Cerita Ku Untuk Kamu Dimana Pun Berada

Pernah gak sih kamu maju kedepan ? menceritakan tentang apa yang kamu alami selama di lokasi. Ya aku pernah. Dulu pas dikasih kesempatan untuk visit ke Kampar, disana banyak banget pengalaman seru yang aku dapatkan. Saat perjalanan kesana, rute menuju desanya menantang. Kita dari jalan utama agar sampai ke desa harus melewati 5 km yang kiri-kanan nya terpampang pohon sawit.

Yang aku tangkap dari pengalaman ini adalah mereka yang disana, beda banget dengan yang aku terima, yang semua mudah banget untuk digapai. Tapi mereka masih semangat untuk berkarya dari sana. Semua yang ada disana mereka maksimalkan agar bernilai karya. Dan yang paling saya salut adalah semua bahan baku dari mereka tanam sendiri, misalnya untuk membuat keripik pisang yakni dari kebun mereka sendiri (btw keripik pisang nya enak banget, bikin kangen), melukis di topi yang dilakukan oleh ibu-ibu setempat (hasilnya cantik-cantik).

Jadi pada kesempatan saat aku cerita ke teman-teman dan para panitia, aku katakan bahwa aku salut dengan semangat mereka dan dengan keinginan mereka untuk berkarya, dan aku malah malu dengan apa yang ada malah belum maksimal semangat nya. Kenapa bisa ini yang aku pikirkan ?

Coba aku ceritain singkat, perjalanan menuju desa diselimuti oleh debu dari sepanjang jalan yang bukan aspal dan selain itu untuk menuju jalan lintas harus butuh waktu lama dan kamu juga harus tau, bahwa jika hari hujan itu jalanan bakal gak tau jadi gimana, apakah jalan putus atau jalan banjir dll.

Di awal  banget ada rasa ragu bakal gak seru ketika sudah sampai di lokasi. Namun apa yang aku pikirkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Malah selama kurang lebih 2 jam disana aku rasa masih kurang, karena lama diperjalanan bukan lama di tempat nya, jadi belum kenal betul dengan lingkungan disana, belum ada kunjungan ke kebun mereka, cuma kegiatan setelah makan siang dan cerita sedikit dengan warga setempat, kami hanya dikasih kesempatan mampir ke peternakan sapi yang jumlah sapinya lumayan banyak. Faktanya sapi itu hasil perawatan warga setempat juga, yang dulunya mereka hanya dikasih 2 sapi dan sekarang jumlahnya sudah puluhan. Salut banget!

Baca juga : Terima kasih Forest Talk, udah kasih pengalaman berharga

Dari pengalaman yang berharga ini, aku Cuma mau bilang : “Kalian jangan takut dalam berkarya karena dimana pun kalian berada, jika kamu berpotensi dan kamu cerdas, dunia akan sadar akan kehadiran kamu.” Dunia akan bangga dengan apa yang kamu lakukan, seperti pepatah mengatakan bahwa mutiara didasar laut akan terlihat di permukaan.

Dan cerita yang aku ceritakan ini mendapat apresiasi dari semua yang ada di Aula tersebut, aku senang mereka juga mendengar dengan excited dan sepertinya mereka setuju dengan apa yang aku ceritakan tentang moment disana, tentang kebersamaan disana, tentang kehangatan disana, dan tentang apapun selama 3 jam berada disana.

Semoga cerita ini bisa menginspirasi kamu yang lagi sama-sama berjuang, semangat terus kamu disana, karena kita Indonesia. Terima kasih semuanya, aku buka sesi curhat loh ya, jadi kalau kalian butuh cerita tapi nggak tau kesiapa dan dimana, maka kamu beruntung ketemu blog aku :)

 

0 Comments