·

Berkunjung ke Kompleks RAPP, Ada Fasilitas Berkelanjutan dari Group APRIL di Pangkalan Kerinci

Rabu pagi dengan semangat dan perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saya jadi ingin tahu perasaan mereka juga, Apa ya yang dirasakan pegawai APRIL selama bekerja disini ya, khusus nya di Kompleks RAPP ?

Bekerja selama 5 tahun ? atau 1 dekade ? ada dong.

Riau Kompleks merupakan kompleks karyawan sebagai tempat bekerja, tempat tinggal, tumbuh dan berkembang para pegawai APRIL, yang mana komplek ini berada di Kabupaten Pelalawan terletak sekitar 70 km dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau- Indonesia.

Yap, APRIL menjadi salah satu perusahaan swasta terbesar yang bergerak di bidang pulp dan kertas, selain itu juga produsen viscose rayon yang terus memprioritaskan para karyawan, agar semua pekerja hidup dan dapat menikmati damai ditengah kesibukan dalam bekerja aka Work-Life-Balance ya.

☆ Pengalaman Berkunjung ke Kompleks RAPP 2022 

Berkunjung ke Kompleks RAPP dan melihat beberapa fasilitas yang tersedia adalah pengalaman paling beruntung, bukan sebagai karyawan tetapi hanya pendatang/tamu. Selama 2 (dua) hari disini menjadi warga Komplek pasti ada rasa dan peristiwa yang berkesan.

Sebagai perusahaan yang menerapkan konsep keberlanjutan, kompleks yang memiliki sekitar ±100.000 penduduk di Kompleks RAPP ini memiliki beberapa fasilitas yang memadai, seperti :

  •  HOTEL

hotel di pangkalan kerinci

Hotel Unigraha adalah hotel di Pangkalan Kerinci yang berada didalam kawasan kompleks RAPP. Diperuntukan untuk warga lokal, tamu dan beberapa pegawai dinas yang datang ke RAPP-Pangkalan Kerinci, sama hal dengan hotel lainnya di sini tersedia fasilitas seperti Restoran, Kolam Renang, Gym Centre, Laundry dan Bakery Corner, dan pastinya kamarnya semuanya berkonsep sustainable living.

Dan selama disini saya beserta teman lainnya menginap di Hotel Unigraha, satu hal yang menarik ditemukan adalah tidak menyediakan minuman botol plastik karena Hotel Unigraha memberikan fasilitas dispenser dilorong kamar beserta gelas kaca disetiap kamar. Sebagai komitmen ramah lingkungan, check!

  •  MESS KARYAWAN DAN APARTMENT

mess karyawan

APRIL memiliki beberapa operasional pabrik serta hutan tanaman industri, namun yang utama berada di Kota Pangkalan Kerinci, Indonesia. Maka untuk pegawai dinas bisa menggunakan fasilitas mess karyawan dan Apartment di Kompleks RAPP. Messnya nyaman, rapi, dan bersih banget, tidak heran jika para karyawan betah tingal di kompleks ini.

  •  FOOD COURT

mini market RAPP

Selain bekerja dan mess karyawan. Kegiatan seru lainnya adalah mencari makan dan minum. Food Court akan selalu didatangi pegawai APRIL setelah jam kerja berakhir, disini nyaman dan bersih serta termasuk lengkap untuk memenuhi kebutuhan diri. Tersedia supermarket juga juice corner. Di sini juga terdapat beberapa foodcourt.

  •  SEKOLAH

ada sekolah di kompleks RAPP

Bagi para pegawai yang sudah berkeluarga yang membawa keluarga, jangan takut soal pendidikan, karena di sini juga diberikan fasilitas pendidikan dari tingkat SD hingga SMA.

Di Riau Kompleks tersedia sekolah baik sekolah dengan kurikulum nasional seperti sekolah Global Andalan maupun sekolah dengan standar internasional, seperti Sekolah Mutiara Harapan berstandar Cambridge International. Sekolah-sekolah ini berada di dalam Riau Kompleks yang sangat kondusif untuk kegiatan belajar-mengajar.

  •  KESEHATAN

klinik kesehatan RAPP

Tidak hanya itu, kesehatan juga menjadi hal yang sangat penting untuk karyawan dan keluarga di komplek. Mulai dari bapil akibat perubahan cuaca hingga penyakit yang harus ditangani oleh dokter spesialis, adanya klinik kesehatan khusus karyawan ini sebagai layanan agar mereka tetap sehat.

Selain itu, fasilitas lainnya seperti fasilitas rekreasi, sarana ibadah, lapangan olahraga/ Sport Centre dan fasilitas Paguyuban Kebudayaan bagi karyawan dan keluarga mereka.

☆ APRIL baik Bagi Bumi Kita 

Dengan semakin ekstrimnya fenomena peningkatan emisi karbon di dunia yang sangat mengkhawatirkan masa depan dunia, APRIL juga turut berkomitmen dalam upaya mewujudkan iklim positif sebagai bagian komitmen APRIL2030.

Nursery

Dengan adanya komitmen keberlanjutan (sustainability) yang menjadi fokus APRIL saat ini, ada beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh APRIL sebagai bagian dalam dukungan untuk membantu komitmen pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dan beralih ke sumber energi terbarukan antara lain pengadaan Bus Listrik dan Panel Surya (Solar Panel).

  •  BUS LISTRIK/ ELECTRIC BUS

bus listrik

Bus listrik menjadi transportasi yang bisa dipakai oleh karyawan di Kompleks RAPP menuju ke lokasi kerja tanpa mengeluarkan emisi karbon. Adanya bus listrik ini menjadi bus listrik pertama di Provinsi Riau.

Bus listrik yang dimiliki oleh APRIL saat ini sebanyak 6 (enam) unit bus listrik, dimana baterai berkapasitas 315,85 kilowatt hanya 3 jam pengecasan. Bus listrik ini bersih dan nyaman. Saya menaiki bus listrik menuju Paper Mill, perjalanan yang berkesan. Paper Mill adalah area produksi pulp dan kertas, termasuk kertas PaperOne.

  •  SOLAR PANEL

panel surya

Adanya Solar panel yang menjadi salah satu proyek terbesar APRIL saat ini, dengan komitmen APRIL2030 yakni iklim positif, yang akan memasang 50 MW pada tahun 2030.

Saya berkunjung ke Solar panel dan progress-nya akan terus berlanjut. Saat ini solar panel yang sudah terpasang adalah 11 MW. Tentunya apabila sudah rampung pada tahun 2030, proyek ini akan menjadi salah satu instalasi Panel Surya terbesar milik swasta di Indonesia.

***

Terima kasih APRIL telah berkomitmen untuk mewujudkan penghidupan dan ikut serta membangun bangsa secara bertanggung jawab!

10 Comments

  1. Woow ini sih pengalaman yang seru ya Kak bisa melihat langsung Kompleks RAPP, ternyata fasilitas di dalamnya lengkap juga. Dan salut dengan adanya fasilitas berkelanjutan yang mereka adakan di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, pengalaman berkesan bisa ke Kompleks RAPP dan first time naik bus listrik yang nyaman dan tidak bising, seru banget :)

      Delete
  2. Suasana kerja kondusif banget di APRIL ya..
    Karena semua fasilitas tersedia dengan baik, bukan hanya untuk menunjang pekerjaannya aja, tapi juga untuk keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. definisi Work-Life-Balance banget kan mbak ? hehe

      Delete
  3. Wah perusahaanku donk hehehe #kidding
    Kayaknya enak ya kerja di sana mbak, untuk kesejahteraan karyawan bahkan buat yang udah berkeluarga udah dipikirin sekali.
    Menganut sustainability juga ya, sehingga menjadi salah satu peerusahaan yang memperhatikan lingkungan juga. Ada lowongan? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya kak, semoga bisa join di APRIL
      bener kagum sih dengan komitmen keberlanjutan (sustainability) mereka
      ada kak, bisa cek aja hehe :D

      Delete
  4. Semoga semua sumbangsih APRIL Group untuk masyarakat bisa dimanfaatkan dengan baik, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat berharap, semoga program #APRIL2030 bisa berhasil dengan baik juga ya kak :)

      Delete
  5. Keren konsepnya apalagi sustainable-nua sehingga memberikan manfaat buat sesama dan juga bumi ini. Sukses terus APRIL

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa dipikirin banget sama APRIL ya, dampaknya untuk masa depan. Yep sukses selalu :)

      Delete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.