Sharing is Caring dari Seorang Blogger


-          Tiba di Gedung Dekan Fisipol UIR

“Permisi mau tanya dong, Gedung BAIT dimana ya ? tanyaku pada mahasiswi.”
“Heyy, gedung BAIT dimana weyy? Tanyanya pada sekumpulan temannya.”

“Gedung BAIT itu disamping gedung Fakultas Hukum kak, setelah gedung ini ada gedung BEM dan disamping gedung BEM ketemu gedung FH. Jadi kakak jalan aja nanti ketemu gedung BAIT kak, ucapnya.”

Cuma ada satu mahasiswa yang bisa bantu jawab. Udah cukup sih bikin saya nggak bingung mondar-mandir kayak setrika-an.



Hari ini, Sabtu (16 November 2019) hari yang sudah lama saya nantikan. Bakal sharing pengalaman kepada adik-adik mahasiswa Jurusan Administrasi Publik - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Riau. Agenda ini sudah saya persiapkan dengan sangat baik, mulai menyiapkan materi yang akan saya sampaikan serta hal lain yang mendukung agar moment ini bisa berjalan dengan oke. Everything okay, saya siap menuju ke lokasi acara.

Sudah berada di Fisipol. Jujur ya saya nggak terlalu paham lokasi kampus yang berada di Jalan Kaharuddin Nst No. 113 Kota Pekanbaru (kampus UIR) ini, tapi kalau cari fakultas so far so good lah masih gampil, namun untuk mencari gedung BAIT wah saya perlu cari orang untuk kasih saya petunjuk.

Petunjuk sangatlah penting bagi orang baru seperti saya ini, karena pepatah bilang “malu bertanya, bakal jalan-jalan.” Berhubung saya lagi males jalan maka saya harus cari bantuan. Setelah dapat informasi keberadaan gedung BAIT dimana, lalu sudah sampai di gedung yang dijanjikan diawal. Ternyata acara pindah ke Gedung Hijau, what ?

“Kalau masuk ke UIR lurus aja nanti ketemu bundaran lurus lagi. Lalu sebelah kanan ada ATM center rame, nah gedung hijau itu dibelakang ATM Center ya." Isi pesan whatsapp bu dosen sama sekali bikin nggak paham, karena saat saya terima pesan itu posisi emang lagi didepan gedung warna nya hijau tapi nggak ada ATM center. Pada akhirnya saya dijemput dan sudah disini sekarang, disalah satu ruangan yang berada di Gedung Hijau yang berbeda.


Ada sekitar empat puluh mahasiswa/i di ruangan ini, saya so happy pastinya bisa ketemu mereka, bisa sharing hal-hal sesuai apa yang sudah saya lalui, pengalaman sebagai Blogger dari awal hingga sekarang. Apa yang saya dapatkan, bagaimana cara saya menulis biar ngalir gitu aja ceritanya, senang juga bisa kasih jawaban dari beberapa pertanyaan adik-adik ke saya. Siapa orang yang menginspirasi kakak ? tanya Irham dan pertanyaan lainnya yang kalau disimpulkan, mereka semua sangat excited dengan dunia Blogger.

Baca juga : Blogger Pekanbaru Main ke Grand Elite Hotel

Kuliah bersama ini ditaja oleh Akademi Bisnis Gratis yang disingkat ABG, mengajak para mahasiswa belajar menulis dari seorang praktisi yaitu Blogger sendiri. ABG ini berdedikasi dalam membangun minat wirausaha kaum muda Riau melalui sharing dari volunteer di berbagai bidang.

Untuk sesi ini tema yang di angkat yaitu “Belajar Nulis Dari Blogger” adanya kuliah bersama ini yang diharapkan adalah dapat ilmu dari Blogger tentang bagaimana menemukan ide menulis, bagaimana merangkai kata dan membuat tulisan mempunyai alur cerita yang menarik. Jadi nantinya mahasiswa/i jurusan Administrasi Publik & Perkantoran ini bisa termotivasi untuk senang menulis sesuai ciri khas dan kesukaan mereka.


Karena percayalah para pembaca cicajoli dot com, ingin jadi penulis yang baik kuncinya adalah kamu harus melakukan 2 hal, hanya 2 saja yakni baca yang banyak dan nulis yang banyak. Untuk menjadi hebat harus ada effort yang besar bukan ?

Semoga apa yang saya ceritakan bisa bermanfaat untuk semua dan untuk diri saya pribadi juga pastinya. Semoga dapat berjumpa di waktu baik lainnya, karena perjumpaan itu masih rahasia Tuhan, siapa sangka mahasiwa yang kasih petunjuk ke saya ternyata salah satu peserta dalam kuliah bersama. Lucu sih :)



©Pekanbaru, 17 November 2019 @Cicajoli

8 Comments

  1. Cool! Seru yaa bisa berbagi pengalaman ama adek adek mahasiswa. Somehow learning method yg mahasiswa skrg butuhin itu lebih ke sharing session by profesional buat nambah soft skill mereka ketimbang teori melulu di kelas #kokcurhat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bet Kak, pengalaman yang bakal di ingat sampai tua hehe

      Bener sih, dosen nya juga bilang gitu. Tujuan nya juga agar mereka suka nulis sesuai kesukaan mereka dan pastinya sesuai karakter masing-masing.

      #kokcurhat ya ? merasa dulu kalau dikampus dapatnya teori melulu kali ya :p

      Delete
  2. Wadaaww keren banget sihh jadi pemateri. tapi iya bener sih, sebagai newbie aku mengalami banyak baca dan banyak nulis sebagai koentji :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadawww senang dapat kesempatan jadi pemateri nih Mba :D

      Tos doloe donk...

      Delete
  3. Seruw caaa.... Tapi kampus UIR ga seribut itu loooh nyari gedungnyaaa wkwkwkkw, kapan2 jadi pemateri buat ngobrol2 diskusi lagi ca 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu...
      ribet kalau muter-muter sist haha

      Ashiyaaap, cek kontak ada di BIO kita ya sist 😆

      Delete
  4. wawa, cica keren sekali bisa ngisi2 gini. klo aku masih maluu, masih maunya share sambil nongki2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja kak. Anggap aja pas kakak sharing didepan umum, kakak lagi sharing layaknya sambil nongki2 syantik :D

      Delete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.