Kuliah sesingkat - singkatnya

, , No Comments
Masa kuliah adalah masa dimana seseorang mulai berani keluar dari zona nyaman dan masuk ke zona persaingan. Masa kuliah dituntut untuk lebih mandiri, dulu ada guru yang handle semuanya, sekarang berubah jadi kita yang urus ini-itu sendiri, harus lebih aktif cari informasi. Di ibaratkan, "dulu kita disuapin, sekarang kita makan sendiri".
kampus
Kuliah itu harus banyak yang diketahui, ada beberapa poin yang pernah dibahas tentang Tips Agar Tugas Akhir Kelar. Dan selain itu saya bahas Pertama, tentang SKS (Satuan Kredit Semester) yang akan diambil, mata kuliah apa aja yang wajib dan apa aja mata kuliah pilihan. Ini sangat penting karena setiap semester akan menyajikan beberapa mata kulih wajib untuk diambil dan jika salah ambil mata kuliah maka akan ribet proses penyelesaiannya, disarankan untuk bertanya dan wajib membaca buku pedoman fakultas. KeduaPeduli dengan jam-jam kuliah karena bukan lagi masuk jam 07.00 pulang jam 14.00 wib layaknya sekolah menengah atas. Di kampus waktu nya disesuaikan dengan mata kuliah, jadi jangan telat menghadiri setiap kelas. KetigaSaat dikelas harus fokus mendengarkan materi yang disampaikan dosen, tugas-tugas kampus harus diselesaikan sesuai target waktu. Keempat, memilih teman yang tidak hanya mikirin ke kantin dan jalan-jalan karena keimanan seseorang susah ditebak.

Selain itu, mahasiswa wajib tahu tentang sistem sks seperti apa. Seperti jumlah sks yang sudah diambil dan sudah diselesaikan, serta mengetahui jumlah sks yang belum diambil. Disini butuh keahlian mengatur sisa sks yang belum diambil, caranya usahakan agar sks tidak kurang dari beban maksimal sks di setiap semester. Triknya harus fokus dengan IP yang diraih, karena jika IP kurang dari 3 maka beban maksimal sks akan berbeda dengan IP diatas 3.

Untuk mendapat IP diatas 3 ada trik yang bisa dilakukan. Bahwa dalam kuliah ada 4 penilaian yakni nilai kehadiran (10%), tugas (20%), UTS (Ujian Tengah Semester) (30%) dan UAS (Ujian Akhir Semester) (40%). Dari 4 sumber nilai tersebut maka mahasiswa harus bisa mendapatkan nilai yang baik, minimal nilai standar. Dengan begitu, nilai untuk satu mata kuliah tidak akan mengulang.

Selain tentang nilai mata kuliah, di perkuliahan mengenal pengabdian masyarakat atau sering di sebut Kuliah Kerja Nyata. Setiap perguruan tinggi negeri akan mewajibkan mahasiswanya untuk mengambil mata kuliah kerja nyata tersebut. Kuliah kerja nyata dilakukan menjelang semester 7, saat libur semester selama 2 bulan.

Dan mahasiswa juga harus mengetahui kapan bisa mengajukan judul tugas akhir, syarat-syarat mengajukan tugas akhir, mendapatkan dosen pembimbing, lakukan bimbingan yang efisien dan efektif, mendapatkan jadwal sempro, saat bimbingan skripsi, syarat-syarat mendaftar skripsi dan hal-hal lain yang harus di lakukan agar mahasiswa dinyatakan lulus. 

Dalam pengerjaan tugas akhir, jangan terlena oleh waktu karena saat-saat inilah mahasiswa sering terkendala, dengan alasan belum dapat judul, tidak semangat dalam pengerjaan dan alasan lainnya. Saran, carilah teman yang punya target sama karena bisa saling mendukung.  

Poin lainnya, selain sopan dengan dosen, mahasiswa juga harus sopan dan jalin komunikasi yang baik dengan pegawai dan staf yang ada dikampus, karena sangat bermanfaat untuk pengurusan administrasi mulai dari awal kuliah, menjelang ujian skripsi dan pengurusan setelah lulus.

Kuliah sesingkat-singkatnya adalah hak setiap mahasiswa, jika itu pilihan baik buat kamu maka jangan sia-siakan kesempatan yang ada, karena selain mengurangi tanggungan orangtua kamu juga telah selangkah di depan daripada teman-teman kamu yang belum selesai. Selamat melaksanakan pilihan baik berikutnya!


©Pekanbaru, 01 Februari 2017 @Cicajoli

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.