·

Uji Ketepatan dan Kecepatan Bermain di Solitaire

Timbul rasa jenuh ketika monoton dengan kegiatan yang itu-itu saja, tentunya akan beralih mencari sesuatu yang bisa hilangin jenuh agar back to normal. Saat ini, penggunaan komputer atau internet sudah menjadi kebutuhan sekunder seseorang. Ditambah lagi dengan work from home yang membuat kita jenuh untuk menatap layar komputer terus.

Adanya kejenuhan ini, pengalihan seseorang adalah dengan mencari dan menemukan games online yang bisa mengembalikan semangatnya. Akan banyak sekali web yang tampil jika kita mencari dengan mengandalkan keyword “games online” tapi tentu saja dari banyaknya pilihan games online tersebut harus mencoba satu persatu, agar menemukan permainan yang menarik dan pastinya seru. Tidak dipungkiri juga, biasanya kita akan disambungkan dengan link lain yang bahkan tidak kita inginkan.

bermain Solitaire

Salah satu situs yang baru saya temukan dan telah menjadi situs permainan games online gratis, yaitu solitaire.org . Situs permainan ini menurut saya sangat membantu meredakan kejenuhan saat bekerja. Situs ini memberikan beberapa pilihan games online dan memiliki kelebihan yaitu tanpa adanya iklan. Bagi saya, situs ini juga terasa simple namun tetap menarik perhatian karena setiap games akan ada musik on playing.

Games Online Gratis di Solitaire

Kebanyakan situs permainan games online bawaannya berat karena melampirkan beberapa iklan yang selalu muncul dilayar, namun di Solitaire tidak akan ditemukan gambar atau tampilan iklan yang tidak diinginkan. Selain itu kelebihan situs ini adalah, setiap permainan yang kita mainkan tidak perlu di Download for Free. Mudah, tampilan aman dan tidak memakan waktu lama untuk menemukan keseruan bermain games online.

Ada beberapa games yang saya suka mainin disini. Permainan yang saya pilih dan memang membantu banget hilangin fase jenuh ditengah-tengah bekerja, juga membantu untuk semangat dan fokus kembali. Pokoknya, tidak akan membuatmu makin cemberut tapi auto smile.

Bukan permainan berhitung ataupun detektif yang biasanya malah ngajak mikir taktik daripada membantu menghilangkan rasa jenuh. Permainan disini lebih banyak membantu konsentrasi dan rasa ingin tahu hingga ke level terakhir. Gak bakal kerasa setelah mulai, selalu ingin menjadi pemenang di garis akhir karena akan sepenasaran itu.

 

1. Hidden ObjectGames

Hidden Object Games

Bahwa ada beberapa pilihan games online gratis yang dapat dimainkan seperti, Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, Word dan masih banyak lainnya. Nah, aku milih Hidden Object karena misinya tidak ribet. Jadi, waktu bosen bisa dialihkan dengan menuntaskan sebuah misi dengan mencari barang-barang yang di tentukan.

Langkah pertama setelah memilih Hidden Object, kita akan dipilihkan lagi dengan karakter yang kita inginkan. Nah, disini bebas aja milih sesuai dengan mood dan kesenangan kita. Misalnya, aku milih saat itu Garden Secrets Hidden Objects. Setiap karakter yang kita ingin pilih ada penjelasannya masing-masing jadi bisa ngasih gambaran object apa aja yang bakal kita temui nanti di permainannya. Kayak saya milih Garden berarti latar taman dan segala objek yang biasanya di taman akan muncul. Aku milih juga kebetulan familiar sama benda-benda di taman. 

Setelah memilih, disini akan dijelaskan juga tentang bagaimana permainannya berlangsung. Kita hanya ditugaskan untuk mencari benda yang tersembunyi di dalam permainan. Di How To Play juga dijelaskan apa saja yang bisa kita lakukan selama bermain. Pokoknya kita gak dibiarin clueless deh selama permainan.


Kalau sudah sering main games online pasti tidak asing dengan tampilan seperti ini, ya begitu pula dengan Solitaire ini. Tampilan permainan awalnya sama dengan tampilan permainan pada umumnya. Sudah yakin bermain? Klik Play dan kalian akan masuk dalam papan bermain.


Di Garden Secrets ada 10 section yang harus kalian selesaikan, gembok lainnya akan kebuka jika bisa menyelesaikan section sebelumnya dengan baik. Tiap section juga memiliki poin masing-masing yang nanti akan diakumulasi dengan keselurahan section di akhir permainan. Setiap selesai satu section kalian juga akan diberikan 3 bintang jika mengerjakannya dengan cepat dan tepat. Pemberian bintang akan berkurang jika kalian terlalu lama menyelesaikannya.

Dibagian ini, kalian boleh nge-zoom out dan zoom in layar untuk menemukan benda yang akan dicari. Serius permainan ini asik banget dan bikin penasaran. Penempatan benda sebenarnya gak terlalu kecil ataupun jauh tapi mata harus jeli menatap layar. Konsentrasi penuh serta fokus dibutuhkan tapi jangan terlalu tegang karena benda nya gak semua bersembunyi, malah ada yang tepat di depan mata :D

Pada papan permainan satu, tampilan akan seperti ini. Kita disuruh untuk menemukan enam benda dalam tumpukan yang sesuai dengan tampilan 6 benda di bawah. Seluruhnya harus ditemukan terlebih dahulu baru nanti akan ada benda tambahan yang akan muncul dan kita disuruh mencarinya kembali. Karena disini saya mencontohkan bagaimana permainannya, maka benda yang saya lingkari adalah benda yang harus dicari tersebut. Kalian tinggal klik benda tersebut maka nanti skor akan bertambah. Begitupun selanjutnya.

Bagian ini, skor yang saya miliki sudah meningkat artinya sudah banyak benda yang saya temukan. Selain itu juga benda yang harus saya selesaikan bersisa 3 lagi. Waktunya terus berjalan mundur ya, dan waktu nya sama sekali tidak terlalu cepat jadi kalian bisa ngerjain dengan santai tapi tetap fokus. Oh iya, permainan ini juga ada musiknya loh jadi jangan takut kesepian, okay ?

Bermain dengan waktu, jika kalian benar-benar kesulitan mencari benda, kalian diperbolehkan untuk menekan ‘tanda tanya’ pada kanan layar. Nantinya tanda itu akan memperlihatkan langsung benda yang ingin ditemukan. Tidak ada pengurangan jika menggunakan bantuan tetapi bintang yang kalian dapatkan diakhir nanti tidak akan sempurna.

Semua karakter permainan rules nya akan sama, yang berbeda hanya benda yang harus kalian temukan. Bagaimana? tertarik untuk mencoba kan? Di jamin kalian tidak akan bosan.

2. Match 3

Match 3

Selanjutnya, permainan kedua yang aku rekomendasikan adalah permainan yang menggabungkan 3 warna atau 3 bentuk yang sama agar mendapatkan skor dan menyelesaikan misi yang diberikan, Candy House. Dalam situs Solitaire permainan ini banyak macamnya dan misi yang diberikan juga berbeda-beda.

Candy House

Nah, ini bentuk permainan di Match 3, balok yang aku lingkari itu adalah misi kalian guys. Jadi, kalian wajib memecahkan latarbelakang balok yang berbeda itu menjadi transparan kayak disebelahnya. Kalian hanya perlu menyatukan warna untuk memecahkan latarbelakang yang berbeda agar permainan selesai.

Seperti contoh diatas yang Saya lingkari warna orange, nah kalian tinggal pindahin ke atas gentian dengan warna merah lalu 3 warna merah menyatu. Skor akan bertambah setiap kali berhasil menyatukan 3 warna dan permainan akan berlanjut ke level selanjutnya jika sudah menyelesaikan semua latar menjadi transparan.

Pada bagian ini, ada bentuk yang berbeda dan memiliki kelebihan. Perhatikan yang Saya kasih tanda itu adalah bentuk yang berbeda. Kalian bisa memainkannya dengan bebas karena bentuk itu akan meledak dengan banyak dan bisa menambah skor lebih banyak juga. Cara mendapatkannya kumpulkan lebih dari 3 warna yang sama, maka nanti akan ada bentuk yang berbeda dan bisa bantu kalian ketika udah stuck.

Permainan ini berbeda dengan sebelumnya yang disuruh untuk menemukan benda tersembunyi, tapi memiliki persamaan karena bikin penasaran dan pengen tebas habis sampai benar-benar di babak terakhir. Oh iya, bedanya juga kalau permainan temukan benda itu ada 10 section nah kalau yang ini lebih banyak dan lebih lama. Ini juga bisa dimainkan semua umur karena warna dan tampilannya sangat menarik, dapat mengasah kecerdasan juga nih dalam pemecahan masalah. Let’s try.

Selanjutnya, untuk bagian ini ada 3 misi yang harus diselesaikan agar dapat menuju level selanjutnya. Untuk misinya akan aku jelasin singkat ya, sebagai berikut :

  • Pemain harus pecahkan latar belakang hitam itu menjadi transparan, diatas aku jelaskan gimana cara mecahinnya tapi disini untuk mecahin latarbelakang itu harus 2 kali karena warnanya lebih pekat dari yang diatas, artinya dinding itu lebih tebal Jadi fokuskan dapat 3 Match pada bagian tersebut agar balok pecah dengan sempurna.
  • Pemain harus pecahkan es dan latarbelakang nya, bagian tengah. Tips: kalian harus fokus pada bagian itu saja untuk menemukan 3 match warna, jangan hiraukan bagian lain.
  • Balok yang digembok artinya kalian harus berkali-kali match dibagian itu biar gemboknya terbuka. Tips: ingat untuk mengikutsertakan bagian gembok untuk match warna biar kebuka, soalnya jika dia tidak diikutkan maka gembok tidak akan terbuka. Terakhir agar misi sukses latarbelakang harus transparan tanpa terkecuali.

Setelah semuanya selesai maka Next Level akan keluar, artinya pemain bisa melanjutkan ke level selanjutnya. Misi yang diberikan bervariasi jadi jangan takut bosen soalnya bakal berbeda dan makin bikin penasaran bagaimana cara menyelesaikannya. Permainan problem solving banget deh.

3. Mahjong 

Mahjong Cooking

Di kategori Mahjong, saya suka bermain Mahjong Cooking. Cara bermainnya dengan memilih 3 balok sesuai menu yang sudah ada contohnya dibagian kiri atas, setelah memilih 3 balok yang sesuai maka, akan menghasilkan 1 menu. Disini bermain Mahjong Cooking dibutuhkan kejelian mata dan kecepatan, kenapa ? Karena tidak semua balok bahan aktif dan waktu yang diberikan tidak banyak, jika balok yang diatasnya tidak dipakai terlebih dahulu, maka balok dibawahnya tidak akan aktif. 

Mahjong Cooking terdiri dari 25 level dan disesuaikan dengan tingkat kesulitannya, di level pertama hanya ada 4 menu dengan kuantitas yang berbeda-beda. Nah disini pemain harus dapat menyelesaikan semua menu dengan cepat dan tepat, dan akan mendapatkan skor tinggi serta mencetak bonus waktu untuk menyelesaikan level dengan cepat.

Disetiap games yang ada di Solitaire selalu menyediakan tombol petunjuk dan, di Mahjong Cooking menawarkan tombol petunjuk dan tombol acak di sudut kanan bawah. Dapat digunakan jika pemain mengalami stuck selama permainan berjalan, jadi tenang semua permainan ada solusinya, jangan cemas karena bermain games online bukan untuk bikin bingung, tetapi untuk bikin bersemangat dan go ahead sampai level terakhir. Right ?


PENUTUP

Sebenarnya masih ada puluhan games online yang ditawarkan oleh Solitaire, yang harus diambil pengalamannya saat bermain. Namun tergantung ke pribadi masing-masing ya, ada yang sudah nyaman dengan 1-3 games, dan jika belum berhasil menyelesaikan hingga level terakhir, maka belum afdol. Pada akhirnya pilihan games lainnya belum berminat untuk dimainkan, tetapi ada juga pribadi yang semua ingin di explore setiap pengalamannya, mau itu selesai hingga akhir atau belum.

Versi saya ya, pribadi yang harus selesai dulu 1-3 games dan baru melanjutkan memilih games yang lainnya. Dari puluhan games yang ditawarkan, saya lebih tertarik dengan tiga games diatas yang sudah saya jelasin satu persatu, dan menurut saya games nya sudah bikin enjoy dan berhasil meluluhkan jenuh ditengah-tengah aktivitas setiap harinya.

Untuk games lainnya akan saya mainkan setelah games ini selesai hingga level akhir ya, dan untuk games tambahan dari saya belum ada, tapi jika ada games baru yang ditawarkan oleh Solitaire, maka saya akan sangat senang sekali, karena semakin banyak koleksi games maka, semakin seru dunia permainan online.

Sekian cerita pengalaman saya bermain games online di Solitaire, apakah kamu pemain di situs yang sama ? berikan komentarmu ya, sampai jumpa di postingan berikutnya, stay safe!

 

 

 

 

 

0 Comments