·

Blogger Pekanbaru kunjungi Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra yang berlokasi di kecamatan Tangkerang Labuai Kota Pekanbaru, juga di nobatkan sebagai kawasan proklim. Proklim yakni program kampung iklim adalah program nasional dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah

Proklim dilaksanakan oleh kampung yang berupaya mengadaptasi dan memitigasi perubahan iklim, dan ada 5 kampung di Kota Pekanbaru telah di nobatkan sebagai kawasan proklim, termasuk kampung yang saya dan teman-teman Blogger Pekanbaru kunjungi beberapa hari yang lalu.



Kawasan Proklim ini tidak diberikan secara cuma-cuma ya, ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh masyarakat setempat atau perwakilan warga. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Aceng Mirshal bahwa mereka harus melalui tahap pengusulan lokasi lalu dilanjutkan dengan penilaian persyaratan administrasi, kemudian verifikasi ke lapangan dan terakhir penetapan hasil penilaian. Pelaksanaan proklim dilakukan oleh tim penilai langsung ditetapkan oleh Menteri.


Setelah tau tentang Kawasan Proklim, kita penasaran dong yaa apa sih dampak atau keuntungan yang di dapat dari kampung ini ? maka kita mulai nanya-nanya ke Bapak Aceng.  

Ternyata dari penobatan Kawasan Proklim, di dapatlah amanah kepada kampung ini program CSR dari Astra sebagai Kampung Berseri Astra. Dimana cerita awalnya bahwa Kementerian Lingkungan Hidup memberi rekomendasi daerah ini yang ternyata sesuai dengan tujuan dari CSR Astra sendiri. Nah dari rekomendasi ini, mulailah tim penelusur dari Astra melakukan penelusuran dan akhirnya pada tahun 2016 Kampung Berseri Astra kecamatan Tangkerang Labuai mulai dilaksanakan.


Kampung Berseri Astra yang diberikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang menginteraksikan 4 pilar yaitu program pendidikan, program kewirausahaan, program lingkungan dan program kesehatan.

Semua pilar berjalan dengan baik. Taman baca Indah Madani termasuk kedalam program pendidikan yang sudah dijalankan oleh kampung ini, sedangkan program kewirausahaan yakni adanya IKM (industri kecil menengah) yang ternyata berhasil membuat kampung ini memperoleh bintang 3 (dari bintang 1 lompat ke bintang 3).

Dan nggak kalah hebat, untuk program lingkungan yakni adanya pohon-pohon yang sehat, tumbuhan di sepanjang jalan, TPS yang sesuai standar, adanya biopori di setiap rumah dan lingkungan yang sehat dan bersih ada di sini. Adem! serta program kesehatan yang terlaksana di posyandu.

Oke kan? Cukup dimengerti kan teman-teman ?? jika ada yang ingin ditanya, bisa langsung meluncur ke kolom komentar yaa, nanti saya akan jelaskan khusus buat kamu. Sampai jumpa di postingan berikutnya ;)


©Pekanbaru, 31 Oktober 2018 @Cicajoli

10 Comments

  1. Replies
    1. banget kak, buat anak cucu masih lanjut

      Delete
  2. Iiiisss..... Kalian jahat! Awak mdak di ajak.... 😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. yook kak kesana, makanya ke Pekanbaru dong :p

      Delete
  3. Pengen kesana jugaaaaaa ah. Tapi kapan ya...

    ReplyDelete
  4. wow, kampung proklim , harusnya jadi kampung yang mandiri energi, mandiri pangan dan mandiri sampah ya?

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.