SIM udah 5 Tahun, Urus nya susah gak sih ?

, , No Comments
5 tahun adalah waktu yang cukup lama, setelah 5 tahun dikasih izin mengemudi akhirnya SIM harus diperpanjang lagi, biar izinnya berlaku dan kalau ada pemeriksaan semua nya lengkap. Kita pun jadi makin percaya diri dalam mengemudi


Datang ke RSDC Rumbai mau memperpanjang SIM A yang akan expired, gak berasa ya udah 5 tahun aja ada di dompet owe lu tong wkwk. Jadi untuk memperpanjang SIM ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan harus sabar dengan antrian dan pastinya uang juga harus cukup. Karena lumayan juga loh untuk memperpanjang SIM uang yang dikeluarkan, dan langkah-langkah nya sebagai berikut :

Memasuki area RSDC Rumbai, yang didatangi pertama adalah cek kesehatan. Di sini akan diberikan lembaran yang harus kamu isi dan setelah di isi harus dikembalikan ke petugasnya dan menunggu panggilan, setelah nama kamu dipanggil selanjutkan akan dites buta warna, tangan apakah pernah patah tulang dan pertanyaan medis lainnya. Di tahapan ini pemeriksaan nya termasuk cepat, yang lama itu ya antrian nya dan di cek kesehatan ini dikenai biaya 35k

Selanjutnya menuju ke area tes psikologi, ditahapan ini syarat yang harus dipersiapkan adalah 1 buah fotocopy KTP. Dalam mengikuti tes psikologi ini ada soal yang diberikan yakni berupa pertanyaan pelanggaran lalu lintas, isian yang sesuai petunjuk dan diminta untuk menggambar orang lengkap. Waktu yang dibutuhkan dalam tahapan ini tidak dipatok, kalua sudah siap dan yakin dengan isinya, silahkan lembar soal nya dikembalikan ke petugas. Dalam menunggu hasil, peserta akan disuruh keluar dan mempersiapkan uang sebesar 100k dan akan dibayarkan jika dinyatakan lulus tes.

Kemudian setelah lulus tes psikologi, berkas hasil cek kesehatan dan hasil tes psikologi dibawa ke area pembayaran biaya perpanjangan SIM, di area ini kita hanya bayar saja dan biaya nya sebesar 80k (untuk SIM A) dan nantinya akan diberikan bukti bayar dan semua berkas tadi dibawa ke dalam (baca: kantor RSDC)

Ambil form yang harus di isi dan nomor antrian, syaratnya adalah 1 buah ftcopy KTP dan SIM asli diberikan ke petugas. Setelah form di isi kemudian menuju loket 2 untuk penyerahan semua berkas perpanjangan SIM, dan menunggu untuk melakukan sesi foto.

Setelah foto, print sidik jari dan tanda tangan. Tahapan terakhir adalah pengambilan SIM baru dan selesai. Nah, kalau diselidik tahapan nya simple kan tapi dilapangan saya butuh waktu hampir 2 jam untuk mendapatkan SIM A baru. Lama juga bukan ?



©Pekanbaru, 10 April 2019 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.