EMPAL GENTONG KANG ABDI

, , No Comments
Mau makan apa hari ini?
Empal Gentong
Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon, yang sudah menyebar kedaerah-daerah seluruh Indonesia. Kok tahu? Ya karena penulis menemukan ini di kota Pekanbaru. Empal sendiri adalah daging sapi, usus dan babat yang dipotong dadu, ada tambahan potongan tahu, potongan kucai dan hasilnya akan seperti gulai. Sedangkan gentong (periuk tanah liat) yaitu tempat memasak empalnya. Selain dimakan langsung, bisa juga ditemenin pake nasi panas. Ditambah cabe rawit dan perasan jeruk menambah pedas dan kesegaran empal tersebut. 

Penulis merekomendasikan agar mencoba makanan ini, bagi yang belum. Sedangkan bagi yang sudah pernah mencicipinya, bagaimana menurut kamu? Di kota Pekanbaru terdapat penjual Empal Gentong yang lokasinya di Jalan Kereta Api, porsinya sesuai, rasanya enak sekali. Rasa kuahnya terasa, nggak perlu ditambah macem-macem, dan harganya sesuai.
Empal Gentong Kang Abdi
Jika di Cirebon, Jawa Barat - temen nya Empal Gentong adalah Lontong. Karena masyarakat disana menganggap lontong sama seperti nasi (beras yang dimasukkan ke dalam daun pisang) dan penulis sependapat dengan itu, karena bahan dasarnya sama-sama beras, hanya hasilnya saja yang berbeda. Mengenyangkan dan penulis akan kesana (lagi) dilain kesempatan hihi.

Kalau kamu tinggal di kota Pekanbaru, nggak ada salahnya jika kamu mampir untuk sekedar icip-icip Empal Gentong milik Kang Abdi. Coba rasakan dan nikmati, karena selain Empal Gentong juga tersedia Ayam Keprek dan Spaghetti. Yeay!

Prices
  1. Untuk paket Empal Gentong + Nasi idr 17k
  2. Jeruk Panas idr 7k
  3. Es Kosong idr 2k
©Pekanbaru, 09 Januari 2016 @Cicajoli 


0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.