PERJALANAN DUMAI - MELAKA MENGGUNAKAN KAPAL INDOMAL EXPRESS.

, , 20 comments
Hello guys, saya akan beri informasi to you tentang proses dan asyiknya menggunakan kapal Ferry menuju Melaka. FYI bahwa ke Melaka bukan satu-satunya menggunakan kapal tetapi bisa juga ditempuh menggunakan Pesawat. Jika dari Pekanbaru bisa menggunakan Pesawat tetapi kalau dari Duri tidak bisa, gegara Duri tidak memiliki lapangan terbang. huhu

Nah saya akan mulai bercerita tahapan-tahapan nya, jika tidak mengerti setelah membaca maka tanyakan kepada saya dengan meninggalkan pertanyaan di kolom komentar, atau jika ingin membenarkan yang salah juga beritahu di kolom komentar. Oke?
cicajoli
Indomall Express
Yang dipersiapkan dan dilakukan adalah:

Mem-booking ticket dengan kirim sms ke kantor Indomal Express sebelum hari H, informasikan ke petugas bahwa penumpang sakit maka akan diberi kursi didekat pintu.

Di hari H kamu melapor ke petugas, dengan memberikan paspor, dan petugas akan input data lalu memberikan ticket. (PS: harga ticket pergi : Rp.350K sedangkan pergi-pulang: Rp.600K)

Setelah itu menuju ke Pelabuhan yang jarak nya tidak jauh dari kantor Indomall, (NB: jika kamu tidak mengetahui lokasi pelabuhan maka tanya kepada petugas kantor, pengalaman saya yang bertanya kepada pak ojek tidak mendapat kepastian)

Sesampainya di pelabuhan. first, pemeriksaan paspor dan ticket serta membayar pas pelabuhan sebesar 10k/orang. second, pemeriksaan paspor lanjutan. third, scan dan pencap-an paspor. fourth, melewati waiting room ditempat yang sama terdapat pintu mengarah ke Ferry, dibuka dengan scan ticket. fifth, pemeriksaan paspor terakhir. Selanjutnya melanjutkan perjalanan hingga menemukan kapal Ferry yang bertuliskan “INDOMAL EXPRESS” ditubuh kapal. Sebelum masuk, ticket akan diperiksa lagi oleh petugas kapal serta pemasukan tas ke bagasi, untuk harga bagasi sebesar Rp.10k/koper.

(NB: bagi kamu yang membawa tas yang kurang dari 10kg maka tidak perlu dimasukkan bagasi, bawa saja ketempat duduk) biar hemat hehe...

Yang perlu diperhatikan, bahwa kursi dipilih sendiri oleh penumpang. Khusus bagi penumpang yang sakit akan diberikan kursi di depan- dekat pintu masuk/keluar kapal, seperti kursi nomor 123,124,125 dsb.

Memasuki kapal dan duduk ditempatnya, perjalanan akan dimulai pukul 10.00 wib setiap harinya. Dari Dumai ke Melaka membutuhkan waktu 2 jam perjalanan laut. Kecepatan kapal sangatlah laju, di atas kapal penumpang akan merasakan gelombang laut. Jika hendak ke toilet maka akan sangat terasa goncangannya. Selama dikapal, penumpang akan diberikan mineral water dan sekotak mie lasa, terdapat TV yang menayangkan film luar negeri serta fasilitas AC yang dingin.
cicajoli
kabin kapal
Kapal INDOMAL EXPRESS memiliki kabin 2 tingkat, penumpang yang ingin duduk diatas dapat menggunakan tangga yang terletak di belakang kapal.

Setelah berlayar selama ±2 jam, maka akan terlihat Melaka yang disekitar lautnya terdapat gundukan pasir sangat tinggi, dan melihat gedung-gedung tinggi. Itu menandakan bahwa kapal akan segera berlabuh ketepian, dan para penumpang sudah mulai berdiri di depan pintu keluar.

Salah satu petugas kapal mulai menjatuhkan jangkar dan membuka pintu, semua penumpang segera menuju imigrasi. Di bagian imigrasi, terdapat kursi roda yang bisa digunakan oleh penumpang yang sakit dan di bagian antrian akan dibedakan antara penumpang yang berkursi roda, warganegara malaysia, dan warganegara asing. Proses imigrasi sebagai berikut:
cicajoli

first, Memberikan paspor kepada petugas. second, petugas akan meminta scan kedua jari telunjuk. third melewati x-ray bagasi yang diperhatikan oleh tentara dan petugas. Setelah itu selesai lah semuanya, penumpang mulai bertebaran kemana saja. Saya dan ortu bertujuan untuk berobat ke Mahkota Medical Centre, untuk menuju kesana diberi fasilitas mini bus Mahkota. Khusus untuk penjemputan penumpang dari pelabuhan ke Mahkota Medical Centre dan sebaliknya. (fact: bahwa penumpang yang sakit tidak didahulukan, pihak perwakilan hospital cuek kepada pasien yang berkursi roda, disayangkan) jika kamu ingin complain, kamu bisa beritahu kepada perwakilan hospital yang on duty di pelabuhan.

Dan, untuk cerita Dumai-Melaka sudah berakhir dan nantikan cerita dan/atau informasi Melaka-Dumai yang akan saya posting next time. Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan perjalanan baik, good ppl..

©Pekanbaru, 11 Maret 2016 @Cicajoli 

20 comments:

  1. Halo saya ingin bertanya, bagaimana cara membeli tiket kapal ferry tersebut? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke Indomal nya, di Dumai atau via mobile juga bisa.

      Delete
  2. Brp Trip Ferry Dumai ke melaka dan sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga ticket pergi : Rp.350K sedangkan pergi-pulang: Rp.600K

      Delete
    2. Hanya satu perjalanan tiap harinya, jam 10.00 waktu indo dan jam 10.00 waktu malaysia.

      Delete
  3. Crew kapalnya ada yang pake kelas 5 gk mb

    ReplyDelete
  4. Kok saya waktu pemeriksaan tiket bayar 50 lagi ya..

    ReplyDelete
  5. wah itu mah pungli bang, hati hati yak :)

    ReplyDelete
  6. Dari malaka ke dumai jam berapa yah...tlg ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, jam 10.00 wib. Dumai - Melaka juga jam 10.00 setiap hari :)

      Delete
  7. So,dari malaka ke dumai,tiketnya kita beli di mana
    Kemudian,adakah waranty sperti di pelabuhan2 lain di malaysia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak, untuk tiket bisa di beli di pelabuhan, baik itu di pelabuhan Dumai dan pelabuhan Melaka. Paling beda diharga, di Dumai masih pake Rupiah sedangkan di Melaka sudah pakai ringgit :)

      Waranty apa nih kak, kecelakaan laut atau kehilangan barang ?

      Delete
  8. kalau kita beli tiket untuk pulang pergi, tiket pulang nya tidak ditentukan tanggalnya ya, bebas mau tanggal berapa aja????

    ReplyDelete
  9. Kalau beli tiket PP, tanggal pulang nya dari kita kak, yang penting jangan sampe sebulan disana nya hehe :))

    ReplyDelete
  10. untuk hari minggu juga ada fery yg nyebrang dari melaka kan??

    ReplyDelete
  11. Untuk hari minggu tetap ada kapal dari melaka kan?? Jam berapa saja ya?? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap ada Mba, sekali kapal di jam 10.00 waktu Melaka Mba :))

      Delete
  12. Boleh tau cp kapal indomal nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba, Tel: 0062-765-31398 dan 0062-765-37805 :)

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.