4 Menu Makanan di Rumah Hari Ini.

, , 4 comments
Postingan kali ini akan membahas tentang makanan yang dimasak pada hari ini, beberapa masakan dibuat oleh nenek saya dan beberapanya saya buat sendiri, tapi kebanyakan nenek saya yang ambil alih, saya hanya bantu sikit-sikit saja. Yok lihat apa aja yang saya dan nenek masak hari ini :)
  • Sayur  Ubi Tumbuk aka Silalat Duda

Sayuran yang paling dikenal oleh orang Batak, sayur yang terbuat dari daun ubi singkong yang di tumbuk dimasak santan. Sayur ubi tumbuk bisa dicampur dengan ikan salai, dengan terong ijo dan tidak lupa dimasukin rimbang. Kalau kata nenek cara memasak sayur ubi tumbuk ini dengan santan yang tidak kental, santan seadanya saja. Jika santannya terlalu kental maka akan aneh dimakan, akan muntah katanya. Benar atau kagak sih?
  • Ikan Teri Main Bola

Teri tanjung namanya, digoreng garing. Setelah nya masak kacang tanah, kemudian panaskan minyak untuk memasak cabe yang sudah di giling. Cabe yang sudah masak lalu di dinginkan sebentar, yang tujuan nya agar teri dan kacang nggak langsung lembek. Setelah cabe dingin, campurkan teri dan kacang dan aduk hingga cabe merata. Siap!
  • Ebi Halus Sambel

Ebi atau udang, disini menggunakan udang halus. Udang yang sudah di ayak kemudian dicuci hingga bersih. Selanjutnya panaskan minyak dan masak cabe sesuai porsi udang halus. Setelah cabe masak maka campurkan udang halus yang sudah ditiriskan airnya tadi kedalam cabe dan diaduk hingga tercampur merata. Jika sudah masak, udang halus sudah bisa berpindah ke piring makan. 
  • Keladi Rebus

Ubi keladi dikupas kulitnya, hingga bersih. Setelahnya campur dengan garam secukupnya, jangan kebanyakan karena kalau keasinan keladi nggak akan nikmat dimakan. Lalu tunggu beberapa menit agar garam nya terserap keseluruh ubi keladi. Terakhir rebus ubi keladi hingga lunak dan siap untuk disantap pagi, siang ataupun sore hari.

Nah itu menu makanan di rumah hari ini. Tema makanan hari ini adalah "couple" maksudnya kalau ada sayur ubi tumbuk maka wajib ada teri main bola atau udang halus, karena mereka adalah berjodoh. Dan hari ini kenapa ada udang halus juga? karena nenek saya sudah tidak sanggup makan ikan teri main bola (faktor gigi ompong) hehehe. Untuk ubi keladi itu adalah makan wajib dipagi hari, selain ubi keladi kami juga menggunakan ubi jalar dan semua ubi tersebut direbus, dengan alasan untuk mengurangi mengkonsumsi minyak, membudayakan hidup sehat gitu :p

Apa menu makanan dirumah kamu hari ini ???

©Pekanbaru, 20 Februari 2017 @Cicajoli

4 comments:

  1. Ca.. ikan teri main bolanya enakkk bangett sepertinya jadi ngiler deh. pake nasi putih anget aja uda enak makan teri gitu :)

    ReplyDelete
  2. waaaaah ubi tumbuk.. jadi pengen bikin juga. ubi tumbuk ini favorit keluarga kami mba hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibikin mba. Sekalian ikan teri main bola juga :)

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.