang lain, kerjaannya komenin hidup orang, ngomong sesuka hati. Padahal bukan orang sakit

Nah itu baru cocok untuk mengartikan kalimat diatas, benar atau betul gaes ?? komen dibawah ya!


Give Me Recommendation…

Bagi kamu yang memiliki opsi monetisasi lainnya bisa info ke saya ya, nanti ditambahkan ke dalam tulisan ini, dan terbuka juga bagi kamu yang mau komentarin bagian selingan diatas. Gpp saya akan baca kok opini dari kalian, dan kalau ada pemikiran lainnya bisa aja ditambahin nanti saya masukin ke selingan ditulisan berikutnya, ya

Baca juga : Review produk kecantikan dikasih produk gratis

Sekian tulisan tentang Cara Monetisasi Blog sesuai Pengalaman Pribadi, sampai jumpa dipostingan berikutnya, sukses selalu :)

2 Comments

  1. Trims udah berbagi informasinya seputar beragam bentuk monetisasi blog yg bisa alternatif pasive income buat para blogger aktif..

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.