The Element of Foodways

, , No Comments
Foodways adalah pola yang membentuk "Apa yang kita makan, bagaimana dan mengapa serta dalam keadaan apa yang kita makan." (Edge 2007:8). Makanan menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, makan memiliki tujuan untuk kelangsungan hidup, materi makanan sangat dibutuhkan dan dibutuhkan proses untuk menghasilkan makanan yang dapat dikonsumsi.

Apa yang kita makan itu tergantung dengan kita, orang lain tidak bisa melarang atau menghentikan apa yang kita makan, apa yang kita yaitu apa yang kita rasa baik, apa yang kita rasa sehat dan apa yang kita rasa halal. Apa yang kita makan sama dengan apa yang kita cari, apa yang kita inginkan dan apa yang bisa membuat kita kenyang. 

Apa yang kita makan harus melalui proses yang dibagi atas persiapan, penyajian dan pengkonsumsian. Apa yang kita makan terbagi lagi bagaimana mendapatkan nya, ada beberapa cara yang akan bisa di pilih. Dalam 3 proses ini ada pihak yang lain yang akan membantu. Kriteria yang termasuk dalam penggunaan pihak ke-3 :
  1. Persiapan saja
    Biasa ditemukan saat membantu Mama masak di rumah, contohnya hanya ikut mengupas bawang dan memetik cabai.
  2. Persiapan dan Penyajian
    Ikut membantu Mama menyiapkan bahan-bahan dan setelah bahan diolah menjadi makanan, saat nya kamu membantu untuk penyajian. Contoh : Pemilihan piring, mangkok atau bisa juga dibagian hias-menghias.
  3. Hanya Mengkonsumsi
    Dan kelompok ini bisa dibilang kelompok yang paling enak, karena hanya ikut membantu dalam menghabiskan makanan, tidak ikut membantu di persiapan dan penyajian. Hanya tau beres saja!
Food and Society
Pola "mengapa" akan gue bahas dalam pandangan, mengapa harus makan? Makan adalah moment, dimana setiap moment harus ada aktivitas makan. Karena makan salah satu cara manusia dalam berinteraksi secara alami, melalui proses sebelum makan yang membutuhkan orang lain untuk pemenuhan,  sebagai penolong untuk mendapatkan makanan.

Examples: Ketika ingin segelas kopi, kita akan mencari cafe yang menyediakan kopi. Memesan, menunggu pesanan dan kopi bisa dinikmati. Sebelumnya, untuk mendapatkan segelas kopi kita harus berinteraksi dengan orang yang melayani. Begitu juga kalau buat kopi sendiri, kita butuh kopi yang di beli dari orang lain.

Keadaan apa yang kita makan, dengan adanya pagi-siang dan malam, maka dalam keadaan itu manusia akan melakukan aktivitas makan, ada yang melakukan makan 3 kali sehari dan ada yang 2 kali sehari, Ini tergantung kepada manusianya, mau memilih keadaan yang bagaimana dalam menikmati makanan.

Konsep makan yang ideal adalah mendapatkan dengan praktis dan mengkonsumsi juga praktis, sedangkan konsep Foodways adalah membantu menarik perhatian kita pada praktek sosial dan budaya yang berhubungan dengan makanan...#Foodlover

©Pekanbaru, 29 Januari 2015 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.