Urus Perpanjangan 5 Tahun di Samsat Kota Pekanbaru


Udah 5 tahun saya bersama si putih, semua asam manis kehidupan dan drama lainnya dilalui bersama. Mulai dari awal kuliah hingga saya mendapatkan gelar sarjana. Jadi tahun ini adalah tahun kelima dia bersama saya, selain dia makin besar juga harus ada laporan ke negara berupa perpanjangan TNKB dan bayar pajak tahunan.


Semua urusan dilakukan di Samsat, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang selanjutnya disebut Samsat adalah serangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara terintegrasi dan terkoordinasi dalam Kantor Bersama Samsat.

Untuk aktivitas yang terjadi di Samsat adalah alurnya itu, cek fisik perpanjangan 5 tahun dengan membawa syarat :
  • BPKB asli
  • STNK asli
  • KTP asli
  • Suket Leasing (jika masih proses leasing)
Setelah syarat terpenuhi, lalu mobil akan dicek, kemudian dapat form kuning yang akan dibawa ke bagian kantor (yakni loket D) tapi sebelum kesana, kamu harus ke bagian verifikasi perubahan dan perpanjangan STNK untuk mendapatkan cap (yang dibawa adalah file saat cek fisik semuanya).

Setelah di cap, menuju ke loket D yakni perpanjangan STNK 5 tahun dan pembayaran pajak kendaraan tahunan. Letakin file tadi dan tunggu panggilan nama kamu sambal siapin duit sesuai jumlah pajak dan tambahan perpanjangan TNKB.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang selanjutnya disingkat TNKB adalah tanda regident Ranmor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian Ranmor berupa pelat atau berbahan lain dengan spesifikasi tertentu yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada Ranmor.

Setelah dipanggil, akan disebut berapa biaya yang harus dibayarkan. Melakukan pembayaran dan akan diberikan BPKB asli, KTP asli, STKN asli dan Pajak terbaru. Semua kepentingan kamu di Samsat selesai dan tunggu pengambilan TNKB baru 3 hari ke depan.

Sekian tulisan saya tentang pengurusan perpanjangan 5 tahun di Samsat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.



©Pekanbaru, 14 Maret 2019 @Cicajoli 

0 Comments