Wisata Ombak Bono Sungai Kampar, Riau

, , 8 comments
Tema : "Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar"

Walaupun saya belum pernah menginjakkan kaki ke daerah Ombak Bono Sungai Kampar, tapi saya akan mencoba bercerita mengenai tempat wisata ini dari referensi yang ada.

Berwisata? siapa saja ingin menghabiskan masa libur ataupun weekend mereka dengan berwisata kemana saja, mau dekat ataupun jauh itu tergantung dari beberapa aspek salah satunya waktu libur yang dikasih dan ketersedian budget. Berwisata tidak selalu harus rugi karena sebagai seorang yang hobby berwisata kamu juga bisa mendapatkan yang namanya wisata hemat, disini kamu tidak harus menghabiskan budget yang besar hanya untuk berwisata, tempat-tempat terdekat yang ada di daerah kamu adalah tempat terbaik. Contohnya adalah Wisata Ombak Bono Sungai Kampar, Riau.

Kenapa kamu harus WAJIB berkunjung ke Ombak Bono Sungai Kampar, Riau ? Ini alasan yang terpampang nyata di daerah tersebut dan bisa membantu kamu yang berencana ingin kesana..

Tinjauan

Pernahkah kamu mendengar istilah Ombak Bono? Jika belum dan ingin melihat atau bahkan menaklukkannya dengan berselancar (surfing) maka kunjungilah Sungai Kampar. Saat ini memang sebagian besar yang datang ke Sungai Kampar adalah wisatawan lokal maupun asing .Sungai ini berlokasi di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Makna Bono itu sendiri berarti BENAR dalam bahasa Pelalawan.

Ombak Bono
Ombak Bono ini terjadi akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Bono terbagi 2 yaitu Bono yang terdapat di daerah Kuala Kampar merupakan Bono jantan dan Bono Betina terdapat di Sungai Rokan. 

Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar ini dapat dijadikan tempat wisata yang baik karena keindahan sungai dan pesona yang masih asri dapat memberi ketenangan dan kenyamanan untuk para wisatawan maupun tourist yang berkunjung ke tempat ini. Apalagi bagi kamu yang hobby nya surfing, nah disinilah tempat yang sangat tepat, karena Di sungai kampar ini ada Ombak yang panjang gelombangnya mampu mencapai 60km dengan kecepatan rata-rata  40 km/jam dengan ketinggian gelombang mencapai 6meter.
Dan masyarakat lokal turut aktif dalam usaha pelestarian alam karena menyadari pentingnya menjaga potensi alam demi keberlangsungan usaha wisata mereka.

Akomodasi

Untuk kebutuhan akomodasi, sesampainya di Teluk Meranti banyak terdapat sejumlah homestay sederhana yang bisa disewa. Tarif /malam untuk penginapan terbilang terjangkau. Untuk kebutuhan makan pun tidak terlalu sulit dicari. Meski tidak mewah, tetapi tempat makan yang disajikan bercitarasa khas dan menggugah selera. Serta Speedboat juga bisa di sewa dari warga sekitar apabila ingin menyaksikan Ombak Bono dengan jarak yang dekat tetapi harus waspada karena apabila tidak berpengalaman bisa mengakibatkan kecelakaan akibat ombak yang sangat besar.

Tips

  • Bagi Peselancar ( Surfer ), Bono akan terjadi hanya ketika air laut pasang. Dan akan menjadi lebih besar lagi jika pada saat air laut mengalami pasang besar (bulan besar) diiringi hujan deras di hulu Sungai Kampar.
  • Perhitungkan waktu keberangkatan dan kondisi cuaca apabila Anda ingin menyaksikan atau berselancar gelombang Bono.
  • Warna air Sungai Kampar adalah kecoklatan. Disarankan bagi Anda untuk mengenakan pakaian berwarna.
  • Gelombang Bono dengan ketinggian mencapai 6 meter biasanya dapat “ditemui” pada kisaran bulan Agustus-Desember. Puncak gelombang paling besar terjadi pada bulan November dan Februari. Untuk ketinggian gelombang sekira 2 meter, biasanya terjadi pada bulan Januari-Juli.
Transportasi

Untuk mencapai Lokasi Ombak Bono Sungai Kampar Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Dari Pekanbaru-Riau  terlebih dahulu kita menuju Pangkalan Kerinci-Pelalawan , perjalanan menuju Pangkalan Kerinci dapat dilakukan melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 70km atau  1,5jam perjalanan. Alat transportasi umum yang bisa digunakan adalah :
  • Travel atau biasa disebut dengan superben, biaya perjalanan dari Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci sebesar Rp.20.000/orang. Kemudian dari Pangkalan Kerinci untuk menuju Teluk Meranti kita bisa menggunakan mobil rental atau mobil sewaan dengan Tarif Rp.50.000/orang dan terminal mobil rental ini terdapat di Hotel Meranti Pangkalan Kerinci. Perjalanan dari Pangkalan Kerinci menuju Simpang Bunut sekitar 30 menit dan akan memasuki Jalan Lintas Bono menuju Desa Teluk Meranti yang memakan waktu sekitar 4-5 jam. Perjalanan juga dapat dilakukan menggunakan sarana transportasi air :
  • Menggunakan Speedboat dari Pangkalan Kerinci (Pelabuhan di jembatan Pangkalan Kerinci) ke desa Teluk Meranti dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3jam dengan biaya perjalanan Rp.150.000.
Kegiatan
  • Mencoba dahsyatnya gelombang Bono yang dikenal dengan gelombang tujuh hantu (seven ghosts).
  • Merasakan keramahtamahan masyarakat Teluk Meranti.
  • Mengarungi Sungai Kampar Menggunakan Speedboat yang di sewa oleh para masyarakat sekitar.
  • Mencari tau dan Mendengarkan asal usul terjadinya Ombak Bono dari para sesepuh/ orang yang dituakan seperti Abu Soma.
  • Selain menikmati Bono, Keindahan jalur sungainya dapat juga menjadi daya tarik wisatawan.  

Kuliner

Bono Sungai Kampar merupakan objek Wisata Alam yang akan menanti kehadiran kita semua dengan Kuliner khas Teluk Meranti, Kekayaan dan kekhasan kuliner masyarakat pinggiran sungai dengan memanfaatkan hasil sungai perlu dicicipi. Hasil sungai diantaranya seperti ikan patin, udang galah, dan lainnya yang diolah menjadi sajian kuliner  yang beragam.


Di Ombak Bono, peselancar (Surfer) yang datang tidak pernah absen “mengendarai” gelombang bono yang menakjubkan. Jadi, ambil papan selancar Kamu! Datang dan temukan pengalaman yang telah peselancar lain rasakan di  sini. Bahwa Bono adalah salah satu tempat terbaik berselancar yang memiliki gelombang yang menakjubkan di Indonesia maupun Dunia.



Bono Sungai Kampar


"Harapan saya semoga dengan dilaksanakan contest ini akan membantu meningkatkan pengunjung dari berbagai pelosok negeri dan sekaligus menjadikan Wisata Riau Ombak Bono Sungai Kampar sebagai  ikon pariwisata di Riau. Tentunya potensi unik sungai bergelombang sungai (tidal bore) yang langka ini akan menambah daftar kekayaan alam di Tanah Air.," Ungkapku


Beberapa Referensi yang membantu dalam pembuatan bacaan ini : [ Semuanya punya Blogger Bertuah ]

http://www.attayaya.net/2011/11/gelombang-ombak-bono-kampar-riau.html
http://www.attayaya.net/2011/11/gelombang-ombak-bono-kampar-riau.html
http://www.attayaya.net/2011/11/tinjauan-ilmiah-terjadinya-ombak-bono.html
http://www.attayaya.net/2011/12/mengejar-bono-sungai-kampar.html
http://www.attayaya.net/2011/12/dikejar-ombak-bono-sungai-kampar.html
http://www.attayaya.net/2011/11/lokasi-bono-tidal-bore-di-dunia.html
http://www.proberita.com/news/lokasi-bono-kampar/
http://www.riaumagz.com/220/bono-sungai-kampar-7-hantu-dari-teluk-meranti/
http://www.riaumagz.com/311/legenda-bono-sungai-kampar-yang-menyertainya/
http://www.riaumagz.com/4067/bermain-bono-atau-hancur/
http://www.riaumagz.com/3262/bono-sungai-kampar-jadwal-terjadinya-2013/
http://www.riaumagz.com/2585/bono-tidal-bore-indonesia-wisata-internasional/
http://www.bertuah.org/2011/11/ombak-bono-kampar.htmhttp://www.riaudailyphoto.com/2012/06/bono-kampar-my-great-adventure-of.html
http://www.riaudailyphoto.com/2011/04/bono-sungai-kampar.html
http://www.riaudailyphoto.com/2011/11/wisata-alam-ombak-bono-sungai-kampar.html
http://www.riaudailyphoto.com/2011/12/lokasi-bono-sungai-kampar.html
http://www.riaudailyphoto.com/2013/02/bono-menyapa-indonesia-dan-dunia.html
http://www.riaudailyphoto.com/2012/06/bono-ikon-wisata-internasional.html
http://www.cekau.com/2013/02/seven-ghosts-tidal-fantasy-amazing-riau.html

Referensi dari Luar Blogger Bertuah :
http://www.indonesia.travel/id/destination/894/sungai-kampar-dahsyatnya-gelombang-tujuh-hantu-di-riau 

Sekian, Semoga Bermanfaat dan dapat dijadikan Referensi yang baik. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan ketik. Atas perhatian Cica Aisyah ucapkan Terimakasih.

8 comments:

  1. Semoga Sukses. Sukses menjadi pemenang kontes bertuah dan tentunya sukses telah mempromosikan bono sungai kampar sebagai salah satu ikon wisata di riau.

    ReplyDelete
  2. Amin. Semoga bisa jadi Duta Bono Sungai Kampar juga hehe ^^

    ReplyDelete
  3. Wah,,,, nampaknya sekarang ombaknya gak begitu besar ye.... mudah-mudahan wisata riau tetap terjaga,,, gak ktiduran, hehehe

    ReplyDelete
  4. Iyee, Puncak gelombang paling besar terjadi pada bulan November dan Februari doang...
    Amin, mari dijaga :) hehehe

    ReplyDelete
  5. Udah lama pengen kesana cuma gak pernah kesampean..

    ReplyDelete
  6. Ayo kesana! saya juga pengen kesana ..

    ReplyDelete
  7. mantab info nya Cica. lumayan detail, Lanjutkan tulisan mu, semakin banyak nulis , semakin dapat pashion nya.
    Keep Calm & Win Giveaway! ^^

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.