Show Time, Peluncuran Satelit Telkom 3S.

, , No Comments
Telkom Indonesia selama 40 tahun telah berada di garis depan dalam dunia komunikasi satelit di Indonesia. Walaupun selama itu, kondisi saat ini masih ada dua pertiga wilayah di Indonesia yang belum terjangkau sistem komunikasi terestrial. Maka adanya peluncuran Satelit Telkom 3S sebagai solusi agar semua daerah dapat merasakan komunikasi yang layak.
Source: Internet
Lokasi peluncuran di Guiana Space Center, Kourou, Guiana Perancis. Kenapa jauh sekali? Karena lokasinya sangat cocok sebagai lokasi pelabuhan antariksa yang letaknya dekat dengan khatulistiwa, dan peluncuran sering dilakukan didekat perairan. Satelit Telkom 3S akan diluncurkan pada hari Rabu, 15 Februari 2017 pukul 04.39 wib. 

Untuk masa aktifnya 15 tahun terhitung sejak waktu peluncuran. Satelit Telkom 3S (Satelit LAPAN A2/ORARI), yaitu satelit komunikasi geostasioner milik Telkom Indonesia. Ditempatkan pada posisi diatas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi. Satelit Telkom 3S dirancang untuk dapat melayani siaran televisi berkualitas tinggi, layanan komunikasi seluler serta broadband internet yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. 

Untuk melihat peluncuran Satelit Telkom 3S, akan mengukir sejarah baru bisa live streaming di (klik disini). Selagi menunggu waktu peluncuran, memohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar Satelit Telkom 3S dapat diluncurkan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, hingga pada akhirnya berada di orbit diatas Indonesia dan segera berfungsi sebagaimana mestinya untuk memberikan layanan telekomunikasi yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

4 Tahapan peluncuran Satelit Telkom 3S, sebagai berikut :
  1. Tahap satu menggunakan tenaga solid booster, dua roket lebih kecil yang ada dikiri dan kanan. Tahap ini akan membawa satelit sampai ketinggian 70 km selama lebih kurang 2 menit.
  2. Tahap kedua menggunakan roket main stage, tabung tengah besar, membawa sampai ketinggian 200 km kurang lebih menit ke-8. Dari sini trajectory roket sudah tidak vertikal lagi tetapi mulai membentuk elipse.
  3. Tahap ketiga menggunakan roket upper stage sebagai roket peluncur yang terakhir sampai dimenit ke-27 dan dilanjutkan dengan separasi satelit. Satelit Sky Brazil yang berada di deck atas akan dilepas lebih dulu, sekitar 10 menit setelahnya baru Telkom 3S yang berada di deck bawah dilepas. 
  4. Selanjutnya dengan menggunakan roket di dirinya sendiri, Telkom 3S dan Sky Brazil akan meneruskan perjalanannya menuju ke orbitnya (read: Tahapan peluncuran T3S). Namun sebelum menuju orbit, satelit Telkom 3S akan transit di slot 135.5 BT untuk pengetesan transponder C-Band. Di transit slot diperkirakan selama 10 hari, setelah itu ke 118 BT untuk tes transponder KU-Band.
Setelah baca setiap tahapan peluncuran Satelit Telkom 3S, saya teringat film Interstellar yang pernah ditonton dan flashback cara kerja peluncuran roket yang membawa manusia #JelajahAngkasa. Woh!

Referensi : indotelko.com

©Pekanbaru, 13 Februari 2017 @Cicajoli

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.