SEMANGKOK COTO MAKASSAR ALA MAHASISWA PEKANBARU

, , 3 comments
cicajoli

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa". Coto Makassar sudah menyebar ke seluruh daerah di Indonesia, salah satunya kota Pekanbaru. Terdapat beberapa tempat yang sudah menyediakan menu Coto Makassar dan dapat dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru, tidak perlu jauh – jauh ke Makassar sana.

Tiga Mahasiswa berkunjung dan menyantap Coto Makassar yang berada di Jalan Jend. Sudirman Pekanbaru, berada di bawah Fly Over Harapan Raya. Siang yang terik dan berkeringat sampailah tiga mahasiswa didepan lokasi tujuan, menentukan posisi duduk dan didatangi oleh abang berbaju Batik.

Tiga mahasiswa tersebut memilih menu yang sama, yaitu Coto Makassar. Satu campur dan dua hanya daging saja, dengan tambahan nasi panas, air putih hangat dan lontong sebagai percobaan rasa.

Coto Makassar dicampur dengan cabe pedas, dimakan dengan nasi putih panas. Setelah nasi habis, Coto Makassar yang masih ada dicampur dengan lontong. Kenapa lontong? Karena di meja tersedia lontong, untuk menjawab penasaran rasa maka dicobalah makan Coto Makassar dengan lontong. Dan bagaimana rasanya? “Sama saja, hanya bentuk nya aja berupa lontong, dan lebih padet, menurut salah satu mahasiswa.”

Setelah beberapa menit berlalu, semua hidangan habis dimakan. Tetapi tiga mahasiswa masih penasaran dengan Es Palu Butung, gegara belum satu pun dari tiga mahasiswa itu yang pernah mencoba minuman tersebut.

Sebelum memesan, salah satu dari mahasiswa bertanya kepada waiter tentang isi dari Es Palu Butung. “Isinya ada pisang dan bubur sum-sum, harga per-mangkok 20 ribu, dia menginformasikan.” Akhirnya pemesanan es dibatalkan akibat harga tidak sesuai dengan yang diharapkan.
cicajoli

cicajoli

Tiga mahasiswa tersebut melakukan pembayaran dengan rincian sebagai berikut :
  • Cica : Coto Makassar, nasi putih, satu lontong idr 37k
  • Arfan : Coto Makassar, nasi putih idr 35k
  • Agung : Coto Makassar, nasi putih, satu lontong dan sebungkus kerupuk idr 39k
Shock mendadak dengan apa yang telah terjadi, ditutup dengan tawa dan kembali ke kampus untuk menghadiri jadwal perkuliahan berikutnya. 

Snapchat : cicajoli | untuk melihat suasana tempat Coto Makassar.

©Pekanbaru, 30 April 2016 @Cicajoli 

3 comments:

  1. nama warungnya apa mbak??sedap ya...

    ReplyDelete

  2. wow enak banget kayaknya! Indonesia memang penuh dengan masakan lezat yang beraneka rasa. cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.