BAGI-BAGI TIPS AGAR TUGAS AKHIR KELAR

, , 2 comments
Hello sudah weekend, kali ini gue akan memberikan waktu kepada blog yang udah lama jadi sohib gue. Pembahasan nya nggak tentang trip, makan, ataupun hukum. 
Oya, sekedar informasi buat kamu bahwa gue masuk di #NgobrolinPekanbaru , untuk yang ingin tahu siapa aja selain gue, bisa kunjungi blog nya sekarang juga. 
cicalife
Oke, kembali lagi ke topik kita malam ini. Gue kepengen bahas tentang Tugas Akhir, nah definisi tugas akhir menurut kamu apa? (jika ingin ber-opini bisa langsung tulis di kotak komentar, nanti opini yang relevan akan gue sanding kan di artikel ini. Nah tugas akhir menurut gue adalah tugas yang ditetapkan oleh suatu instansi pendidikan dan diberikan kepada seseorang, harus di kerjakan dan diselesaikan, apabila tidak dikerjakan dan diselesaikan maka tidak akan dinyatakan lulus dan/atau mendapat gelar.

Kenapa gue bisa bahas tentang tugas akhir ini juga karena gue sedang dalam proses pengerjaan tugas akhir dari mahasiswi Fakultas Hukum semester 7, untuk sekarang, tahap yang sedang gue jalanin adalah revisi proposal di dosen pembimbing 1. Apa yang gue rasakan? ternyata, tugas akhir itu jika diusahakan dan mulai dikerjakan akan selesai. Karena sebagai mahasiswa/i kita diberikan bantuan berupa dosen pembimbing, bukan hanya satu tetapi dibantu oleh dua dosen pembimbing.

Sebelum masuk ke tahap bimbingan, mahasiswa/i memang diwajibkan untuk mencari dan menemukan sesuatu hal yang bertentangan dengan hukum atau sering disebut masalah, setelah menemukan maka mahasiswa/i dapat berkonsultasi dengan ketua bagian. Baca Program Kekhususan di Fakultas Hukum UR. Apakah masalah tersebut layak untuk diangkat sebagai tugas akhir dan dibahas oleh kita, setelah mahasiswa/i menjelaskan secara details maka akan di ACC oleh Kabag.

Setelah ACC, dilanjutkan dengan melakukan prosedur administrasi dengan melengkapi persyaratan. Nah mahasiswa/i udah bisa mulai baca-baca buku referensi dan ngetik. Dimasa-masa inilah kalau nggak di targetin akan molor mulu, pengalaman gue yang sempet mengabaikan penyelesaian proposal hingga 2 bulan, itu karena gue sempat mentok dan nggak paham lagi.

Bagi elu yang sedang sama seperti gue, sebagai mahasiswi tingkat hari. Gue akan beri beberapa tips yang bisa kamu coba, sebagai berikut : pertama, ketika kamu on laptop maka selalu buka word tugas akhir kamu, sempatkan untuk membaca, maka kamu akan ingat dan mulai ngetik lagi. kedua, sering berkunjung ke perpustakaan untuk cari dan pinjem referensi buku sesuai topik yang kamu bahas. ketiga, kumpul bareng temen-temen kamu yang sedang ngerjain tugas akhir. keempat, saat kamu berdoa, mintalah pada Allah agar selalu semangat dalam pengerjaan tugas akhir. kelima, lakukan konsultasi ke teman, dan dosen saat kamu mentok. keenam, optimis kamu bisa nyelesaikan tugas akhir tersebut.

Sekian sudah gue bahas tentang tugas akhir, semoga gue pribadi selalu semangat dalam pengerjaan tugas akhir ini. Gue juga mohon doa restu agar tugas akhir selesai sesuai targetan gue, dan bisa lanjutin apa yang baik-baik buat gue dan orang-orang yang sayang sama gue. Sampai ketemu di postingan berikutnya, jangan lupa makan J

©Pekanbaru, 28 Oktober 2016 @Cicajoli

2 comments:

  1. Ahaa ciee akhirnya jadi mahasiswa akhir juga pemilik blog ini :)
    mau nambahin tipsnya boleh?
    tips ke tujuh yaitu harus sabar2 dlm rangka menanti dosen pembimbing yang selalu PHP hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnyaaa...haha
      Alhamdulillah dosen pembimbing baik banget.

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.