Galau Cari Kerja ? Daftar Kartu Prakerja Sekarang

Hallo, pasti yang baca udah tau dong dengan Kartu Prakerja ? jadi aku gak akan cerita banyak ya soal Kartu Prakerja, aku hanya mau sharing teknis nya aja. Lalu kalau udah punya Kartu Prakerja bakal aman ya soal kerjaan ? Pertanyaan ini juga muncul di otak aku, jadi kalian nggak usah gengsi dengan pertanyaan itu, disini kita akan bahas apa sih sebenarnya Kartu Prakerja tersebut.

Kartu Prakerja ini hadir atas dikeluarkan nya Peraturan Presiden (PerPres) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Prakerja. Jadi ini adalah semacam Program pemerintah untuk setiap warga negara, dimana Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Lalu siapa aja yang memiliki Kartu Prakerja ? ya setiap pekerja/atau buruh dan para pekerja, tidak terbatas status dan jabatan, karena setiap warga negara yang masuk kategori sesuai definisi Program Kartu Prakerja boleh mendaftar, dengan kesimpulan Kartu Prakerja ini tidak diharuskan kepada para pengusaha dan/atau para profesional mandiri seperti Pengacara, Dokter, Polisi dll.


Dengan begitu, setiap orang yang sudah berhasil mendaftar maka akan dilakukan tahapan verifikasi. Untuk mendaftar sendiri caranya mudah, kamu hanya mengisi biodata dan upload foto KTP dan Foto Selfie kamu dengan KTP, tahap selanjutnya akan ada isian Pernyataan pendaftar dan dilanjutkan dengan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar (terdiri atas 18 soal dengan kategori Pengoperasian Matematika, Pengurutan Instruksi serta Pemahaman bacaan Non-Sastra) dan diakhiri dengan Gabung periode sesuai daerah yang kamu pilih, dan tunggu proses verifikasi.

Dan jika verifikasi kamu diterima, maka nantinya setiap orang akan mendapat Kartu Prakerja, Kartu Prakerja adalah kartu penanda atau identitas yang diberikan kepada penerima manfaat Program Kartu Prakerja. Untuk manfaat, peserta akan mendapatkan :
  1. Pelatihan; dan
  2. Insentif.
Pelatihan yang dimaksud adalah pembekalan Kompetensi kerja, peningkatan kompetensi kerja atau alih kompetensi kerja. Pelatihannya pun akan diselenggarakan secara daring dan/atau luring. Dan setelah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan.

Adanya Program Kartu Prakerja ini agar dapat banyak dukungan yang positif dari semua pihak dan bisa tepat sasaran dan tepat guna sesuai dengan tujuan dari Program Kartu Prakerja, yakni dapat mengembangkan kompetensi angkatan kerja dan dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja. Mari siap menuju Indonesia Emas 2045 ! 

Kamu udah daftar Kartu Prakerja belum ???

Sekian terimakasih, semoga bermanfaat ya teman-teman online-kuh, kalau ada pertanyaan bisa komen dibawah ya, inshaAllah segera aku bales kok.



14 Comments

  1. sudah daftar cic, tapi belom lulus nih huhuhu. Semoga gelombang kedua ada jawabannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mut, aku juga belum berhasil. Semangat unk gelombang kedua yaa :)

      Delete
  2. Kemaren udah beberapa kali nyoba daftar prakerja di website nya tapi gagal terus. Bikin keseellll banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagal dimana nya kak ?? udah sampai tahapan mana btw...

      Delete
  3. Programnya bagus nih. Didata dan nantinya akan dikasi pelatihan supaya siap kerja... mba cica smgt utk dfrr gelombang berikutnya ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups mba...
      makasih loh semangat nya, semoga next gelombang bisa berhasil yah :))

      Delete
  4. Udah daftar, tapi enggak lulus. Pengen banget padahal ikutan, biar makin banyak ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes sama, saya juga berharap lulus. Semoga next gelombang kita bisa! :D

      Delete
  5. Makasih infonya kak. Aku kemarin sudah tahu ini, tapi entah kenapa gak minat mendaftar. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap sama-sama Mba..
      kenapa ya kak ? kalau boleh tau hehe :))

      Delete
  6. akyu sudah daftar kaaakk..semoga lolos karena akyu memerlukan keahlian baru untuk mencari bidang pekerjaan yang berbeda

    ReplyDelete
  7. Aku ga daftar, Ca. Tapi udah intip2 sih. Kaget aja sama pelatihan2 yang disediakan. Berbayar rupanya, ya. Jadi kurang puas rasanya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bayarnya kan pake saldo kita yang dikasih pemerintah Kak, jadi jatohnya gratis loh hehe :))

      Delete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.