·

Itiak Lado Mudo Ngarai, Kuliner khas Sumatera Barat


Waktu itu tidak ber-ekspektasi tinggi bisa mengunjungi Sumatera Barat, provinsi tetangganya Riau yang berjarak ±268.4 km menggunakan darat (kendaraan pribadi). Namun ada suatu momen yang mengantarkan Saya akhirnya tiba juga di Sumatera Barat, yakni misi untuk mewawancarai salah satu narasumber yang berada di Lubuk Alung, Sumatera Barat. And my vacation is started! Akhir tahun 2021 bersama part of Blogger Pekanbaru.

Baca juga : Kunjungi Kampung Berseri Astra

Rasanya nggak percaya, namun kembali ke hadits bahwa Jika Allah bilang iya, ya semua akan terjadi. Terlepas dari itu, kita sebagai manusia juga harus merencanakan keberangkatan ini, mulai difikirkan biaya operasional, kendaraan dipakai dan hal-hal lainnya sebagai pendukung perjalanan darat ini AKA musafir. Dan sembari tujuan utama adalah mewawancarai salah satu narasumber, saya request untuk bisa makan Itiak Lado Mudo Ngarai yang terkenal di Sumatera Barat.

Gulai Itiak Lado Mudo Nagari

Dengan membawa rasa penasaran dan testimoni dari orang-orang yang sudah pernah makan di Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai, dan mengapa bisa jadi terkenal hingga ke provinsi tetangga, Alhamdulillah kesempatan itu untuk Saya. Diperjalanan hendak pulang ke Pekanbaru, kami menetapkan waktu makan siang di RM Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai, yes itu nama tempat makan Itiak yang terkenal di Sumbar. Tersedia 3 (tiga) menu saja, yakni Cincang Daging, Itiak Lado Mudo dan Dendeng. Tidak banyak menunya, bukan ?

Namun menu khas itulah yang membuat istimewa, dan pastinya digemari oleh warga lokal serta wisatawan, hanya berbahan utama bebek muda atau itiak dipotong 4 bagian dan kemudian dimasak dengan cabai ijo yang super banyak. Rasa pedesnya medium dan itiaknya alot tidak berbau, bisa disimpulkan bahwa cara masaknya tidak diragukan lagi, legend.

Walau ini adalah My first time visit, tapi Saya sudah tahu akan memesan menu apa, jadi tidak bingung. Dan untuk informasi bahwa sudah ada menu paketan, yang terdiri atas Nasi Putih hangat, Gulai Itiak Lado Mudo, irisan mentimun dan bamer serta air mineral botol, yang mana untuk harga paket tersebut dibanderol Rp.50.000/paket. "itu sudah paslah ya, rugi kalau nggak mampir.” ucap Mama saat Saya ceritakan makan siang di RM Gulai Itiak Lado Mudo.

RM Gulai Itiak Lado Mudo ini berlokasi di Jalan Ngarai Sianok, Jalan Binuang Nomor 49, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sesuai dengan nama lokasinya " Ngarai " yang berarti hamparan perbukitan, jadi bisa dibayangkan untuk menuju ke RM Gulai Itiak Lado Mudo ini harus melewati jalanan yang menurun serta mendaki, jika dari kota Bukittinggi, maka posisi RM ini berada diturunan terjal dan jika hendak kembali, maka harus menanjak terjal pula dan harus berhati-hati lihat sekitaran.

Karena berada di hamparan bukit, lokasi ini cocok dengan menu yang sedang Saya nikmati, cuaca adem padahal jam makan siang, membuat selera makan saya naik dari biasanya. Biasa makan tidak pakai tambuah (tambah), namun siang itu Saya menambah nasi hangat hanya dengan lauk Gulai Itiak Lado Mudo sambil mendengarkan nyanyian dari 2 pemuda sedang bermain gitar, benar-benar lidah dan raga dimanjakan – Masya Allah

Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai Sianok

RM Gulai Itiak Lado Mudo sudah terkenal karena rasa khasnya dan apalagi sudah pernah diliput oleh TV Nasional, maka dipastikan ramai adalah hal yang biasa dan harus bersabar jika datang dijam makan siang dan jangan kecewa jika kehabisan Itiak Lado Mudo, karena jika telat saja atau mampir ke tempat ini di sore hari, sering Itiak Lado Mudo nya sudah sold out. Apalagi dihari libur atau weekend, maka harus kuatin hati biar nggak miris :P

Baca juga : Makan Bersama Artis

Saya di hari biasa tidak terlalu sering makan Itiak, namun karena rasa penasaran akhirnya Saya mencobanya, kalau kamu penasaran juga dan atau kamu pecinta Itiak dengan cita rasa pedas Lado Mudo, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Nusantara dari Sumatera Barat ini, dengan mendatangi langsung RM Gulai Itiak Lado Mudo atau sekarang sudah ada Itiak Lado Mudo frozen yang bisa dibeli online dan dikirim ke seluruh Indonesia, bisa search #itiakladomudongarai in Instagram ya

Sekian review tentang kuliner khas Sumatera Barat yakni Itiak Lado Mudo Ngarai, sayang kalau ke Sumatera Barat nggak mampir kesini, namun jangan sering makan Itiak ya karena bahaya kolesterol, sampai jumpa di postingan makanan lainnya. Silakan ke kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan, Stay Safe!

 

1 Comments

  1. Wwkwkwkwkwkwkwk kacicccc komuuukknyaaaa ... Tapi enak ya kacicc, vina pengen lagiiiiii...

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.