TEST Tahap Lanjutan Djarum

, , No Comments
Jauh-jauh hari udah niat persiapkan semua yang terbaik untuk ujian yang akan gue lakukan pada 14-15 Agustus 2015. Dipagi jum'at pergi dari rumah pukul 06.30 wib bersama Nenek yang pagi itu hendak kepasar membeli bahan-bahan dapur, dan setelah nya baru jalan menuju tempat ujian yang dilaksanakan di Auditorium FMIPA UR. Kepagian tiba disana, belum banyak orang yang datang, hanya beberapa, karena bisa dilihat dari Almamater yang mereka kenakan, salah satu syarat ujian adalah menggunakan Almamater. 

Parkir dengan cakep, parkir mundur. Matikan kelistrikan, ambil tas dan Almamater. Menuju ke gedung dan gue nggak mengenal siapa-siapa, sendiri aja tegak-tegak, lihat-lihat, dan nunggu registrasi dibuka. setelah jam 07.30 wib registrasi akhirnya dibuka dan gue menjadi pendaftar ulang pertama dan dipersilahkan masuk dan mencari tempat sesuka hati, karena bebas. Gue langsung milih didepan, tepatnya bangku nomor 3 bagian depan, karena gue rasa kalau berada di depan lebih aman, lebih fokus aja mikirnya, lebih deket dengan pembina dan alasan (++) lainnya hehe..

Nggak langsung ujian, karena ada jeda sekitar 1,5 jam duduk-duduk cantik tanpa kerjaan, cuma liatin kk panitia mondar-mandir kaya setrika-an ngurusin ini dan itu, megang benda-benda yang dibutuhkan saat ujian, cerita-cerita banyak hal dan selesai ketika pembina sudah memasuki ruangan. nggak lama setelah itu pembagian lembar ujian, pengisian kartu ujian dan instruksi-instruksi lain diberikan kepada seluruh yang datang.
Cenderamata
Benda yang diatas adalah kenang-kenangan yang dibawa oleh peserta yang nggak melanjutkan, yang pulang setelah mengetahui nama mereka tidak ada di kertas yang tertempel. Cerita para pemberhenti yang dengan rela harus pulang dihari ini, dan gue salah satunya. Gue gagal di tes tertulis, nama-nama yang tertera tidak ada nama gue. Kalimat yang terdengar, "Tetap semangat, terus berusaha." kata kk panitia yang secara tidak langsung memberi semnagat kepada mereka yang gagal di tes tertulis.
Bangga dapat ini.
Instruksi bahwa nametag sudah boleh di isi, isi kotak yang berjumlah 5 dengan no pendaftaran yang kamu dapat dari email dan kotak persegi di isi dengan nama kamu. Gue dengan berhati-hati lihat no pendaftaran yang belum hafal banget, nulis nya satu-satu dengan melihat ke kertas putih hasil print-an dan mengisi nama lengkap yang jarang gue gunakan di media sosial, nama yang gue pake untuk hal-hal yang nyata, sesuatu yang pasti dan gue sangat menghormati nama yang orangtua berikan, menjaga kesucian nya dengan baik, isnyaAllah sampai kapanpun. Setelahnya gue kalungkan ke leher, dengan hati yang berdebar menunggu LJK, dengan rasa nano-nano menjelang ujian akan segera dimulai.

Pembina mengambil alih acara, LJK dibagikan dan test 1 dimulai. Ada 3 teks bacaan yang setelah nya akan ada pertanyaan, tetapi test 1 tidak maksimal karena masih bingung yang tiba-tiba saja diperintahkan stop dan lanjut ke test 2, dan kesimpulannya test 1 hanya isi beberapa kolom, lebih banyak yang ksosong ketimbang berisi. test dilanjutnya hingga test ke-5 dengan buku ujian yang sama. dimasing-masing test tidak ditentukan durasinya, ketika ada perintah STOP maka semua kegiatan sudah harus dihentikan dan dilanjutkan ke sesi berikutnya.

Untuk test yang ke-6 yaitu test verbal dengan buku yang berbeda, ada 15 soal yang harus dicari jawaban nya, lebih ke kesimpulan yang harus ditemukan. Disini gue isi semua, tapi nggak tahu bener semua atau salah semua. Dan test selanjutnya adalah menggambar, ada 3 kertas yang diberikan kepada peserta, yang kertas pertama ada 8 kotak yang masing-masing kota terdapat simbol yang berbeda, dimasing-masing kotak harus digambar sesuai dengan simbol yang ada, mau gambar apa aja bebas. Lalu dikertas yang ke-2 diperintahkan untuk menggambar pohon lengkap yang berkambium, setelah pohonnya selesai harus dijelaskan pohon apa yang kamu gambar. Dan kertas yang ke-3 diperintahkan menggambar orang dan setelahnya ada keterangan nama nya siapa, umur, pendidikan/pekerjaan dan dia lagi ngapain? di buat 1 paragraf.

Semua rangkaian test tertulis selesai, dalam waktu 2 jam lewat. Ada quesioner yang diberikan kepada peserta untuk diisi, yang pertanyaan nya seputar Djarum Beasiswa Plus, seperti tau Djarum dari mana? Tahu nya pas SMA atau Kuliah dan ada peringkat yang harus di isi. 

Semua bertepuk tangan, semua lega, semua beban hilang dan cape nya terasa, laper nya parah dan pegel-pegel semua yang telah bergerak saat ujian. Dapat informasi dari pembina bahwa hasil akan keluar di jam 12.00 wib, dan hanya setengah jam lagi. Bentaaar banget dan seketika bedebar jantung semakin cepat menantikan hasil yang baik.
Congratulation.
Semoga menjadi insan yang terus dan terus berjuang, berusaha demi kebaikan, dan beramal sebanyak-banyak nya untuk amal di akhirat, bertemu dengan orang-orang yang baik akhlak nya, yang cerdas otaknya, yang pergerakan nya untuk Allah dan hidup dengan sebaik-baiknya. Masih banyak jalan menuju yang baik, teruslah berbaik sangka dan teruslah memberikan yang terbaik bagi siapa pun dan belajar..belajar dengan sungguh-sungguh, usaha kita, do'a kita dan semuanya kita Allah yang tahu yang umatnya butuhkan. Thanks Djarum untuk cerita gue dan elu dihari pertama, selamat tinggal hari kedua :)

PS: Prestasi menurut kita belum tentu sama menurut mereka. Standar prestasi hanya kamu yang tahu, semangat menggapai prestasi baik good ppl!

©Pekanbaru, 15 Agustus 2015 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.