·

Upaya APRIL dalam mendukung Pemerintah Indonesia menuju Green Economy dengan Komitmen dan Target yang Ambisius

green economy

 

Terlepas dari fenomena Covid-19 yang berdampak bukan hanya kesehatan, namun juga mencakup ekonomi dan sosial. Perlahan tapi pasti semua akan ada akhir yang baik atas Ikhtiar yang telah dilakukan.

Fokus berikutnya adalah fenomena Emisi Karbon yang terjadi semakin ekstrim, yang mana emisi karbon saat ini menjadi penyumbang terjadinya Perubahan Iklim serta pemanasan bersamaan dengan emisi Gas Rumah Kaca. Keadaan ini mengkhawatirkan masa depan sebagian besar Negara termasuk Indonesia.

Green Economy yang sejatinya merupakan pengembangan dari suistainable development, pasti dalam pelaksanaan akan ada peluang dan tantangan menuju transisi ke Green Economy. 

Bahwa Peluang nya adalah sudah mulai disadari oleh kelompok masyarakat terkait isu Pemanasan Global dan Perubahan Iklim agar diatasi dan di Mitigasi, jadi ini Peluang Dunia untuk mendesain & mentransformasi ke Green EconomyLalu Tantangan nya adalah menjadi program yang sama, menurunkan emisi CO2 sebesar 29% dengan upaya Sendiri, dan 41% dengan dukungan Dunia.


Jangan tanyakan apa yang Negara berikan Kepadamu, tapi tanyakan apa yang Kamu berikan kepada Negaramu.


Kesadaran yang menjadi peluang tersebut ikut didukung oleh APRIL Group yang merupakan produsen serat terbarukan dan produk berbasis bio yang mengelola hutan tanaman industri dan menjalankan kegiatan manufaktur di Provinsi Riau, Sumatra, Indonesia.

Dalam menuju Green Economy adanya Komitmen dan Sasaran APRIL2030 sebagai visi untuk memenuhi tantangan dekade berikutnya yang terdiri atas 4 Komitmen (Iklim Positif, Lanskap yang Berkembang, Kemajuan Inklusif, dan Pertumbuhan yang Berkelanjutan) dengan 18 target.

APRIL Group telah beralih ke energi bersih dengan memasang panel surya tahap pertama berkapasitas 1 Megawatt di wilayah operasional Pangkalan Kerinci, Indonesia. Yang mana rumah bisa dialiri oleh listrik dari tenaga surya ini sebanyak 500 rumah, tentu saja ini mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan dan sekaligus mendukung Program Pemerintah Indonesia yang berkomitmen meningkatkan proporsi Energi Terbarukan.


EMPAT KOMITMEN APRIL2030

1. Iklim Positif (Climate Positive)

iklim positif


Tindakan terkait iklim positif mencakup mewujudkan nol emisi bersih dari pemanfaatan lahan dengan mengoptimalkan penyerapan dan peyimpanan karbon di berbagai jenis bentang alam termasuk lahan gambut, dan meminimalkan emisi karbon yang berlandaskan ilmu pengetahuan. 

Komitmen ini akan mewujudkan penurunan kadar emisi karbon pada produk serat hingga 25% melalui investasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan sistem operasi, pemenuhan atas 90% kebutuhan energi pada pabrik dan 50% kebutuhan energi pada kegiatan operasional serat dari sumber-sumber energi yang bersih dan terbarukan.

2. Lanskap yang Berkembang (Thriving Landscape)

lanskap yang berkembang


Dimana sebagian besar lanskap APRIL Group sudah berada dalam kondisi terpelihara, terlindungi dan memiliki keanekaragaman hayati sehingga dapat mewujudkan Lanskap yang berkembang. Didukung dengan penanaman sumber daya (investasi) yang dilakukan untuk konservasi lanskap akan didanai dengan penyisihan dana sebesar $1 USD perton serat hutan tanaman industri yang dipanen per tahun.

Kemudian memastikan tidak ada area konservasi dan restorasi yang hilang (zero net loss), mewujudkan capaian hasil positif dalam keanekaragaman hayati, mewujudkan kenaikan 50% dalam produktivitas serat dari perkebunan.

Mendukung perlindungan dan konservasi satwa liar termasuk spesies terancam di Indonesia melalui kemitraan dan kolaborasi, serta mengembangkan ilmu pengetahuan lahan gambut tropis dan berkontribusi pada pengetahuan dan praktik global.

3. Kemajuan Inklusif (Inclusive Progress)

kemajuan inklusif

Dengan melakukan pemberdayaan masyarakat melalui prakarsa transformatif, dibidang Kesehatan, Pendidikan, dan Kesetaraan Gender. Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk menghapuskan kemiskinan ekstrim di masyarakat yang berada di radius 50 km dari wilayah operasional APRIL Group. 

Dibidang Kesehatan dengan meningkatkan akses layanan kesehatan primer bagi desa-desa sasaran di Riau, menurunkan prevalensi tengkes (stunting) hingga 50% pada anak balita. 

Bidang Pendidikan dimana sekolah-sekolah yang di dukung APRIL berhasil mencapai peringkat 10% di atas peringkat PISA nasional dan upaya lainnya mendorong partisipasi efektif perempuan di bidang sosial dan ekonomi serta memberikan kesetaraan peluang untuk pengembangan.

4. Pertumbuhan Berkelanjutan (Sustainable Growth)

pertumbuhan berkelanjutan


Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan efisiensi penggunaan bahan/materi guna mencapai pemulihan bahan-bahan kimia hingga 98% melalui pengolahan dengan pemakaian air yang lebih sedikit per ton produk hingga 25% 

Mengurangi limbah padat yang dibuang ke tempat pembuangan akhir hingga 80%. Yang mana dari pada itu, sasaran utama APRIL Group adalah memanfaatkan 20% limbah tekstil untuk memenuhi pasokan serat selulosa dalam produksi viskosa dengan pemanfaatan kemajuan teknologi.


Alone we can do so little; together we can do so much.” 

- Helen Keller

Komitmen diatas adalah upaya dan sumber daya bagi iklim, alam dan masyarakat. Harapan besar agar terus tumbuh lebih baik dan senantiasa memperhatikan aspek keberlanjutan (Sustainability) dengan konsep Green Economy.


0 Comments