Serunya Nyetir Sendiri Saat Mudik

, , 2 comments

Hai pengendara,

Salam semangat untuk mudik tahun ini, kemana pun kita akan mudik mohon untuk dipersiapkan segalanya agar perjalanan mudik berkah dan teratur hingga sampai ke tujuan. Mudik itu adalah suatu kebiasaan yang sering dilaksanakan oleh masyarakat menjelang lebaran, masyarakat yang mudik adalah masyarakat perantauan, yang jauh dari kampung halaman dan keluarga. Jadi, momen lebaran adalah kesempatan untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi dengan keluarga.

Dalam kalender ada seminggu jadwal libur, itu adalah waktu-waktu yang dijadikan masyarakat untuk mudik, pastilah jalanan akan ramai, bukan hanya jalanan. Tiket pesawat, kereta api juga termasuk yang ramai dicari oleh para pemudik. Nah, bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan sendiri ada beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum mudik.

Bawa kendaraan pribadi saat mudik memiliki keseruan yang berbeda, karena bisa berhenti ditempat yang kita inginkan, bisa mengatur waktu keberangkatan sendiri, dan hanya berisikan keluarga yang akan mudik saja. Bawa kendaraan pribadi maka harus siap dengan supir yang ekstra sigap, dengan ramainya jalanan yang terkadang sulit untuk ditebak, dimana jalanan ini aman tentram, setelah berjalan beberapa menit udah ketemu dengan kemacetan, dan hal-hal yang ditemui saat perjalanan jauh, yang diketahui bahwa jalanan selalu hidup apapun bisa terjadi dan berubah.

Maka dengan begitu, jika perjalanan itu sangat jauh semisal lintas pulau atau butuh waktu 20 jam perjalanan ke kampung halaman, sangat disarankan untuk mempunyai supir pengganti, ataupun senggak-nggaknya ada jeda untuk istirahat agar bersemangat kembali setelah lelah diwaktu sebelumnya. Tukeran nyetir itu sangat dibutuhkan sekali, walau dikata bahwa supir hanya duduk saja sambil kendalikan ini itu, tapi jangan dianggap mudah karena selain mengendalikan tuas-tuas yang ada dimobil. Bahwa supir juga harus teliti dalam mempelajari jalan mulai dari lawan didepan hingga mempelajari tentang keamanan jalan, melihat yang berlubang dan jalan yang bergundukan.

Sangat di anjurkan untuk selalu mengutamakan keselamatan diperjalanan, ketahui situasi kendaraan kita dan sesuaikan dengan keadaan jalan selama mudik, jika mobil yang digunakan rendah maka sebaiknya jangan menghantam gundukan, sebaiknya di injak oleh ban dan strategi lainnya agar mobil tetap prima dan aman.

Ingat, bukan kita aja tapi mereka juga Mudik. Perlu diperhatikan juga bahwa posisikan kita ditempat yang sama, jalan milik bersama jangan main tunggal dan jangan saling mengambil jalan pengendara lain jika itu tidak memungkinkan karena sangat beresiko. Kita mudik untuk bertemu keluarga, mereka menunggu kita disana, jadi berhati-hatilah selama diperjalanan. 

Jika lelah, jangan lupa istirahat. Dan lebih penting lagi kita juga harus memperhatikan body yang bisa lelah diwaktu-waktu tertentu, jika ngantuk maka tidurlah dan jika sudah capek maka beristirahatlah. Ada jam-jam dimana supir sudah tidak sanggup lagi menyetir, cerita sedikit bahwa saya masih mampu nyetir selama 3 jam diperjalanan, diluar dari waktu itu saya belum berpengalaman. Maka pelajari kesanggupan kamu dalam menyetir, dan jika sudah habis baterai maka isilah terlebih dahulu, baru melanjutkan. Selamat Mudik 2017!

 ©Pekanbaru, 20 Juni 2017 @Cicajoli  

2 comments:

  1. Artikelnya bagus Bu cuman judul yang paling tepat menurut saya malah "Tips seru menyetir mobil saat Mudik". Karena pas baca judul artikel ini, saya berharap isinya tentang pengalaman seru Ibu menyetir sendiri. Tapi ternyata malah crita itu sedikit saja di bagian akhir artikel. Mohon maaf jangan tersinggung ya Bu. Saya betul-betul gak berniat kesitu :)

    ReplyDelete
  2. Selamat mudik! titi dj yaaaaak :D

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.