·

Pulau Galang Vietnam, jadi Kawasan Wisata di Batam

Happy New Year 2023! tulisan pertama ditahun ini kita liburan ke Batam yuk.

Pulau Galang Vietnam

TINJAUAN

Pulau Galang Vietnam, jadi kawasan wisata di Batam, Ya destinasi lainnya yang menjadi kunjungan Saya selama di Batam, yakni Pulau Galang. Iya pulau yang menjadi tempat pengungsian warga Vietnam yang kabur dari Negara asalnya akibat terjadinya perang saudara disana. Beberapa dari mereka kabur menggunakan perahu dan singkat cerita sampailah di Indonesia.

Kisah ini perlu dipelajari agar saat berkunjung ke Camp Vietnam kamu bisa lebih mengenang sejarahnya. Camp Vietnam berada di Pulau Galang yang merupakan satu dari ratusan pulau yang berada di wilayah Kota Batam, dimana Pulau Galang ini terletak di sebelah selatan Pulau utama.

AKOMODASI

Untuk akomodasi, sesampainya di Batam kamu tidak perlu worry karena sudah tersedia transportasi umum, penyewaan kendaraan dan transportasi online yang bisa digunakan untuk menuju ke Camp Vietnam. Dan disarankan agar menyewa kendaraan saja untuk menuju kesana, kenapa ? karena lebih murah, mudah dan efisien menurutku.

Fyi di Batam untuk menemukan penyewaan kendaraan sangatlah mudah dan kebanyakan mobil yang disewa adalah kendaraan matic untuk mobil, dan jika kamu ingin menggunakan motor maka harganya akan lebih murah lagi. Sebaiknya mencari penyewaan kendaraan yang sudah pasti, bukan tipu-tipu.

TIPS

Selain kendaraan yang harus kamu persiapkan, ada baiknya kamu juga mempersiapkan bahan baku kendaraan dan isilah full bensin kendaraan kamu. Karena sepanjang perjalanan menuju ke Pulau Galang Vietnam tidak akan melihat SPBU, jadi pastikan bensin kendaraan kamu cukup untuk PP (pulang-pergi) ya.

Didekat Camp Vietnam ini juga ada pantai bagus yang bisa didatangi, dan salah satunya adalah Glory Melur yang menurut Saya masih dijaga dan dirawat dengan sangat baik. Jadi agar kedua tempat wisata ini dapat kamu datangi keduanya, tipsnya adalah mulailah berangkat di pagi hari (dan jangan lupa sarapan ya).

Pagi hingga siang bisa di Camp Vietnam dan siang ke sore kamu bisa bersantai lihat pemandangan laut dan menyaksikan sunset ditepi birunya air laut. Dan di Glory Melur ini juga tersedia Bar beserta DJ sebagai hiburan dimalam hari.

TRANSPORTASI

Wisawatan yang datang ke Batam dapat menggunakan Google Maps menuju ke Pulau Galang Vietnam, kawasan wisata di Batam, dan sebaiknya menyewa kendaraaan ya karena jika menggunakan transportasi online akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. 

Baca juga : Rekomendasi Sewa Mobil di Batam 

Jarak tempuh dari pusat Kota Batam sekitar 1.5 jam sekitar 60 km menggunakan jalur darat dari Jembatan Barelang, serta jalanan di Kota Batam termasuk jalanan yang mudah dipelajari, dan sepengalaman Saya menggunakan google maps akan sampai juga ke tujuan tanpa tersesat.

KEGIATAN

Selain wisata pantai, Batam juga menawarkan wisata sejarah terkait pengungsi Vietnam yang terombang ambing di Laut Cina Selatan selama berbulan-bulan, Camp Vietnam ini menjadi bukti sejarah sisi kemanusian di Indonesia. Camp yang dibangun oleh PBB di atas lahan seluas 80 hektare ini masih menjadi tujuan wisatawan.

Pulau Galang Vietnam

Di Camp Vietnam ini berhasil menampung lebih kurang 250.000 orang pengungsi sejak tahun 1979 hingga tahun 1996. Dan saat Saya berkunjung pada tahun 2021 tempat wisata sejarah ini masih ramai dikunjungi padahal kita semua tahu tahun 2021 adalah tahun dimana Pandemi Covid-19 baru mulai mereda dan hilang di Indonesia.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Camp Vietnam, yakni :

  1. Melihat peninggalan-peninggalan pengungsi Vietnam, seperti Humanity Statue, Kuburan, Monumen perahu, Rumah pengungsian, Klinik serta adanya tempat ibadah;
  2. Mempelajari sejarah Camp Vietnam dengan berkunjung ke Museum; berkunjung ke Kuil atau pagoda, tempat suci umat Buddha (Quan Am Tu)
  3. Memberi makan rusa dan monyet-monyet yang dilindungi;
  4. Mengitari lahan 80 hektare menggunakan kendaraan;
  5. Mengabadikan beberapa momen di Camp Vietnam, karena banyak banget yang harus difoto dan berfoto disini.

Selain kegiatan diatas, pengunjung juga dapat menghirup udara segara disini, masih banyak sekali pohon-pohon yang tertata rapi sepanjang Camp Vietnam, dan informasinya kamu juga bisa camping disini loh.

KULINER

Tidak ada kuliner yang khusus namun, tersedia tempat makan diarea Museum. Tetapi sebaiknya pengunjung membawa makanan sendiri agar saat haus dan lapar bisa berhenti sejenak disalah satu spot untuk makan maupun minum. Dan pengunjung dapat memberikan makanan kepada monyet dan rusa yakni berupa kacang-kacangan ataupun pisang.

Kawasan Wisata di Batam

Kenapa harus ke Camp Vietnam ?

Walaupun sejak tahun 1996 Camp Vietnam ini mulai kosong oleh pengungsi, namun tetap rame pengunjung karena resmi menjadi kawasan wisata Kota Batam. Selain Camp Vietnam, setibanya kamu di Pulau Galang ini akan ada beberapa pantai yang bisa didatangi dan itu worth it!

Camp Vietnam ini menjadi bukti sejarah sisi kemanusian di Indonesia, dan baru-baru ini pada tahun 2022 Camp Vietnam menerima penghargaan sebagai MKB (Memori Kolektif Bangsa) dari Dewan Pakar MKB dan didampingi oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan sejumlah Kementerian.

Baca juga : Tempat lainnya wajib dikunjungi di Batam

So, sudah tertarik berkunjung ke Camp Vietnam tahun ini ? oke silakan persiapkan diri kamu dan jadikan tulisan ini menjadi panduan kamu selama di Batam ya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan berikutnya….

 

 

 

16 Comments

  1. Waaaah baru tauuu aku... dulu aku ke Batam hanya kulineran seafood saja.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next kalau ke Batam bisa visit ini mbak hehe

      Delete
  2. UDah lama penasaran sama Pulau Galang ini
    Baca-baca sejarah tentang para pengungsi Vietnam yang terdampar di sini, rasanya sedih dan miris sekali ngebayangin mereka teromabng-ambing sekian lama di lautan seblum sampai di Pulau Galang

    Ini dari kota Batam menuju Pulau Galang, perjalanannya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeer mbak denger ceritanya sedih dan malah ada sesama mereka yang saling menyakiti (re: perkosa) gadis 🥲

      Jarak dari Batam sekitar 1.5 jam sekitar 60 km mbak.

      Delete
  3. Wah, kalau udah nyangkut-nyangkut bahasan sisi kemanusiaan dan perang begini gak bisa gak ikutan sedih sih ya. Nggak kebaynag gimana perasaan dan apa yang dialami pengungsi saat itu.

    Aku baru tahu kalau ternyata ada tempat seperti ini di Batam. Selama ini bayanganku kalau dengar Batam tuh ya nyebrang ke Singapura gampang, gitu aja. Hehehe...

    Menarik juga nih tempat wisatanya. Jadi penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa yang dikenal Batam tinggal nyebrang ke Singapura mbak, tapi banyak juga wisata yang bisa dijelajah selama di Batam, semoga ada rezeki visit Batam :)

      Delete
  4. Ini yang arah jembatan barelang itu ya? sepertinya pernah melewati waktu mau snorkeling di salah satu pulau kecil di sana. Memang lumayan jauh perjalanan dan susah SPBU tapi pantai di sana indah... next time mau coba main ke museum ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, ke arah barelang dan melewati jembatan barelang
      iya banyak pantai di daerah Galang mbak dan siap2in bbm biar tidak kecarian hehe

      Delete
  5. Dulu pas ke Batam aku pernah ke Pulau Galang, tapi cuma keliling aja gak sampai turun dari mobil. Pingin lagi deh pas ke Batam ke Kampung Camp Vietnam Pulau Galang ini lagi buat lebih eksplor tempatnya dan lihat dari dekat kayak gimana museumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa next bisa turun dari mobil mbak, jelajah Camp Vietnam sebelum sore

      Delete
  6. Mulai tertarik nih, Kak. Apalagi saya selalu suka tempat wisata yang ada nuansa sejarah di dalamnya. Btw, boleh dong di kesempatan berikutnya bikin ulasan tip mencari penyewaan kendaraan yang bukan tipu-tipu, Kak.

    ReplyDelete
  7. Destinasi yang ditawarkan unik ini Camp nya. Jadinya gak cuma sekedar melepas waktu liburan aja ke sana bisa belajar sejarah juga

    ReplyDelete
  8. Pulau Galang Vietnam ini menjadi saksi bisu pada masa bersejarah ya.. Dan semoga tetap terjaga dengan baik sehingga banyak orang yang bisa mengambil hikmah dari sejarah seperti penghargaan dari Dewan Pakar MKB sebagai Memori Kolektif Bangsa.

    ReplyDelete
  9. Aku baru sekali ke Batam dan itupun nggak eksplor tempat-tempat di sana. Aku ke Batam cuma semalam doang habis itu nyebrang ke Singapura. Langsung tandain ah biar nanti kalau ada kesempatan ke Batam bisa mampir ke Pulau Galang.

    ReplyDelete
  10. Saya belum pernah ke Batam, dengan membaca tulisan ini jadi punya gambaran kalo nanti ke sana gimana. Wisata sejarah yang edukatif dan menghibur jika datang ke Pulau Galang.

    ReplyDelete
  11. berarti di pulau Galang Vietnam ini masih ada keturunan vietnamnya nggak mbak? saya baru dengar nih tentang pulau ini di Batam

    ReplyDelete

Hayy.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya ttg postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.