Mengenal Jabatan Fungsional Analis Hukum

Analis Hukum termasuk jabatan apa, sih ? Kamu yang bercita-cita sebagai Aparatur Sipil Negara, apalagi sebagai Analis Hukum. Wajib mengetahui Analis Hukum termasuk jabatan apa loh, jangan sampai nggak tau. Yuk pelajari !


Jabatan Fungsional Analis Hukum, merupakan jabatan karier PNS atau ASN. Jabatan Fungsional Analis Hukum adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas analis hukum, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan analisis dan evaluasi hukum. Sedangkan Jabatan Fungsional adalah sekelompok jabatan yang berisi fungsi dan tugas berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu, salah satunya Analis Hukum.

Uraian Tugas Analis Hukum dan Evaluasi Hukum adalah :

  1. Melakukan kegiatan analisis dan evaluasi di bidang peraturan perundang-undangan dan hukum tidak tertulis;
  2. Pembentukan peraturan perundang-undangan, permasalahan hukum, pengawasan pelaksanaan peraturan perundang-undangan, dokumen perjanjian dan pelaksanaan perjanjian, pelayanan hukum, perizinan, informasi hukum, dan;
  3. Advokasi hukum.

Jabatan Analis Hukum berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang Analis Hukum dan Evaluasi Hukum pada Instansi Pemerintah. Analis Hukum berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional Analis Hukum. Kedudukan Jabatan Analis Hukum ditetapkan dalam peta jabatan berdasarkan analisis tugas dan fungsi unit kerja, analisis jabatan, dan analisis beban kerja dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga : Bekerja Sebagai Analis Hukum

Jabatan Fungsional Analis Hukum termasuk dalam rumpun hukum dan peradilan. Jabatan ini terbagi atas beberapa kategori keahlian dan cara mendapatkan jabatan analis hukum ini juga bisa dengan cara promosi. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Jabatan Analis Hukum, kamu bisa langsung ( Download disini ) Permen PAN Nomor 51 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Analis Hukum.

Sekian tulisan tentang Jabatan Fungsional Analis Hukum ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang mampir kesini. Jika ada yang ingin dipertanyakan bisa langsung komen dibawah ya. Sampai jumpa di postingan berikutnya...


0 Comments