·

4 Tips Menjalankan Bisnis Thrift Shop, Bisa Untung Jutaan Rupiah

 Bisnis Thrift Shop


Menjalankan thrift shop menjadi bisnis kekinian yang banyak dilirik anak muda. Bisnis ini bukan sekadar menjual barang bekas, tapi juga menyediakan benda-benda lawas yang banyak dicari kolektor. Kamu bisa mengajukan pinjaman bunga rendah, untuk menambah koleksi toko dan memperbesar bisnis thrift shop

Selain dicari-cari oleh penyuka barang-barang vintage, produk preloved atau bekas juga jadi pilihan alternatif. Terutama bagi mereka yang memiliki semangat untuk menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan (sustainability). Kesadaran akan kondisi lingkungan yang tumbuh di hampir semua kalangan orang, membuat bisnis ini sangat menguntungkan.

4 Tips Menjalankan Bisnis Thrift Shop


Melakukan thrifting dengan membeli barang-barang secondhand semakin ngetren di kalangan anak muda. Peluang bisnis yang bagus ini jangan sampai Kamu sia-siakan. Bila saat ini kamu sudah menjalankan bisnis jual beli barang seken tapi perkembangannya terasa lambat, Kamu bisa lakukan 4 tips di bawah ini: 

  • Sesuaikan dengan Target Market

Sama halnya dengan semua jenis bisnis, Kamu juga perlu menentukan target market dari thrift shop. Supaya Kamu dapat menyesuaikan produk yang dijual berdasarkan target konsumen yang disasar. Mulai dari kelompok usia, jenis kelamin, hobi dan minat.

Misalnya jika Kamu menyasar konsumen dari kalangan remaja, maka perbanyak pakaian atau barang yang cenderung penuh warna, serta memiliki desain atau bentuk yang lucu. Bila target market bisnis Kamu adalah orang dewasa yang suka dengan musik Jazz, maka jual CD, kaset atau piringan hitam lagu jazz. 

  • Temukan Supplier Terpercaya

Ketika memulai bisnis thrift shop Kamu mungkin memulai dengan membongkar lemari sendiri, untuk menemukan barang bekas yang masih bagus kualitasnya. Namun dengan semakin berkembangnya bisnis, Kamu tentu harus berburu barang-barang vintage dari supplier

Pastikan Kamu menjalin kerjasama dengan supplier terpercaya. Supaya Kamu bisa mendapatkan barang original dengan kualitas yang bagus. Modal untuk membeli barang seken yang langka bisa Kamu dapatkan dari pinjaman bunga rendah. 

  • Pastikan Kondisi Barang 

Kamu juga perlu lebih jeli saat memeriksa barang-barang yang akan dibeli. Pastikan kondisi barang masih bagus, layak pakai, dan tidak ada cacat yang berlebih. Tata setiap barang dengan rapi dan terorganisir. Meskipun barang bekas, bukan berarti tampilan display produk tidak diperhatikan.

Selain itu pastikan barang yang Kamu jual higienis. Bahkan sebaiknya Kamu mencuci atau membersihkan dulu semua barang koleksi sebelum ditempatkan di dalam toko. Beri pewangi untuk produk pakaian dan aksesoris fashion. Supaya konsumen merasa lebih nyaman dan yakin produk tersebut sudah bersih.

  • Promosikan Secara Online

Promosikan barang dari thrift shop secara online, melalui media sosial dan website bisnis Kamu sendiri. Sehingga pemasaran produk bisa lebih luas dan menjangkau target market yang memang mencari produk-produk seken. 

Beritahu lokasi thrift shop Kamu dan buka juga layanan pembelian secara online. Kamu bisa membuka merchant di marketplace dan membuat laman toko online di website. Berikan pelayanan yang ramah dan merespon dengan cepat, agar konsumen kembali membeli barang dari thrift shop Kamu. 


tips bisnis


Jenis-Jenis Barang yang Bisa Dijajakan di Thrift Shop

Barang apa saja yang bisa dijual di Thrift Shop? Bisa apapun, tergantung target market yang Kamu sasar. Sebaiknya Kamu fokus pada satu atau dua produk, sedangkan jenis barang lain bisa Kamu jadikan sebagai tambahan saja. Berikut ini jenis-jenis barang yang bisa Kamu jual di thrift shop:

  • Pakaian dan Aksesoris

Pakaian adalah jenis barang yang paling banyak dipilih pengusaha thrift shop. Sebab jumlah pembeli yang mencari pakaian bekas selalu banyak. Kamu bisa menjual pakaian dari brand-brand ternama yang masih layak pakai. Meski bekas, pakaian branded tetap memiliki nilai jual yang tinggi. 

Selain pakaian seperti baju, celana, rok, atau blazer, pembeli juga banyak yang mencari aksesoris fashion. Misalnya sepatu, tas, jam tangan, dan perhiasan. Kamu juga bisa menawarkan aksesoris fashion bermerek. 

  • Furniture

Furniture bekas juga banyak diburu orang-orang yang ingin mendekorasi ulang interior rumah. Konsumen akan memilih model furniture sesuai dengan konsep desain yang mereka inginkan. Ada yang mencari furniture bergaya vintage, klasik, rustic, atau minimalis. Jenis furniture yang bisa Kamu jual di antaranya bisa sofa, meja, dan lemari.

  • Buku

Meski saat ini orang sudah bisa membaca buku secara digital. Namun kalangan pecinta buku lebih memilih mencari buku fisik. Mereka akan sengaja mencari buku terbitan lama yang original. Semakin langka suatu judul buku, semakin tinggi harganya. 

  • Kaset dan CD

Tidak jauh berbeda dengan pecinta buku, orang-orang yang menyukai musik juga senang mengoleksi kaset atau CD lawas. Bahkan tak sedikit yang sampai mencari piringan hitam atau vinyl yang masih bisa diputar dan bagus kondisinya. 

Kamu bisa fokus menjual satu jenis produk misalnya hanya pakaian saja atau furnitur saja.  Kamu juga bisa menjajakan beberapa jenis barang dalam satu toko, tapi atur komposisinya. Contohnya Kamu lebih banyak menawarkan pakaian, tapi pembeli juga bisa membeli sepatu dan tas. Atau Kamu menjual buku dan menyediakan sedikit koleksi kaset dan vinyl.


Perbesar Thrift Shop dengan Pinjaman Bunga Rendah di DBS KTA

Supaya bisnis thrift shop semakin besar, Kamu bisa mengajukan pinjaman untuk menambah koleksi barang langka dan merenovasi toko. DBS KTA menawarkan proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat, dengan keuntungan sebagai berikut:

  • Dana pinjaman cair hingga Rp300 juta
  • Atur tenor cicilan hingga 36 bulan
  • Bunga rendah dan flat mulai dari 0,88%
  • Approval pengajuan hanya memakan waktu 3-5 hari kerja

Persyaratan pengajuan juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan e-KTP dan NPWP. Pastikan Kamu berdomisili di Jabodetabek, dengan pendapatan per bulan minimal Rp 5 juta, dan mempunyai kredit di bank lain dengan limit Rp10 juta. 

Cari pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk bisnis thrift shop Kamu, dengan mengajukan pinjaman di DBS KTA. Cek informasi selengkapnya di https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page dan ajukan sekarang.
 

0 Comments