·

Tanjak dan Tiga Daun Sirih di Logo HUT Kota Pekanbaru 2018

Kota Pekanbaru adalah ibukota Provinsi Riau, yang dikenal dengan daerah melayu. Masyarakat masih memegang adat istiadat dalam kehidupan, penyelenggaraan pemerintahan dan juga dalam hal hubungan ke masyarakat misalnya cara hormat kepada orang yang lebih tua dan cara hormat kepada yang sebaya. Dalam beberapa minggu ke depan, akan ada perayaan Hari Ulang Tahun Kota Pekanbaru yang ke- 234 Tahun. Hm udah kebayang dong usia segitu apa aja yang sudah terjadi dalam perjalanan hidup nya. Kalau di ibaratkan manusia, asam manis pahit asin kehidupan udah ia rasakan semua, udah lebih paham yakan karena udah senior.
Pada tanggal 23 Juni 2018 mendatang, Kota Pekanbaru resmi berusia 234 Tahun. Dalam satu hari akan banyak kegiatan perayaan/ceremony yang dilaksanakan, mulai dari kegiatan formal dan kegiatan informal. Untuk update terbaru menjelang hari ulang tahun Kota Pekanbaru, bahwa Plt Wali Kota sudah resmi melaunching atau meluncurkan logo HUT Kota Pekanbaru, pada hari Rabu (16/5) yang lalu.
Kegiatan peluncuran logo ini sekaligus meresmikan tagline Pekanbaru Bertanjak, jadi dari hari peluncuran itu hingga tanggal 25 juni mendatang kepada seluruh jajaran pemerintah dan pastinya masyarakat di himbau untuk menggunakan tanjak dalam kegiatan dan acara apapun, agar nantinya pemakaian tanjak ini bisa menjadi rutinitas. Tanjak memiliki makna marwah bagi masyarakat melayu, dan daun sirih bermakna kehormatan bagi tamu atau sebagai welcome drink bagi tamu yang datang. 

Jadi dapat disimpulkan, tanjak dan tiga dauh sirih mengisahkan orang melayu menjadikan identitas dan jatidiri sebagai cara mereka menghormati tamu atau wisatawan yang datang ke Kota Pekanbaru nantinya. Dimana sekarang, Kota Pekanbaru lagi aktif mempromosikan GenPI (Gerakan Pesona Indonesia) maka dengan adanya komunitas ini diharapkan pariwisata di Riau akan semakin eksis dan menjadi viral dikemudian hari.
Sumber (di sini)
Dengan begitu, saya sebagai tim hore dari GenPI Kota Pekanbaru akan siap membantu dalam kegiatan atau program sadar wisata yang akan dilakukan. Semoga dengan social media apapun berita tentang Kota Pekanbaru dan tentang kegiatan HUT ke 234 ini bisa di rasakan oleh orang lain di kota kota lainnya seluruh Indonesia, jangan hanya terkenal dengan Asap doang yakan ???

Lomba menuju HUT Kota Pekanbaru






©Pekanbaru, 21 Mei 2018 @Cicajoli 

0 Comments