“Visit Tidore Island – Serba Serbi Tidore Dalam Sajian Rumah Makan”

, , 9 comments
Food is our common ground a universal experience -James Beard-
Setuju dengan James, dengan begitu mari kita Visit Tidore Island! Kota Tidore Kepulauan dengan visi yaitu terwujudnya kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai kota jasa berbasis agro-marine. Agro marine yaitu percepatan dan mengoptimalkan pembangunan dan percepatan pemanfaatan sumber daya potensial dan unggulan didarat maupun dilaut yang meliputi sektor perikanan, perhubungan, pariwisata, pertanian (pangan dan holtikultura, perkebunan dan peternakan) untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Tidore dapat diciptakan dengan meningkatkan potensi-potensi daerah, seperti potensi ekonomi, budaya, wisata dan wisata sejarah. Karena setiap daerah yang ada di Indonesia akan melakukan hal yang sama, berusaha memperkenalkan dan mempopulerkan potensi-potensi daerah dengan menampilkan ciri khas dari potensi tersebut.

Potensi di bidang wisata misalnya, dengan menampilkan ragam kuliner dan rempah asli daerah, musik dan lagu tradisional, pakaian adat dan tarian daerah, barang-barang kerajinan daerah, kain batik, foto dan video tentang alam, hingga sejarah dan budaya daerah. Penampilan potensi dilakukan dengan promosi seperti adanya pameran serta dengan penggunaan teknologi.

Karena dengan seiring berkembangnya zaman, zaman dimana teknologi lebih up to date ketimbang melalui mulut kemulut. Maka semakin mudah Kota Tidore Kepulauan memperkenalkan potensi-potensi yang selama ini belum diketahui oleh orang banyak diluar sana, betapa indah nya Tidore Kepulauan dengan apa yang dimilikinya. Oleh karena itu, biarkan terknologi menjalankan tugasnya dan mulut dimaksimalkan ke rasa, merasakan makanan yang lezat dari suatu kota yang bernama Tidore Kepulauan.

Nah, ada beberapa menu makanan enak yang akan ditemui saat berkunjung ke Rumah Makan di Tidore dan wajib dicoba. Akan saya uraikan beberapa diantaranya, sebagai berikut :
  • Pupeda
Pupeda, pict by Arh
Pupeda adalah makanan sejenis bubur yang terbuat dari sagu dengan rasa yang tawar, Pupede yang ber-tekstur kental dan licin ini menjadi makanan pengganti nasi bagi masyarakat Tidore. Pupeda dikuahkan dengan ikan kuah kuning. Cara makan Pupeda dengan menggunakan tangan dan/atau sumpit, lalu di seruput kuahnya. Pupeda itu terbuat dari tepung sagu yang di campur air panas, tapi sekarang ada juga Pupeda yang terbuat dari kanji kasbi.
  • Gohu Ikan

Gohu Ikan adalah makanan enak dan sehat berbahan dasar ikan Tuna atau Cakalang mentah. Gohu Ikan paling cocok dimakan dengan rebus kasbi atau rebus pisang mulubebe, ditambah sayur garu dan gudangan. Gohu Ikan adalah Sashimi-nya Tidore, karena dimasak setengah mateng. Membuat Gohu Ikan sangatlah sederhana namun memiliki citarasa yang enak dan unik. Rasa asam segar, gurih dan sedikit manis bercampur dengan kenyalnya daging ikan Tuna atau Cakalang yang segar. Makanan menyehatkan ini menjadi makanan pendamping ketika menikmati Pupeda atau bubur sagu.
  • Sayur Garu dan Gudangan
Sayur Garu dan Gudangan, pict by Arh
Sayur Garu namanya, sejenis tumisan sayur campur yang dimasak sebagai pelengkap Pupeda, Gohu Ikan dan Kasbi/Singkong. Sayur Garu yang terlihat sederhana ini menjadi pelengkap makanan yang wajib disajikan. Sayur Garu adalah makanan yang sehat, dimasak dengan campuran beberapa sayuran, terdiri dari Jantung pisang, daun ubi, dan daun Pepaya. Sayuran campur yang ditumis ini memiliki citarasa khas Tidore, yang mewakili Kuliner Indonesia wajib dicoba. Sayur Garu yang hanya sebagai pelengkap makanan mempunyai peran dalam menjaga keseimbangan kenikmatan makanan utama. 
  • Kasbi/Singkong
Kasbi, pict by Arh
Kasbi/Singkong, makanan yang sangat mudah dibuat, hanya di kukus hingga lunak. Makanan yang akan ditemui jika berkunjung ke salah satu rumah makan yang ada di Tidore. Kasbi/Singkong cocok dimakan dengan Gudangan dan juga Sayur Garu. Makanan tanpa minyak dan tentunya menyehatkan.

Hidangan Rumah Makan di Tidore, pict by Arh
Mengingat posisi geografis Tidore sebagai wilayah kepulauan dikelilingi oleh lautan, namun masih menjadi satu wilayah dengan Maluku Utara. Wilayah kepulauan sarat akan TOMA LOA SE BANARI yang bermakna keberkatan, keselamatan, dan ke­hormatan. Untuk meraihnya, masyarakat harus men­jujung tinggi nilai keadilan dan kebenaran. Semoga dengan makna tersebut, semua potensi yang dimiliki Kota Tidore Kepulauan, khususnya bidang kuliner dapat mewakili Tidore Untuk Indonesia di ajang-ajang Internasional. 

Jadi jika ditanya, Apa makanan Indonesia yang paling ngangenin ? Maka jawaban nya adalah Pupeda, atau Gohu Ikan, tidak lagi sate ataupun bakso saja.




 Sampai bertemu, Tidore...

9 comments:

  1. Waow kulinernya bikin laper, pasti rasanya khas banget ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener! Kuliner Tidore rasanya khas semua ^_^

      Delete
  2. Pupeda ini mirip2 kapurung kalo di Makassar. Enaaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mau cobain Kapurung juga kalo gitu mba hehe..

      Delete
  3. Saya jadi pengen nyoba semuanya kak. Sepertinya enaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih sama dong aku juga. Iya kata temenku enak juga :D

      Delete
  4. tadi baca blognya mba amanda ttg papeda... di tidore pupeda yaa.. tp cuma beda nama doang kan ya mba? sbnrnya sama kan ini... penasaran bgt soalnya ama rasa pupeda... ga kebayang aja makan nya :D

    ReplyDelete
  5. Kenapa kalau makanan selalu bikin ngiler walaupun itu makanan khas daerah,pengen saya mba.

    ReplyDelete
  6. Namanya yg bener Papeda apa Pupeda ya? Trus beda dengan yg Papeda yg di Ambon apa? Enak kali ya dimakan sama gulai ikan hehe :D

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.