·

Tips dan Trik Mudik Lebaran 2018 Serta Program Mudik GRATIS


Mudik Lebaran 2018 pada kemana nih teman-teman ?
"Mudik itu bukan siapa paling cepat sampai, tapi siapa yang mudik sampai dengan selamat." -Cicajoli-

Ada yang melakukan mudik menggunakan pesawat, kereta api, bus, kapal atau kendaraan pribadi yakaan. Nah dari saya, sangat berharap dan mendoakan semoga teman-teman selalu dalam lindungan Allah SWT selama diperjalanan hingga sampai ke tujuan. Bertemu keluarga dan bisa bersama-sama merayakan hari yang Fitrah, Idul Fitri 1439 H.

Idul Fitri menjadi waktu yang dinantikan oleh para perantauan untuk kembali ke kampung halaman, selain momen ini hanya sekali setahun, juga karena di bulan ini lah waktu liburan termasuk panjang. Dengan begitu, dari jauh-jauh hari sudah menyiapkan apa saja yang harus disiapkan. Oya, ini ada beberapa tips dan trik berkendara aman mudik lebaran 2018 dengan kendaraan pribadi versi Cicajoli :
  • Sebisa mungkin untuk mencari tahu tentang arus mudik yang akan dilalui, seperti contoh saya akan mudik ke Duri, maka sebelum berangkat saya akan cari tau kondisi jalanan, apakah banyak jalan yang berlubang atau ada titik kemacetan. Dan biasanya saya akan mencari tau hal tersebut di akun official instagram info duri.
  • Pastikan mobil atau kendaraan yang akan digunakan sudah di periksa dengan baik, lihat kondisi mesin, ban utama dan ban serap serta kondisi bahan bakar apakah sudah memenuhi kelayakan dalam berkendara.
  • Sebelum berangkat dari rumah, pastikan rumah yang di tinggalkan sudah terkunci dengan benar. Kemudian bacalah doa keluar rumah dan doa berkendara, berharap selalu dengan perlindungan Allah SWT selama diperjalanan hingga sampai ke tujuan.
  • Selama diperjalanan, jika kamu yang mengemudi. Maka jaga selalu fokus, karena ini sangat penting saat berkendara. Pastikan badan kamu fit dan tidak sedang mengantuk, sedangkan jika kamu penumpang maka jadilah penumpang yang aktif. Bantu sang supir dalam memastikan jalur yang sedang di lalui, mulai dari depan, belakang, kiri dan kanan.
  • Jika merasa lelah, maka sebaiknya beristirahat sejenak. Menepi lah dan jangan dipaksakan lanjut, karena orang rumah menanti kita. Jika berkendara dalam keadaan tidak totalitas, bisa saja terjadi hal yang tidak diharapkan. Ingat! Istirahat lah jika sudah lelah.
  • Selama diperjalanan, jangan munculkan sifat egois. Misalnya kepengen cepat sampai lalu ngebut sekencang-kencang nya, dan kepengen mendahului mobil lain lalu memotong tanpa melihat situasi dari arah berlawanan. Jangan! Nikmati jalur mudik dan jadilah bagian dari pejuang mudik lainnya.
Dan itulah beberapa tips dari pengalaman saya selama berkendara saat mudik. Sebagai supir yang akan melakukan perjalanan selama ±3 jam, maka saya selalu memastikan bahwa sudah siap jiwa dan mental. Karena saya selalu notif ke diri saya, bahwa perjalanan ini bukan saya sendiri tapi juga ada orang yang saya sayangi di dalamnya ikut bersama saya. Nah untuk trik dari saya saat mudik, selalu lakukan perjalanan di pagi hari. Karena di pagi hari, mobil besar masih sangat jarang muncul.


Fyi selain mudik lebaran menggunakan dana pribadi, juga sudah ada beberapa instansi atau lembaga yang membuat program mudik lebaran gratis bagi para pemudik. Misalnya Mudik gratis di Hari Raya Idul Fitri bareng BUMN, tak menyangka loh bahwa perusahaan menargetkan bisa mengangkut 200 ribu pemudik. Wow! Selengkapnya teman-teman bisa baca disini ya Program Mudik Bareng BUMN 2018  

Nah, kamu mudik kah tahun ini ? Salam sama keluarga kamu dari saya ya, semoga mereka selalu sehat dan bahagia saat salamku kamu sampaikan ;)


©Pekanbaru, 01 Juni 2018 @Cicajoli 

0 Comments