Cuplikan WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling - Riau

, , 2 comments
WWF Indonesia merupakan salah satu organisasi konservasi independen terbesar di Indonesia yang telah memulai kegiatannya sejak tahun 1962. Pada tahun 1998, WWF Indonesia resmi  menjadi lembaga nasional berbadan hukum Yayasan.
cicajoli

Saat ini, WWF Indonesia aktif bekerja di 28 lokasi di 17 propinsi dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya adalah Riau, berada di Desa Tanjung Belit – Kampar Kiri.

Stasiun Lapangan WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling berjarak 90 km kearah selatan kota Pekanbaru, kawasan seluas sekitar 200.000 Ha yang terdiri atas kawasan hutan dan kawasan non hutan.

Semua kantor WWF Indonesia yang berada di lapangan, berfungsi sebagai pusat koordinasi kegiatan dan program konservasi di lokasi-lokasi terkait.

Untuk menuju ke “Villanya” WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling, kita menggunakan mobil dengan durasi 2.5 jam dari kota Pekanbaru, setelah sampai ke desanya, kemudian memarkirkan mobil di halaman rumah warga. Tentang biaya parkir, kita bisa melakukan negosiasi ke warga dan biasanya sukarela saja.

Setelah parkir aman, kita akan melanjutkan perjalanan air menggunakan sampan kecil atau masyarakat sering menyebut piyau, selama 15-20 menit perjalanan air mengitari sungai subayang. Dan tentang biaya piyau juga dapat dinegosiasi dengan pemilik piyau, piyau hanya dapat menampung sekitar 15 orang yaitu piyau milik WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling sedangkan 5 orang untuk piyau umum (punya masyarakat setempat)

Tidak sembarang orang yang bisa datang mengunjungi Villa tersebut, karena untuk berkunjung kesana harus ada izin dari kantor WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling, karena bukan tempat penginapan biasa.

WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling ini hanya menerima orang yang hendak melakukan penelitian tentang harimau sumatera, ekowisata minat khusus yang sudah di isi selama 2 tahun. Terdapat 2 bangunan besar yang satunya akan dijadikan pusat penelitian air (gedung biru).

Dan inilah beberapa sudut dari bangunan utama WWF Indonesia Bentang Alam Rimbang Baling : 
Gedung Utama
Bagian Bawah Gedung Utama
Ruang Pertama
Sayap Kiri Ruang Utama
Sudut lainnya :
Map Potensi
Gedung Biru 
Bagian Bawah Gedung Biru
Tempat mengukur ketinggian air sungai
tempat santai
WC di luar
Piyau atau sampan kecil

FYI : Kegiatan yang saya lakukan disini adalah camp panlok dan fasilitator untuk Kelas Inspirasi 4 Pekanbaru yang pendaftaran inspirator sudah di buka mulai hari ini, 10 okt 2016. Untuk lebih jelasnya bisa lansung kunjungi :
IG : ki_pekanbaru
Twitter : KI_Pekanbaru
Web : http://kelasinspirasi.org/

Sampai bertemu di hari inspirasi ^^

Referensi : http://www.wwf.or.id/

©Pekanbaru, 10 Oktober 2016 @Cicajoli

2 comments:

  1. Hai cica....izin comot beberapa foto ya..soalnya kemaren gak sempat ambil photo nya.

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.