·

Tren Terkini : Wisata Medis hingga Liburan Sehat

 Yok ke Malaysia berobat!

Cica, temenin Mama Papa ke Malaysia ya…

Medical Tourism Malaysia

Padahal saat itu aku baru aja balik dari Jakarta, dan persiapan keberangkatan emang sepenuhnya Papa yang urus. Sebelum berangkat sudah di infokan Papa, bahwa keberangkatan ke Malaysia untuk keperluan berobat. 

Singkat cerita, Papaku sedang sakit yang menyebabkan kedua kakinya susah untuk berdiri seperti layaknya orang normal. Dokter mengatakan bahwa Papaku mengidap penyakit yang disebut “Mascular Distrofi” sejak umur 30-an, jadi untuk penyembuhan yang baik kami mencoba ikhtiar (kembali) berobat ke Mahkota Medical Centre di Melaka, dengan tetap berharap mendapatkan kesembuhan.

Kembali lagi, karena semua informasi dicari dan di dapatkan oleh Papaku jadinya sebelum berangkat aku Tanya dong. Kenapa ke sana ?? emang apa fasilitasnya ? jauh loh kan disini juga ada ? Papakan sudah gak kuat lagi, sebagai penutup dari deretan pertanyaanku.

Fasilitas Malaysia Healthcare

Tau gak sih MHTC ? Medical Healthcare Travel Council termasuk badan yang dibentuk berdasarkan inisiatif dari Kementrian Kesehatan, yang pelaksanaan nya di bawah satuan kerja pada Kementerian Keuangan Malaysia. MHTC bertugas sebagai pusat informasi dan fasilitator dalam hal promosi di bidang industri wisata kesehatan Malaysia atau Medical Tourism Malaysia.

Source : malaysiahealthcare

Rumah sakit yang tergabung dalam Medical Healthcare Travel Council secara otomatis akan mengikuti standar fasilitas Malaysia Healthcare, yang terdiri atas :

  • Memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia.

Layanan ini membantu sekali bagi pasien yang butuh rekomendasi rumah sakit sesuai dengan kebutuhan penyakit. Seperti contoh Papaku yang ingin konsultasi tentang penyakit Mascular Distrofi”, dengan adanya layanan ini akhirnya Papaku mendapatkan rekomendasi rumah sakit ke Mahkota Medical Centre yang berada di Melaka;

  • Didukung oleh tenaga medis berpengalaman dan profesional.

Sumber daya manusia juga sudah berkompeten. Selama proses pengobatan yang Papa dan Mama jalani semua berjalan dengan baik dan terbantu, karena selama di rumah sakit mendapatkan pelayanan dokter serta tenaga medis yang sesuai dengan kebutuhan;

  • Kemudahan membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan.

Layanan ini sangat berguna, karena bagi pasien Indonesia yang hendak berobat ke Malaysia harus mengatur jadwal kunjungan dokter agar saat tiba di rumah sakit bisa langsung ketemu tanpa harus scheduling terlebih dahulu;

  • Memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan Anda untuk biaya perawatan & pengobatan rumah sakit di Malaysia.

Siapa yang tidak setuju dengan adanya layanan ini, sangat berguna karena dengan ini sebagai pasien dengan keluhan yang dirasakan, bisa langsung mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan di dokter dan rumah sakit yang bersangkutan;

  • Memiliki layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Services (MGS) untuk mempermudah mendapatkan informasi.

Para pasien Medical Healthcare Travel Council akan mendapatkan layanan terbaik sejak tiba di bandara, ada pihak MHTC yang akan menjemput untuk mengantar para pasien ke Malaysia Healthcare Lounge.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Bapak Datuk Zainal Abidin Bakar menyampaikan : “Layanan kesehatan di Malaysia memberikan value of money yang baik bagi masyarakat Indonesia yang berminat melakukan perawatan kesehatan.” Layanan perawatan kesehatan berkelas dunia seperti wellness (kebugaran), pemeriksaan kesehatan, kardiologi, onkologi, perawatan kesuburan (fertility treatment) dan ortopedi.

Di samping itu, kualitas layanan, jarak yang dekat, harga terjangkau serta jarang ditemukan kesulitan berkomunikasi karena Bahasa yang digunakan yakni Bahasa Melayu, akan memudahkan pasien selama di Malaysia.

"Kami tak ingin hanya orang sakit saja yang ke sini, kami juga bisa menjadi rujukan terbaik bagi orang-orang yang mau menjaga kesehatannya," tutup beliau.

Wisata Medis hingga Liburan Sehat di Melaka

Sembari mengikuti aktivitas pengobatan Papa dan Mama, saya sama sekali tidak berekspektasi bakal bisa jalan-jalan menikmati wisata yang ada di Melaka, karena kembali lagi tujuan saya kesini adalah berobat. Namun qadarallah ya kesempatan itu ada, saat ada jeda saya bergerak menjelajahi sekitar untuk bersantai sambil tetap menjaga kesehatan diri. Di Melaka saya mendatangi beberapa tempat sejarah dengan berjalan kaki, ternyata seru dan menyenangkan.

Berjalan sekitar 10 menitan ke arah utara dengan suasana sore yang cerah, banyak pejalan kaki lainnya yang ditemui tidak membuatku kikuk sama sekali. Ya sebagai pendatang pasti ada rasa cemas dan tidak percaya diri dengan situasi saat ini, Surprise karena setelah berjalan sebentar saya sudah bertemu dengan Dataran Pahlawan Melaka yang sore itu terlihat sepi. Ingin rasanya mengabadikan foto-foto pribadi tetapi terkendala tidak ada teman yang bisa dimintai tolong, jadi hanya bermodalkan timer.

Mulai dari Dataran Pahlawan Melaka inilah perjalanan sejarah ku dimulai. Sore itu sekitar pukul 5 sore saya menjelajahi sekitaran dan dipertemukan dengan banyak tempat wisata sejarah lainnya. Terus berjalan kedepan, Saya menemukan Heritage Gallery, dibagian luar bangunannya unik namun jika saya tidak masuk, maka tidak akan terlihat ini tempat jualan pernak-pernik khas Malaysia.

Seru banget berjalan-jalan di dalam Heritage Gallery sambil cuci mata dan akhirnya Saya kena racun membeli gantungan kunci yang bergambar unik. Disini saya sempat melakukan penawaran harga, jadi jika penjualnya setuju maka saya ambil dan jika tidak, maka saya tinggalkan lapaknya. So, bagi turis-turis yang mampir ke Heritage Gallery jangan malu untuk nawar yaa apalagi kalau sudah sore harga bisa jadi murah.

More info tentang Medical Healthcare Travel Council

Perjalanan saya sebagai Medical Tourism Malaysia sangat berkesan, saya pasti kangen dengan perjalanan ini. Itu tadi sekedar info dari saya, jika ingin mengetahui Info lainnya dan lengkap dapat dilihat :

Instagram @medtourismmy.id 

Website resmi di www.medicaltourismmalaysia.id

Whatsapp : +62812 8971 0029

 

Kesimpulan

Dengan adanya MHTC (Medical Healthcare Travel Council) diharapkan terbukanya informasi public tentang Pengobatan di Rumah Sakit Malaysia, terdiri atas fasiltas Malaysia Healthcare, tips berobat sambil berwisata di Malaysia, jalan-jalan sambil berwisata, wisata kuliner/sejarah/budaya, program yang di highlight Malaysia Healthcare dan aktivitas lainnya.

Informasi diatas, sudah dijalankan oleh 69 Rumah Sakit swasta di Malaysia dan sudah tersebar di beberapa kota seperti Johor, Kedah, Kelantan, Kuala Lumpur, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Penang, Perak, Sabah, Sarawak dan Selangor. Jadi, bagi pasien atau calon pasien dari Indonesia atau dimanapun berada yang hendak berobat dan membutuhkan informasi secara lengkap, dapat mendatangi MHTC (Medical Healthcare Travel Council) berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia serta memiliki kantor perwakilan dibeberapa Negara termasuk Indonesia.

Penutup

Demikian informasi public yang dapat saya sampaikan sesuai dengan Pengalaman pribadi sebagai “Medical Tourism Malaysia” dan beberapa referensi terkait yang sudah saya rangkum dengan sangat padat dan jelas. Berharap kamu bisa merasakan pengalaman yang sama dengan apa yang sudah saya rasakan terkait fasilitas Malaysia Healthcare. Sampai jumpa di postingan berikutnya :)

 

 

53 Comments

  1. Yaaa, aku jadi pengin ke Malaysia niihh
    Memang keren banget ya, wisata medis di sana.
    Salah satu tanteku ada yg kena kanker.
    trus beliau memutuskan terapi di Penang, dan testimoninya sih BAGUUSSS BANGET layanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa banget. Wisata medis bareng Medical Healthcare Travel Council bisa jadi pilihan baik :)

      Delete
  2. Adanya MHTC seperti berobat sekaligus piknik meski tipis ya...
    Semoga pengobatan Papa berlangsung lancar. Sehat selalu ya kita semuanya. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mba, yang ingin berobat dan yang ingin menjaga kesehatan bisa dibantu oleh Medical Healthcare Travel Council ini :)

      Delete
  3. Malaysia health care ini emang juara banget sih karena bekerjasama dengan banyak rumah sakit hebat di Malaysia. Udah gitu yg bikin aku senang sama health care ini dia juga menerima konsultasi by chat sebelum akhirnya kita berangkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes bener sekali Mba, udah ada pengalaman nih kayaknya Mba :)

      Delete
  4. Mudah2an lancar pengobatan papanya ya kak. Aamiin. Segera pulih seperti sedia kala. Btw viewnya HealthCare bagus bangett. Pasti sejuk yaa hawanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin terimakasih atas doanya kak, semoga sehat selalu :)

      Delete
  5. Semoga sehat-sehat terus ya Mba, mungkin ikhtiar ke Malaysia sudah dipikirkan masak2. Tapi emang bagus sih di sana fasilitas kesehatannya ya, ditambah skg ini ada wisata malaysia healthcare, smg banyak membantu yg membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mba bisa pengobatan dan jalan-jalan medis sekitaran RS, terbantu deh adanya Malaysia Healthcare :)

      Delete
  6. MHTC beneran ngebantu banget calon pasien untuk memilih rumah sakit yang sesuai sekaligus bisa menikmati liburan menyenangkan juga

    ReplyDelete
  7. Menarik ya program ini. Selama ini aku kalo denger medical check up atau pengobatan ada rasa "duh...rumah sakit". Dikemas dengan wisata gini jadi terasa lebih friendly dan menyenangkan :)

    ReplyDelete
  8. Bener juga, sih. Kalau bicara medis memang gak hanya untuk orang sakit. Tetapi, juga berlaku bagi yang ingin menjaga kesehatan. Wisata seperti ini juga bisa terasa menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes Mba, menjaga kesehatan penting banget. Apalagi masa pandemic gini, rentan banget datang penyakit :')

      Delete
  9. Merencanakan perjalanan wisata sambil berobat jadi pilihan juga ya. Salah satunya ke Malaysia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mba, bareng Medical Healthcare Travel Council pastinya :D

      Delete
  10. Fasilitas MHTC lengkap yah kak, bisa berobat medis sambil berwisata juga. Jadi yang sakit bisa sambil merasakan kebahagiaan juga yah gak terlalu terbebani dengan penyakit yang diderita. Bagus yah MHTC ini. Semoga papanya lekas diberikan kesembuhan yah kak aamiin 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, fasilitas Malaysia Healthcare ini lengkap banget, tinggal tanya saja pasti dijawab dengan senang hati.

      Amin amin, sehat juga kakak sekeluarga ya :)

      Delete
  11. Malaysia tuh bagus loh mba untuk fasilitas kesehatannya, setara sama SG tapi harganya jauh lebih bersahabat lah kalo dikurs sama rupiah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba, ku merasakannya. hehe saat bayar loh hemat juga ya :D

      Delete
  12. Semoga segera pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.. aamiin
    Aku makin penasaran deh dg pengobatan disana, karena banyak yg rekomendasiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin terima kasih ya Mba. Bisa tuh mba chat saja admin nya Medical Healthcare Travel Council, dijamin info jelas padet 😉

      Delete
  13. Aku sudah tahu soal MHTC ini karena pernah buka eksibisi beberapa tahun lalu di sebuah mall di Kelapa Gading. Tawaran berobat sambil wisata itu memang menggiurkan dengan pilihan harga dan destinasi wisata di Malaysia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget Kak. Fasilitas yang diberikan Medical Healthcare Travel Council sangat ngebantu kita banget yang hendak berobat sambil refreshing di Malaysia ☺️

      Delete
  14. semoga Papa cepat pulih ya Ca, doa anak soleh insyaAllah dijabah Allah SWT, amin.. , sudah banyak dengar info kalau berobat di Malaka ini bagus, ditambah info lengkap dari Cica ini, detail banget makasi yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin ya Allah, terima kasih ya Mak. Sehat selalu juga :)

      Iya ini info sesuai dengan pengalaman dan referensi juga dari webnya Medical Healthcare Travel Council ☺️

      Delete
  15. Semoga papanya cepet sembuh ya. Pantes banyak yg berobat di Malaysia, bagus gitu pelayanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin amin terimakasih atas doanya kak, sehat selalu unk kakak :)
      Iya kak udah jadi Medical Tourism Malaysia banget nih kita...

      Delete
  16. Malaysia ini makin keren yaa fasilitas kesehatannya. Udah sering denger banget soalnya, dan untuk harga berobatnya termasuk terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, karena beberapa RS disana masuk keanggotaan Medical Healthcare Travel Council yang emang mengutamakan fasilitas terbaik, jadi soal harga dijamin transparan deh :))

      Delete
  17. Sempat pengen berobat ke sana. Tapi berhubung mahal, ya bertahan di sini aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah soal harga bisa tanya-tanya dulu deh kak, ke Medical Healthcare Travel Council :)

      Delete
  18. MHTC ini memang juara ya dalam pelayanan, beberapa kali ikutan webinarnya jadi tau kualitas pelayanan dan juga dokter2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup kak, pihak Medical Healthcare Travel Council keren nih dalam publikasi :D

      Delete
  19. ternyata Malaysia Healthcare lengkap juga ya kak terutama soal fasilitasnya

    ReplyDelete
  20. Semoga papa segera sembuh ya kak. Dari dulu melaka memang tempat berobat reccomended banget sih walau belum sempat kesana, tapi beberapa saudara banyak yang udah nyobain apalagi sekarang terus upgrade fasilitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terimakasih ya kak atas doanya, sehat selalu unk kakak :)
      iya kak mengutamakan fasilitas terbaik sih RS di Malaysia

      Delete
  21. Memang layanan MHTC ini bagus banget, waktu aku kesana memang lihat langsung gimana pelayanannya yang end to end

    ReplyDelete
    Replies
    1. nih testimoni kakak yang langsung merasakan layanan Medical Healthcare Travel Council ;))

      Delete
  22. Malacca, kota paporitku buat ngadem & menyepi sembari mengitari seisi kota..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow udah sering dong ya Kak ? Next time pakai MHTC kak 😊

      Delete
  23. Penting emang mbak tahu layanan-layanan seperti MHTC ini. Soalnya kalau mau traveling ke luar negeri pastinya asing sama banyak hal. Ulasan yang dibutuhkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Kak, secara kan visit negara lain yak. Dan selama kita belum paham ttg layanan, jangan lepas deh dari MHTC hehe 😊

      Delete
  24. Salut banget sama MHTC. Karena pengobatannya begitu santai tapi teliti dan tentu kembali ke cara penyampaian kepada pasien dan keluarga agar tetap memiliki semangat untuk sehat kembali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kak, udah berasa wisata medis deh ya 🙂

      Delete
  25. Bagus ini adanya estimasi biaya pengobatan, sehingga sebelum berobat bisa ancer-ancer dan mempersiapkan dulu ya agar nggak repot dengan urusan administrasi di kemudian hari

    ReplyDelete
  26. Udah terpercaya banget ya Kak, jadi aman begini
    pengobatan MHTC ini bagus ya jadi kudu mulai persiapan kalau mau berobat ke sini.

    ReplyDelete
  27. Keren sih ini ya kak, kalau masih belum jelas ttg rumah sakit pilihan selama di Malaysia. Kita terbantu sekali dengan adanya MHTC ini, jadi selain dapet info rumah sakit juga dikasih info liburan tipis-tipis.

    Aku kepoin deh IG @medtourismmy.id nya 😊

    ReplyDelete
  28. memang pengobatan di malaysia bisa jadi salah satu pilihan untuk ikhtiar kesembuhan ya. Semoga cica sekeluarga senantiasa diberi kesehatan

    ReplyDelete
  29. Banyak direkomendasiin ya pengobatan di negeri jiran ini. Apalagi pakai konsep kayak wisata, bikin berobat semangat dan cepat sehat.

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.