PARIWISATA KE PANTAI RUBIAH, PULAU BERSEJARAH KEPUNYAAN ACEH.

, , 2 comments
Pariwisata Aceh

Pernah ke Pantai? Tentu pernah dong. Pantai yang bagaimana? Ya Pantai dengan pemandangan indah, terdapat sampan nelayan, ada nya gajebo-gajebo buat nyantai dan tentunya ada penginapan. Ini saya, saya belum pernah mendatangi pantai yang termasuk sepi, sepi disini bukan wisatawan tetapi fasilitas pendukung. Seperti Pantai Rubiah yang merupakan Pulau bersejarah yang tidak berpenghuni, dan termasuk bagian dari kota Sabang. Pulau Rubiah memiliki luas sekitar 0,357 km2 dan merupakan Pulau paling Utara di Indonesia.

Pulau yang berada di sebeleh barat kota Sabang, memiliki jarak kurang lebih 23,5 km dari kota Sabang atau sekitar 350 m dari Pantai Iboih. Pemberian nama Rubiah pada obyek wisata ini diambil dari nama seorang perempuan yaitu Cut Nyak Rubiah yang makamnya juga terdapat di Pulau ini.

Pesona taman laut di Pulau Rubiah yang menakjubkan, membuat tempat ini disebut sebagai surganya kerajaan laut. Kegiatan diving dan snorkeling di perairan Pulau Rubiah tidak akan mengecewakan setiap wisatawan yang melakukan olahraga air tersebut. Pengunjung juga tidak perlu khawatir tentang perlengkapan untuk kegiatan, karena di Pulau Rubiah terlah menyediakan peralatan yang bisa pengunjung sewa.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan jasa untuk menyewa perahu. Dimana di bagian bawah perahu terdapat kotak kaca yang cukup bening. Pengunjung dapat melihat keindahan surga taman laut diperairan Pulau Rubiah dari atas perahu, melihat kepe-kepe, botana biru, angel fish yang menggemaskan pengen nyentuh serta dapat menyaksikan terumbu karang, bintang laut  dan lainnya.  
PesonaBahariSabang

PesonaBahariSabang

Saat pengunjung datang pada hari pantangan, maka tidak bisa melakukan aktivitas tersebut. Dikarenakan pada hari itu ombak sangat tinggi dan semua pengunjung dilarang untuk memasuki pantai kecuali dipinggiran pantai saja. Pinggiran laut juga memiliki keseruan lain. Karena pengunjung dapat merasakan lembutnya pasir pantai yang berkilauan karena cahaya matahari serta pemandangan warna air yang biru kehijauan.
PesonaBahariSabang

Tidak mengecewakan bukan? Pantai yang dijadikan aktivitas tranplantasi karang ini, memiliki pesona wisata bahari yang tidak mungkin saya lewatkan jika berkesempatan untuk bertamu ke Pantai Rubiah. J

Sabang Marine Blogging Competition diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Badan Pengembangan Kawasan Sabang (BPKS), dan Pemerintah Kota Sabang.
©Pekanbaru, 22 April 2016 @Cicajoli  

2 comments:

  1. Waw pantainya keren sekali, sangat indah bersih dan tidak ada sampah yang berserakan jadi bakalan betah lama2 nih mbak kalo main ke pantai ini :))
    Mbak kepe-kepe itu apa ya mbak ?

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang destinasi wisata indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.