Perjalanan Karirku dalam 1000 kata

Mau cerita masuk ke dunia kerja ah, kalau kamu ingin tau akan aku jelasin semua nya disini. Btw kamu sehat kan ? gimana harimu, aman ? banyak banget orang diluar sana yang cerita tentang dia mulai kerja diumur berapa, nah sebelum aku kasih tahu, aku diumur berapa mulai kerja. Kamu bisa share juga dikolom komen ya, mana tau kita sama…



Jadi di usia 21 tahun Alhamdulillah aku bisa menghasilkan uang sendiri dengan apa yang telah aku lakukan. Pekerjaan pertamaku saat itu adalah sebagai pekerja APIK dan BAP di satu instansi pemerintah, yang bekerjasama dengan Universitas yang menjadi tempat aku berkuliah dulu. Jujur, aku senang banget bisa kerja sambil kuliah, eh bukan. Kerja sambil kuliah nyata, maksudnya adalah aku bekerja di instansi ini sesuai dengan jurusan kuliah, jadi pelajaran yang telah ku terima di kuliah langsung bisa dipraktekkan di Pengadilan.

Pekerjaan pertamaku ini di Pengadilan Negeri Pekanbaru, job desc nya adalah mengikuti persidangan dari awal hingga selesai, melakukan perekaman dan ending nya kita harus melaporkan persidangan dihari tersebut ke pihak KPK RI melalui website. Kerjanya seru banget karena punya team yang solid dan saling bantu satu sama lain, dan poinnya adalah tahun 2015 aku seorang pekerja APIK dan BAP pada instansi pemerintah.

Dalam perjanjian tersebut, setiap anggota akan berakhir masa kerjanya setelah dinyatakan lulus dari Universitas. Dan aku sendiri berhasil lulus ditahun 2017 awal dan secara otomatis aku tidak lagi sebagai pekerja APIK dan BAP, karena sudah dinyatakan lulus sebagai Mahasiswa. Mulai sejak itu, aku sudah tidak aktif lagi dalam kegiatan Perekaman Persidangan yang dulunya rutin aku ikuti bersama teman-teman.

Di tahun 2017 aku mulai melamar kerja sesuai bidang yang aku sukai, misalnya aku pernah melamar di Notaris, lalu aku melamar di beberapa tempat yang bergerak di F&B yang salah satunya adalah Pekanbaru Just Cake yang saat itu baru akan memulai bisnis nya di kota Pekanbaru. Dengan melihat beberapa posisi yang dibuka, aku tertarik dengan Admin Social Media. Beranjak dari kesempatan ini, aku mulai enjoy melakukan yang berkaitan dengan dunia konten, internet dan aplikasi, aku sadar dan telah jatuh cinta dengan ilmu dan posisi sebagai Admin Social Media.

Bulan berganti dan tak terasa aku sudah disini sekitar 9 bulan bareng yang lain, menikmati proses dan sama-sama belajar menjadi lebih baik. Kalau ditanya apa sih suka dukanya ? wah banyak sekali, hanya saja karena sering komunikasi dan mendengarkan satu sama lain makanya, segala masalah atau tantangan dapat terselesaikan dengan baik. Namun, suatu hari terjadi masalah yang sangat luar biasa mengerikan dan butuh perhatian hingga pihak HO (Head Office) harus turun ke Pekanbaru. Dan dari momen itulah satu demi satu masalah lainnya berdatangan, dan diakhiri dengan PHK beberapa karyawan dan ending nya store tutup atau gulung tiker.

Disini aku merasa sedih karena sudah nyaman banget bersama, tapi mau gimana. Semua harus berakhir dengan bahagia, setelah dari Pekanbaru Just Cake aku mulai melamar kembali ke beberapa perusahaan dan instansi yang open recruitment sebanyak yang aku sanggup, aku ikut interview dan menunggu hasil lulus atau tidak. Dan dimasa ini aku lumayan oleng karena almost 6 bulan aku belum menemukan tempat berkarir yang baru.

Baca juga : Sebagai Office Manager di Law Firm

Namun sesuai dengan perkataan orang, bahwa percayalah selalu akan ada pelangi setelah hujan badai yang lebat. Maka setelah 6 bulan berusaha lamar kesana dan kesini, akhirnya Abang sepupu buka usaha Kuliner di Pekanbaru, dengan konsep makanan khas Sibolga. Untuk pengalaman pertama aku diberikan kesempatan sebagai Supervisor, yang mana job descku adalah mengatur semua operasional mulai dari buka store hingga tutup store. Diposisi ini aku banyak belajar, mulai sabar dan good leader wanna be, karena sangat terbantu dengan adanya Abang yang selalu kasih Advice dengan caranya sendiri, dan aku menerimanya dengan baik.

Kata Abang “kamu sudah mulai banyak berubah, Cak.” Cuma butuh belajar lagi, disuatu malam saat ngobrol bareng kak Fitri. Saat itu aku merasa sangat diperhatikan oleh mereka berdua, sosok yang punya banyak pengalaman dan sudah merasakan asam pedas manisnya dunia kerja. Hanya saja, disini aku bertahan sekitar 10 bulan saja mengemban tugas sebagai Supervisor dan meminta izin untuk resign karena mendapatkan pekerjaan baru yang bergerak dibidang hukum, sesuai jurusanku.

Awal tahun 2020 aku sudah resmi bekerja disalah satu Firma di kota Pekanbaru, dunia yang baru pertama kali aku masuki, karena setelah lulus kuliah tidak langsung terjun di dunia hukum. Disini aku dapat quotes dari rekan kerja yang beliau sampaikan, “Ikuti aja aktivitasnya, pelajari apa kebiasaannya dan nanti lama-lama bakal paham sendiri kok.” Quotes diatas sangat membantu aku selama berada disini dan makin kesini lebih enjoy dalam menjalaninya, dan juga banyak terbantu dengan adanya senior-senior yang sudah lama disini.

Satu hal selama berada disini, keseringan teledor membuatku jadi freak. Misalnya apapun yang aku buat, pasti selalu ada yang salah, atau dalam urusan pemberkasan ada aja yang kurang saat melengkapinya. Ntah apa yang aku pikirkan saat itu, tidak focus menjadi alasan kenapa bisa salah begitu, dan sudah kucoba untuk mengubahnya tapi ya belum juga berhasil.

Alhamdulillah aku sudah melewati 1 tahun berada disini, dan masih tetap disini hingga awal tahun 2021. Suka duka disini dan kesan selama berada disini adalah, aku lebih paham tentang praktek hukum, banyak belajar dan dapat ilmu dari senior-senior yang tidak pelit membagi ilmu mereka kepadaku. Aku diterima dengan baik oleh mereka dan banyak momen menyenangkan yang kami lalui bersama, namun setiap kebahagiaan tidak selalu bertahan lama. Ada masanya dimana datang badai menyerang, dengan drama-drama kecil maupun besar yang membuat team renggang.

Tahun 2021 ini diprediksi CPNS akan buka formasi jutaan, dan hatiku mengatakan harus mencoba dan menemukan masa depanku serta memantapkannya. Aku tidak mungkin selamanya disini, aku harus mendapatkan pekerjaan yang jelas kini dan nanti, maka dengan begitu aku harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Coba aku mau tau, jika kamu sudah lulus CPNS maka, boleh dong kasih tips dan trik agar lulus menjadi ASN dan apa saja sih yang kamu persiapkan. Misalnya dalam menentukan posisi atau instansi apa sih yang peluang nya besar agar lulus atau apa aja sih yang kamu pelajari agar bisa cepet jawab soal. Aku butuh tuh yang begituan, karena setiap pengalaman pastilah berbeda-beda, So tell me guys dikolom komen ya

Bagaimana dengan kamu ? apa yang akan kamu lakukan di tahun 2021 ini, apakah sama denganku berjuang dalam proses panjang yang akan dilalui demi lulus CPNS dan menjadi ASN ditahun ini atau ada proses yang lain ? Doaku semoga apa yang kamu cita-citakan dan belum berhasil, bisa tercapai ditahun ini dan kamu selalu menjadi kebanggaan untuk orangtua dan keluarga besarmu. Sehat selalu J

 

 

 

 

0 Comments