·

Social Media di Bully. Apa Kata Anak Digital Marketing ?

Membangun sendiri perusahaan dari awal, memiliki banyak uang tidak akan selalu bekerja, tanpa bermain dengan social media. Ada sanggahan ?
Untuk melihat apakah efektif social media di zaman now, bisa dilihat dari statistik. Dimana usia pengguna instagram dan usia followers diangka 13-35 tahun dan domisili tertinggi followers ada di Kota usaha tersebut berada. Itu tidak dapat ditutupi, semua data itu bisa dilihat di akun socmed sendiri, karena instagram sudah transparan untuk itu. Lalu love yang banyak (ratusan,ribuan bahkan jutaan) bisa meningkatkan sales? Bisa saja terjadi, dengan pertanyaan kenapa akun instagram nya @raffinagita1717 dan @ayutingting92 masih ada postingan endorse ?

Untuk social media, jika user Line, user Facebook, user instgram di jumlahin duh pengguna nya pasti tinggi banget. Bisa banget di manfaatkan untuk usaha yang anda jalankan, jika bergerak dibidang F&B dengan menggunakan public figure dalam usaha tersebut. Siapa bilang itu bakal sama perlakuan nya antara usaha kue biasa dengan usaha kue menggunakan public figure ? wajib sama eksis dong dengan Artisnya, nah.

Marketing dan sales tidak bisa dijauhkan, apalagi di jatuhkan. Dengan adanya mereka bersinergi maka akan berdampak ke penjualan bahkan berdampak ke branding terus terusan, hasilnya akan dapat engagement di dua sisi, sisi akun jualan dan akun si-artis. Berpendapat tentang marketing dan sales dalam suatu perusahaan. Pertama, usaha kue dilihat dari artisnya, kategori muda kah doi, kategori tua kah doi, masih eksis kah doi atau banyak haters kah doi. Itu bisa berdampak ke imej usahanya.

Marketing diperusahaan kue artis, salah satu goals nya untuk menggaet followers social media yang range umur 18-35 tahun, usia tersebut masih semangat-semangat nya menggunakan social media tertinggi ditahun ini. Facebook dengan pengguna totalnya mencapai 1,65 miliar pengguna bulanan, instagram dengan 500 juta pengguna bulanan dan saat ini twitter memiliki 310 juta pengguna bulanan. Dan hampir setiap hari mereka gunakan, sebatas ceki-ceki only atau berlama-lama berada di satu platform. Kamu salah satu yang membuka serentak ketiga akun diatas bukan ??
Dan sales dimana kerjanya? Saya kelompokkan usia up 35 (aka umur diatas 35 tahun). Dengan harga di 60 ribu/kotak, anda tau market goals nya kemana?? Yup, di umur up 35. Kalian sudah bisa memastikan customer yang berusia ini dapat membeli minimal 3-5 kotak kue dalam satu kali kunjungan. Customer di usia inilah yang besar sekali mendapatkan uang yang banyak. Sekarang anda tahu? Apa yang perlu dipelajari, sebelum mengatakan bahwa love=t*ik.
Tambahan : Jika ada pertanyaan, mengapa followers selalu berkurang dan mengapa love selalu menurun. hai vrohh, saya akan kembalikan pertanyaan ini ke anda. Buat apa anda nge-follow akun yang tidak ada feedback baik buat diri pribadi hah? Maka disini, tantangan anak kreatif diperjuangkan. Anak kreatif dituntut untuk memberikan konten-konten (creative content) yang kekinian dan memiliki intisari, dimana setelah melihat postingan tersebut dapat mengubah sipembaca. Paham maksud saya ? (jika belum, saya open comment box) J

Jadi kesimpulannya, bukan love yang berdampak ke penjualan tetapi social media content yang berdampak ke penjualan dan bukan itu saja, tapi juga berdampak ke engagement suatu akun. Akun tersebut akan dapat bonus its mean mendapat pembaca setia, likers setia dan mendapat share dari akun lainnya. But first, setelah dapat Good di socmed, di dunia nyata harus kasih excellent service dong :)



©Pekanbaru, 09 April 2018 @Cicajoli 

0 Comments