PEREMPUAN GRAPHIC DESIGNER/ILLUSTRATOR

, , No Comments
Ingin mendapatkan tool dan tutorial pemrograman gratis? Kunjungi Intel Developer Zone http://sh.teknojurnal.com/witidz
Ilustrasi
Di zaman serba-serbi teknologi saat ini, semuanya bisa selesai dengan menggunakan alat-alat canggih yang dirancang dengan tujuan untuk mempermudah gerak seseorang dalam satu waktu dan bekerja dengan hanya perintah. Dengan teknologi saya dapat bertemu teman lama, dan itu hanya salah satu dari berjuta-juta keuntungan lainnya. Spesial buat wanita, perempuan- perempuan masa kini yang tidak hanya dirumah mengurus anak, misalnya.

Akan tetapi, teknologi sangat membantu tugas-tugas para perempuan dibelahan mana pun ia berada. Teknologi yang baik adalah teknologi yang bersifat mendukung, dimana dengan adanya teknologi dapat meringankan pekerjaan seseorang. Seperti halnya seorang Graphic Designer/Illustrator dalam bekerja yaitu menggambar sketsa kasar untuk persetujuan, dan selanjutnya memproduksi ilustrasi akhir.

Saya tahu bahwa bekerja sebagai Graphic Designer/Illustrator bukan hanya dituntut untuk kreatif, memiliki ide yang orang lain belum tentu sedang memikirkannya, tetapi juga harus memiliki keterampilan artistik. Dari itulah seorang illustrator akan menghasilkan karya yang luar biasa, karena dia menciptakan bukan mengikuti apa yang sudah ada.

Selain kreatif, ide dan keterampilan arsitek illustrator juga harus memiliki alat-alat pendukung kegiatannya seperti pensil dan seperangkatnya. Dan sekarang sudah jarang digunakan karena illustrator sudah diberi kemudahan untuk menggambar yaitu adanya alat yang bekerja dengan komputer, terdapat berbagai tools dengan fungsinya masing-masing. Nah untuk bisa menguasai tool-tool yang ada di app pendukung, illustator harus rajin belajar tentang tool dan tutorial pemograman.

Karena dengan begitu, akan dapat menggambar sesuai yang di inginkan customer agar saya mendapat kepercayaan untuk orderan selanjutnya. Saya juga harus memiliki keterampilan komunikasi, mampu mengerti apa yang dibutuhkan customer dan bekerja untuk waktu yang disepakati.

Dengan mempublikasikan hasil karya kepada orang banyak, semisal untuk order  menggambar hiasan bunga yang disematkan quote motivasi, maka karya tersebut termasuk teknologi informasi yang sudah berdaya guna, dan berhasil guna.

Selain quote, Ilustrator juga menghasilkan gambar yang digunakan dalam iklan, buku, majalah, kemasan, kartu ucapan, surat kabar dan sebagai hadiah. Yang mana dengan karya tersebut dapat menarik pembaca untuk membaca atau membelinya.

Yang sering mendapatkan order adalah membuat pop up art, dimana kegiatan ini mendesain foto-foto yang dikirim oleh customer untuk tema tertentu, tema sendiri customer lah yang akan menentukan. Setelah diberitahu tema, maka mulai proses pengerjaan. Dalam pengerjaan ini tidak bisa selesai sehari, karena terkadang mood tidak baik. Yang sejatinya sangat semangat dalam mengerjakan tetapi mentok dalam kreatifitas maupun ide. 

Selanjutnya menemukan gambar yang menjadi tema, lalu diatur sedemikian rapi hingga tidak terlihat lagi editan nya. Seperti penyatuan kepala dengan baju tema serta pernak-pernik lainnya, itu semua harus dapat terlihat menarik dan elegan. Setelah menyelesaikan gambar kasar, saya akan kirimkan hasilnya kepada customer untuk mendapatkan persetujuan bahwa seperti itulah gambar yang akan di cetak dan di pasangkan bingkai.

“bagus Mba, saya suka ia seperti itu.”

Jawaban diatas adalah kunci saya untuk melakukan pengerjaan selanjutnya, yaitu memproduksi hasil gambar ke percetakan. Setelah dicetak, dilakukan pengguntingan sesuai pola dan ini sering dibantu oleh assisten. Hasil guntingan itulah yang selanjutnya di desain di dalam bingkai sesuai ukuran dan  warna bingkai nya sudah dipilih sendiri oleh customer.

Selesai tahap terakhir, hasil karya siap di packing dan dianterkan sesuai lokasi yang ditentukan customer atau bisa juga langsung datang ke studio. Bukan hanya dari dalam kota tetapi sudah banyak customer dari luar kota yang order pop up art ini. Alhamdulillah...

Dengan teknologi yang semakin canggih, para illustrator harus semakin bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan karya. Selain itu illustrator juga harus mempunyai keterampilan promosi agar semakin banyak peminat dari karya yang dihasilkan. Teknologi informasi akan bermanfaat jika seseorang dapat menggunakan nya dengan bijak, jangan menyalahgunakan, kau ajarkan saja dia untuk bekerja sama dalam pekerjaan mu.



©Pekanbaru, 18 April 2016 @Cicajoli  

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.