·

Dampak Positif Sosial Media bagi Admin Operasional

 

dampak positif sosial media

Laporan dari We Are social, perusahaan asal Inggris bekerja sama dengan Hootsuite per Januari 2021, menyatakan bahwa pengguna aktif sosial media bertambah 6,3% atau setara 10 juta pengguna dibandingkan pada Januari 2020. Hal ini dipicu juga akibat adanya pandemic covid-19, dimana pemerintah membuat aturan agar semua orang dirumah aja. 

Perubahan kebiasaan jelas terjadi, yang biasanya setiap pagi sudah bersiap untuk berangkat kerja, siap antar anak ke sekolah, sarapan dikantin bareng teman-teman dan aktivitas lainnya harus dihentikan selama dirumah aja, karena kebanyakan aktivitas harian dilakukan dirumah.

Sebagai admin operasional sangat merasakan sekali dampak positif Sosial Media, namun tak dipungkiri juga bahwa setiap yang positif pasti ada yang negatif, itu bagaikan yin dan yang dimana positif dan negatif mereka saling membangun satu sama lain.

Dampak Positif Sosial Media yang sudah dirasakan oleh banyak manusia, adalah :

  • Memudahkan dalam hal komunikasi

Komunikasi di era pandemic covid-19 terhalang akibat sulitnya melakukan pertemuan maka, untuk melakukan obrolan, kangen-kangenan serta mengucapkan sehat-sehat ya bisa terjadi dengan adanya Sosial Media.

  • Memudahkan memperoleh kabar terkini

Selama dirumah aja, juga dapat menerima kabar dan/atau berita terkini terkait jumlah korban dan jumlah yang sembuh, mendapatkan berita tentang menguatkan imun tubuh di masa pandemic covid-19 dan informasi lainnya yang kamu butuhkan.

  • Sarana meningkatkan kreativitas dan inovatif

Sosial Media menjadi wadah untuk meningkatkan kreativitas sangat saya rasakan, apalagi di masa pandemic covid-19 yang membuat saya harus bekerja dari rumah bisa memperoleh side job yakni menulis dan melakukan hal-hal baik lainnya selama dirumah aja.

  • Sarana berbisnis dan promosi

Kebanyakan wirausaha sudah menggunakan Sosial Media untuk meningkatkan kinerja bisnis dan juga menggunakan untuk hal promosi. Dimasa pandemic ini yang memang semua serba online membuat wirausaha memindahkan sistem offline store menjadi online store.

  • Sarana mendapatkan hiburan

Dan dampak positif sosial media ini menjadi yang paling besar dirasakan banyak orang, ditengah kerjaan yang malah makin banyak selama kerja dari rumah, atau diperuntukan bagi ibu-ibu yang sudah lelah ngurusin segalanya, Sosial Media menjadi sarana hiburan sejenak melepas beban hari ini. Karena sangat banyak hiburan yang bisa didapatkan dari Sosial Media, bukan ?

Bagaimana menggunakan media sosial yang positif ? Dampak positif sosial media diatas adalah sebagian kecil dari banyaknya dampak positif. Di era pandemic, yang memang diharuskan dirumah saja. Jadi power Sosial Media sangat besar di masa pandemic ini. Contoh kegiatan yang positif untuk belanja kebutuhan sehari-hari melalui online, untuk konsultasi kesehatan bisa melalui online, bekerja dirumah juga melalui online, dan jika kita berhenti sejenak dan memikirkan tentang Sosial Media, banyak sekali dampak positif jika benar-benar dimanfaatkan dengan bijak dan jangan berlebihan.

Admin Operasional Di Start Up

Sebagai admin operasional yang sudah sangat merasakan sekali dampak positif Sosial Media, jelas saya juga harus fokus dan tidak terburu-buru menerima jika terjadi perubahan dan perkembangan di Sosial Media, apalagi semakin hari akses ke beberapa situs dan aplikasi sudah sangat mudah dilakukan.

main sosial media sehari

Maka sebelum saya menerima dan saya berbagi ke lingkaran pertemanan, saya akan membaca dan mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya, dan saya juga sudah memiliki beberapa situs terpercaya dan terkini dalam hal mendapatkan informasi terkait hal yang meresahkan.

Dampak positif sosial media bagi seorang admin operasional adalah seseorang yang bekerja memberikan kejelasan dan kemudahan kepada para customer, maka sebelum saya membagikan ke mereka, saya akan pastikan informasi tersebut valid dan berjalan dengan baik. Karena jika informasi tersebut tersampaikan dengan jelas, maka kalimat “Terima kasih.” menjadi penutup manis yang saya terima dan saya jadikan sebagai mood booster saya dalam menggeluti bidang pekerjaan ini.

Selamat Indozone 3rd Anniversary

Sebagai media yang berperan dalam memberikan informasi ke masyarakat, dalam rangka Anniversary ini dengan adanya Indozone Blog Competition, dan mengangkat tema The Power Of Sosial Media In Pandemic Era. Menurut saya, ini salah satu dampak positif Sosial Media yang berhasil dilakukan oleh Indozone, mengajak Blogger Indonesia menulis beberapa bahasan yang tidak lepas dari tema The Power Of Sosial Media In Pandemic Era.

Kesimpulan

Be smart lah dalam menggunakan Sosial Media dan pergunakan sesuai dengan kebutuhan dan jangan melebihi kemampuan, karena dampak positif sosial media akan memudahkan hidupmu dan dampak negative hanya akan menyusahkan mu. Tetap semangat dan stay safe everyone!

 

0 Comments