LUBANG KOLAM : Rumahnya Kelelawar

, , No Comments
Lubang Kolam (Lubang Gelap) berada di Koto Panjang, Kampar - Riau, jarak dari Pekanbaru ke sini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat. Kalau dari Pekanbaru maka posisinya di kiri, sangat mudah mendapatkan nya karena berada di tepi jalan Lintas Sumatra. Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-/kendaraan.

Lubang ini di buat pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1929. Tinggi kira-kira 4 sampai 5 meter. Untuk lebarnya antara 6 sampai 7 meter. Dengan panjang lorong sekitar 50 meter. Dulunya sebelum dibangun PLTA Koto Panjang, ini merupakan satu-satunya akses jalan darat dari Pekanbaru menuju Sumatra Barat begitu sebaliknya. 

Jarak dari gapura ke lubang sekitar 500 meter dan setelah mendapatkan lubang, dari lubang tidak terlalu jauh untuk menuju ke PLTA Koto Panjang, Kampar. 
GAPURA LUBANG KOLAM
Pada tahun 1995 jalan ini ditutup di karnakan pebangunan PLTA Koto Panjang. Dan di buka kembali oleh Pemerintah Kab. Kampar sebagai tempat Wisata Sejarah. Sekarang dijadikan tempat memancing dan selfie-selfie bagi pengunjung yang datang. 
LUBANG KOLAM
Sepanjang lubang terdapat beribu kelelawar, akibatnya lubang menjadi bau karena kotoran kelelawar. Ketika melewati lubang dengan berjalan kaki, maka terdengar bunyi-bunyian yang berasal dari kelelawar. Apabila lagi apes kamu akan terkena kotoran dari kelelawar. 

Nah, jangan lama main-main disana- disini ada tempat lain menunggu kamu. Selamat melakukan perjalanan baik buat kamu yang baik hatinya :)

©Pekanbaru, 08 September 2015 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.