·

7 Tips untuk Pemula ke Singapore

 

Singapore termasuk kedalam Negara Asia Tenggara, yang bisa dikategorikan luar negeri sebenarnya. Kecanggihan teknologi dan konektivitas yang sudah berjalan dengan baik. Singapore adalah destinasi pariwisata, khususnya untuk warga negara Indonesia.

7 tips ke singapore

Untuk datang ke Singapore, yang harus dipahami tentang dasar Negara Singapore. Luangkan waktu sebelum berangkat untuk mencari tahu beberapa informasi dasar, seperti budaya, habits, serta aturan-aturan yang berlaku di Singapore, dimana informasi tersebut dapat membantu kamu menyesuaikan diri selama berkunjung.

Dan Apa saja yang dibutuhkan jika ingin pergi ke Singapore, berikut beberapa tips untuk pemula yang berkunjung ke Singapore :

  1. Pastikan memiliki paspor yang masih berlaku, min. 6 bulan : Paspor ini sebagai dokumen resmi yang memuat identitas kita dan digunakan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, menjadi Syarat ke Singapore 2023 jika tidak memiliki paspor maka, jangan berharap kamu bisa masuk ke Negara tujuan. Sia-sia aja beli tiket mahal-mahal yakan;

  2. Pastikan mengisi SG Arrival Card, min. 3 hari sebelum keberangkatan : Setelah masuk ke Negara Singapore, wajib juga mengisi SG Arrival Card aka kartu kedatangan untuk pengurusan Imigrasi, SG Arrival Card ini bisa di isi online maupun offline, better kamu isi nya online saja biar efisien dan pastikan isinya benar jangan ada typo ya

  3. Pastikan sudah booking hotel dan pastikan sudah beli ticket pulang : Tips ini adalah paling ampuh agar kamu selamat selama proses imigrasi, selamat dalam artian tidak banyak dikasih pertanyaan oleh petugas, karena sudah jelas tempat tinggal dan kepulangan kembali ke Indonesia;

  4. Pelajari rute transportasi umum serta punya Payment Method : di Singapore sudah memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik, ada bus, taxi online dan MRT yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, jika lebih banyak menggunakan MRT pastikan kamu ada payment method, bisa berupa Cashless Bankcard, EZ-Link, dan Tourist Pass.

  5. Punya cash atau card : Mata uang resmi Singapore adalah dollar SG, maka pastikan sudah memiliki dollar SG atau bisa kamu tarik tunai di ATM di Singapore dengan bankcard sudah berlabel Mastercard atau VISA. Mata uang ini yang nantinya kamu gunakan untuk pembayaran di Singapore, bisa belanja makan dan beli oleh-oleh Singapore.

  6. Serta adanya internet yang stabil : Untuk tips ini sudah tidak terlalu wajib kamu beli paket data roaming selama di Singapore, karena sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan akses Wi-Fi gratis termasuk stasiun MRT, taman/park dan pusat perbelanjaan. Dan kamu bisa memanfaatkan akses Wi-Fi untuk tetap terhubung dan update social media, start surfing!

  7. Apa ya? kalau aku sih bawaan wajib yakni Tumbler ya karena air mineral disana mihil.

Berapa banyak uang yang harus dibawa ke Singapore ?

Untuk ke Singapore, rate convert untuk S$1 sama dengan 11150 rupiah (ini bisa berubah-ubah ya), jadi kamu bisa hitung-hitungan untuk makan selama di Singapore, jajan pribadi dan pisahkan budget untuk biaya transportasi umum. Sekedar informasi, bahwa untuk sekali makan standar sekitar S$5.00 setara dengan Rp.55000,-

 ✈︎-> Untuk booking pesawat murah kamu bisa klik (link disini) ya ✈️

Dan sepengalaman untuk porsi makan termasuk besar jadi bisa barengan sama temen jika perutnya belum terlalu laper. Terus banyak juga tempat makan yang berikan 50% off di 30 menit sebelum closing, pokoknya banyak pilihan jika kamu mau mencari-cari promo sembari liburan.

Ya teman berkata, “Untuk diri sendiri ya gak usah terlalu pelit-pelit amat, jika ingin ya sudah beli saja. Toh sekali-sekali kan ya.” Dan ada benarnya juga, so up to you deh, yang penting jangan minus saja ya….

Tempat wisata hits dan gratis di Singapore

Liburan Singapore jadi aman dan menyenangkan jika kamu memiliki knowledge tentang Singapore dan kamu sudah budgeting selama liburan, dimana cara ini ampuh agar kamu tidak kebablasan, dari hal paling kecil saja yakni pembelian air botolan seharga $S2 setara Rp22000,-. Ini bisa kamu hemat dengan bijak membawa tumbler sendiri

Baca juga : Akhirnya tahun ini kesampean

Hal lainnya selama di Singapore kamu bisa berkunjung ke tempat wisata gratis, ada beberapa spot gratis dan instagram-able di Singapore yang bisa kamu jelajahi, seperti Fort Canning Park yang kaya akan pepohonan hijau, dan tidak jauh dari Fort Canning Park ada Old Hill Police Station.

singapore

Jalan kedepan lagi akan ketemu Chijmes, kemudian bisa jelajahi Haji Lane, Masjid Sultan, dan yang ikonik yaitu Merlion Park bisa foto-foto didepan Singa putih. Jelajahi Helix Bridge, Garden By The Bay dan lanjut ke Library@Orchard dan terakhir bisa ngadem di Paragon Shopping Centre yang masih dikawasan Orchard Road.


jewel

Semoga tips ini dapat membantu kamu travelling ke Singapore, dan selamat sampai tujuan, selamat berlibur!

2 Comments

  1. waah, terimakasih banyak informasinya kak, membantu bagi para pelancong yang ingin ke singapore, khususnya bagi yang belum pernah, biar gak bingung2 amat. semoga next time bisa trip ke singapore juga

    ReplyDelete
  2. Iyaa mbak. Ini bikin artikel nya sesuai pengalaman pribadi dan berharap bagi pemula ke singapore bisa ada gambaran :)

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.