Mobil Matic Indonesia Punya Stir Di Kiri ?!

, , No Comments

Kamulah makhluk Tuhan, yang paling seksiih. Cuma kamu yang bisaa membuatku terus begini.. *backsound selagi nulis postingan ini, haha..

Dan, saya akan cerita tentang personal experience selama mengendarai mobil matic, ada apa dengan mobil matic? Iya, mobil matic merupakan salah satu jenis mobil yang ada di setiap negara. Selain manual, matic memberikan kemudahan kepada pengendaranya. Diketahui bahwa mobil matic hanya memiliki 2 tools, yakni pedal rem dan pedal gas. Sistem kaki nya juga berbeda, hanya dengan satu kaki saja yaitu kaki kanan untuk menggunakan kedua tools tersebut.

Sebenarnya bisa saja menggunakan kedua kaki, tetapi sangat beresiko. Resikonya adalah ketika seharusnya pijak rem ternyata kaki kiri kita malah pijak gas, dan itu sangat berdampak buruk jika ada kendaraan didepan kita. Para ahli kendaraan menyarankan untuk menggunakan satu kaki saja dalam mengendarai mobil matic, dan itu sangat mudah di aplikasikan, serta akan terbiasa nantinya.

Penjelasan mobil matic serta resikonya sudah saya ulas sedikit diatas, dan sekarang saya akan membahas tentang serunya posisi stir kiri pada mobil matic. Nah, sepengetahuan saya bahwa mobil yang ada diseluruh dunia tidak semua sama dalam hal posisi stir. Di Indonesia posisi stir berada di bagian kanan sedangkan di Amerika posisi stir berada di bagian kiri. Alasannya kenapa?

35% Negara saja yang posisi stir nya berada dikanan, sedangkan 65% negara lainnya memposisikan stir mobil di bagian kiri. Itu terjadi karena faktor sejarah, yang bisa saya simpulkan bahwa negara Indonesia adalah negara jajahan Belanda, dan peraturan belanda masih berjaya di negara kita, termasuk pengaturan posisi stir pada mobil. Selain sejarah, diketahui bahwa mobil yang dipake oleh orang Indonesia adalah mobil buatan Jepang. Dan dua negara tersebut sama-sama memposisikan stir mobil di bagian kanan. ( klik disini )

Hanya sekedar menambah pengetahuan tentang alasan posisi stir di bagian kanan. Sekarang saya akan membahas 65% negara yang memiliki posisi stir dibagian kiri. Mereka akan merasakan nikmatnya berkendara dengan posisi stir di bagian kiri, bagi mereka pengendara mobil matic. Berdasarkan pengalaman dan riset kecil-kecilan yang saya amati, bahwa hasil riset tersebut sebagai berikut :
  1. Pengendara mobil matic yang stir nya kiri, maka kaki kiri yang tidak digunakan akan bisa dinaikkan ke atas kursi, atau bahasa lainnya disandarkan jika sudah lelah berdiam dibawah, sedangkan mobil matic yang stirnya kanan, maka kaki kiri akan diam ditempat saja;
  2. Pengendara mobil matic yang stir nya kiri, maka tangan kanan nya yang akan aktif bekerja untuk memindahkan tuas-tuas, sedangkan mobil matic yang stirnya kanan, maka tangan kiri yang akan aktif memindahkan tuas-tuas;
  3. ....

Dan hasilnya akan berbeda jika kamu pernah mengendarai mobil matic yang posisi stirnya di kanan maupun posisi stirnya di kiri, punya pengalaman ? kamu bisa sharing di kolom komentar yang tersedia dibawah. Terima kasih :)

 ©Pekanbaru, 30 Mei 2017 @Cicajoli  

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.