·

Menara Pandang di Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Menara Pandang di Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, berlokasi di kawasan Perkantoran Pemkab Tapsel, yang mana Menara Pandang baru saja diresmikan tahun ini oleh Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu pada Senin, 1 Februari 2021 lalu. Dan Menara Pandang ini menjadi tujuan wisata sebagaimana konsep Kebun Raya di Indonesia.

Menara Pandang Kebun Raya Sipirok
Menara Pandang

Untuk pertama kali saya berkunjung ke Menara Pandang di Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan ini, yang membuat saya takjub adalah Menara tinggi dengan kombinasi warna yang mencerminkan Kabupaten Tapanuli Selatan, yakni hitam, putih dan merah. Dan diketahui Menara Pandang memiliki 7 (tujuh) lantai berdinding kaca 300 derajat, dengan ketinggian 31,5 meter dan disetiap lantai dihubungkan dengan tangga dan elevator (lift).

Menara Pandang Kebun Raya Sipirok sebagai objek wisata baru di Kabupaten Tapanuli Selatan, disekitarnya terdapat Sopo yakni tempat menerima tamu serta tempat mengadakan pertemuan, di atas juga tidur para pemuda.

Sopo di Kebun Raya Sipirok
Sopo artinya rumah beratap

Menara Pandang memiliki luas bangunan ±580 m2 ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum, dan menjadi salah satu tujuan wisata jika kamu berwisata ke Sipirok, untuk memasuki Menara Pandang ini kamu akan dikenai biaya masuk yakni Rp.5000 untuk anak-anak dan Rp.10000,- untuk orang dewasa. 

Jika sudah sampai ke lantai 7 (tujuh) maka akan merasakan sepoinya angin dan sekeliling kamu dapat melihat Perkantoran Pemkab Tapsel, Taman Bunga Sarasi dan Masjid Agung Syahrun Nur.

Informasi tentang Menara Pandang di Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan ini, bahwa pembangunannya bukan menggunakan uang APBD melainkan kontribusi dari Pengelola Tambang Emas Martabe (PTAR) di Batangtoru melalui program PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat) di bidang Lingkungan.

What i feel...

Pada saat saya berkunjung, sekitaran Menara Pandang ini belum sepenuhnya selesai, masih dalam proses pengerjaan dan akses ke Menara Pandang pun masih tanah coklat yang mana jika hari hujan akan susah untuk dilewati oleh kendaraan. Serta untuk toilet umum di Menara Pandang ini belum termasuk layak, karena masih menyediakan toilet portable.

Namun, untuk anak seusia saya, saya sudah sangat senang karena disetiap lantai nya sudah menyediakan colokan listrik. Jadi kalau ada kesempatan kerja dari Menara Pandang maka, kebutuhan charger laptop atau HP sudah aman hehe, serta pemandangan yang MasyaAllah bikin pikiran jernih dan jauh dari stress. Perfect isn't ?

Menara Pandang Kebun Raya Sipirok

Sebagai harapan, Menara Pandang menjadi ikon wisata di kawasan Sipirok dan dapat menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Selatan, serta wisatawan dapat merasakan keunggulan dan/atau fasilitas dari adanya Menara Pandang ini.

Kebun Raya Sipirok memiliki luas ± 90 Ha ini difungsikan sebagai pusat edukasi, dan pusat konservasi tumbuhan atau floral langka yang ada di daerah Tapanuli Selatan dan sekitarnya, dan Kebun Raya Sipirok dibagi ke beberapa zonasi yakni zonasi kayu-kayuan, zonasi pakan orang utan, zonasi industri dan zonasi lainnya.

Dengan indahnya pemandangan diatas Menara Pandang ini, dapat melihat Gunung Lubuk Raya, Gunung Stratovolcano, memandang ke Utara ada Cagar Alam Sibual-Buali dan merasakannya dapat menjernihkan pikiran sejenak agar merasa lebih tenang, dan itu benar-benar saya dapatkan.

Baca juga : Desa Tomok di Sumatera Utara

Harapan saya, ya semoga adanya Kebun Raya Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dapat memberikan dampak yang positif kepada semua kalangan, pemerintahan di Kabupaten Tapanuli Selatan semakin maju, masyarakat disekitar terbantu perekonomian dengan banyaknya wisatawan yang datang, dan tetap menjaga Alam yang Sejuk dan Asri.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selamat liburan akhir tahun teman-teman. Stay safe!


0 Comments