Your Wheelchair in Airport

, , No Comments
Pengalaman pertama selama datang ke Bandara yaitu membawa penumpang lansia (lanjut usia). Selama ini kalo ke bandara, main nya santai aja, nggak mikir prosedur yang beda dengan penumpang lain, cuma fokus dengan tata cara agar bisa naik ke pesawat. Tapi kesempatan ke bandara kali ini berbeda, beda nya di sistem penumpang khusus. Untuk sekedar berbagi pengalaman tentang fasilitas bagi penumpang yang mendapat perhatian khusus, kategori seperti penumpang disabilitas, lansia dll. Penumpang akan mendapat fasilitas seperti kursi roda (Wheelchair) yang tersedia di bandara, serta adanya petugas yang membantu untuk mendorong hingga ke dalam pesawat. 

Permohonan Wheelchair di Sultan Syarif Qasim II Pekanbaru dengan (1) memberitahukan kepada petugas bahwa membutuhkan Wheelchair, terdapat di pintu kedatangan. Akan diantar keatas, dan (2) lakukan check in dengan memberikan code ticket dan akan diberikan Surat Pernyataan Penumpang Sakit yang di tandatangan, selanjutnya (3) pihak maskapai akan menghadirkan Wheelchair beserta petugas, (4) dibawa menggunakan lift hingga ke waiting room, penumpang tetap melakukan pemeriksaan keamanan (5) penumpang masuk ke pesawat (petugas akan menunggu di waiting room jika pesawat belum ready) Bagi penumpang yang mendapat perhatian khusus didahulukan masuk ke pesawat dan mendapat kursi didepan, antara kursi tiga dan kursi empat. Selanjutnya permohonan Wheelchair di Kualanamu Medan, tidak jauh berbeda dari bandara sebelumnya, hanya saja di Kualanamu belum memiliki Wheelchair di bagian depan kedatangan, untuk mendapatkan Wheelchair penumpang harus lakukan check in, dan saat check in laporkan ke petugas bahwa butuh Wheelchair. Beberapa menit kemudian petugas beserta Wheelchair akan datang dan akan membantu hingga penumpang duduk di kursi pesawat.

Nah itu dia tentang permohonan Wheelchair untuk penumpang khusus bandara, dan informasi juga bahwa permohonan Wheelchair di setiap maskapai berbeda-beda sistemnya, ada yang free dan ada yang dikenakan cash, untuk maskapai yang saya pilih yaitu NAM Air, maskapai ini memberikan free penggunaan Wheelchair. Saran saya jika membutuhkan Wheelchair di bandara maka tanyakan dan pastikan lagi tentang prosedur dalam pengajuan Wheelchair, dapat ditanyakan di bandara ataupun saat membeli ticket offline, agar tidak bingung saat di bandara.

Jadi, fasilitas di bandara harus diketahui oleh penumpang, agar mengerti dan dapat menggunakan fasilitas bandara sesuai kebutuhan. Karena sepengalaman saya tentang Wheelchair pihak bandara yakni petugasnya ramah dan sangat membantu, dan bandara juga tidak diskriminasi dengan penumpang. Selesai

©Pekanbaru, 19 Desember 2016 @Cicajoli

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.