Berbagi itu Indah (Sharing Class Bertuah)

, , 5 comments
Seorang penulis harus memiliki Motivasi - Idealisme - Manajemen Waktu-
blogger bertuah
Sharing Class
 "Facebook dijadikan lahan motivasi buat nulis dengan cara nge-add penulis-penulis yang disukai.” Kalimat pembuka mbak oci saat sharing class di rbr sore ini."

Wanita yang disapa dengan nama Oci ini telah menyelesaikan kuliah S1 nya di FKIP Ekonomi UR dan melanjutkan ke jenjang S2, mbak oci pernah menjadi dosen disalah satu universitas di pekanbaru dan sekarang selain menjadi ibu rumah tangga ia juga aktif dalam menulis dan buku-buku yang dia tulis sudah terbit sebanyak 7 buku. Salut!

Hobi nulis sudah ia mulai sejak duduk dibangku smp, waktu itu hanya menulis di buku diary. Banyak tulisan-tulisan yang berhasil ia buat tapi dia belum berani untuk mempublish tulisannya kala itu karena minder takut tulisan yang ia buat jelek dan tidak sesuai dengan apa yang di inginkan, cerita mbak oci. Semua yang ia lakukan adalah otodidak, dan mbak oci menambahkan “Bangunlah Kebiasaan karena kebiasaan adalah pilar dan niatkan pada diri kamu, nulis buat apa? apa yang kamu cari dari menulis?"
Untuk berbuat kebaikan, ungkap mbak oci. Saat itu saya sedang menghadiri bedah buku, jadi pembicara menjelaskan dengan sangat panjang. Jadi setelah sang pembicara selesai membedah buku tersebut, kemudian ia bertanya:” siapa yang telah mencatat apa yang saja jelaskan tadi?” dan pada saat itu hanya satu orang yang tunjuk tangan.
Lalu sang pembicara berkata:” saya bertanya seperti itu karena saya tahu apa yang saya jelaskan ini tidak akan bertahan lama berada di otak anda kalau tidak ada catatan.”
Nah, dari sinilah mbak oci mulai berbuat kebaikan melalui media buku, mbak oci membuat buku untuk membantu orang-orang menulis. Selain pembaca tahu tapi juga dia mempunyai simpanan materi berupa buku.

Untuk menjadi seorang penulis harus tahan banting dan bermental baja, selain itu harus :
  • Memiliki pengetahuan
  • Memiliki kemampuan ( jangan takut, ini bisa diasah kok ) itu gunanya komunitas yang ada untuk saling memotivasi.
  • Memiliki hasrat (fashion )
Dunia penulis memiliki tekanan yang luar biasa, berbeda dengan kita nulis biasa, sesuka hati kita. Karena disini kita harus bisa mempertanggungjawabkan tulisan (buku). Terkadang apa yang diinginkan penerbit bertentangan dengan kita, misalnya mereka minta ada penambahan dan ada pengurangan maka saat itulah kita sedang di uji. Inilah, idealisme harus ada pada seorang penulis.
Dan tekanan deadline, terkadang karena dikejar deadline. Sudah 5 jam berada di depan layar komputer tetapi yang berhasil diketik Cuma 2 kalimat.

Maka selain siap mental, kita sebagai penulis harus rajin untuk membaca, sebelum menulis harus buat konsep dulu, dan apabila ada inspirasi maka tulis aja dulu (hajar) kalau masalah edit-editan itu urusan belakangan.

Foto bersama mbak Oci setelah kelas selesai :

blogger bertuah
Mbak Oci (hijab pink)

5 comments:

  1. terima kasih artikelnya, sangat memotivasi (y)

    ReplyDelete
  2. Jadi penulis itu berat, sama beratnya dengan jadi blogger yang gak asal menulis tapi juga perlu analisa. Betul kata Mbak Oci, jadi penulis harus memiliki pengetahuan..
    Ngomong-ngomong difoto itu Cica yang sebelah mana? kerudung hijau sebelah kanan atau kerudung hitam sebelah kiri? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cica kadang menganalisa dan kadang menceritakan kejadian yang pernah dialami mbak hehe

      Yup, pengetahuan yang membantu dalam penulisan.

      Cica yang pake kerudung hijau sebelah kanan mbak :D

      Delete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.