·

CITA RASA GUDEG JOGJA PAWON SIMBOK

Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta, Gudeg (ejaan bahasa Jawa: gudheg) adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampungtelur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ketika berkunjung kesana kamu akan mudah mendapatkan nya. Dan yang first time makan Gudeg asli maka akan aneh dengan semua lauk, karena sebagian besar memiliki rasa yang manis. Semisal nangka dan jarang ada yang pedas dalam satu piring hidang. Cita Rasa Gudeng Jogja di Kota Pekanbaru juga tidak jauh berbeda dengan di daerah aslinya.

Gudeg tergolong makanan murah di Yogyakarta, tetapi tidak sama dengan di Pekanbaru. Harga sepiring Gudeg bisa 12k – 15k tergantung dengan kesesuaian isi.

Mampirlah saya dan adik ke Gudeg Jogja Simbok yang berada di Jalan Paus Nomor 100 D Pekanbaru, bangunannya berada ditepi Jalan, berupa Ruko dan mudah untuk ditemukan. Sesampainya saya dan adik disana belum ramai pengunjung, jadi saya dan adik masih mendapatkan full service.

Ditempat ini sudah tersedia maklumat serta keterangan harga, yang sesuai dengan kriteria dalam keterbukaan informasi publik. Diberi waktu untuk melihat – lihat menu dan selanjutnya memesan sesuai pilihan. Dan siang itu saya memilih Gudeg Telur di ikuti juga oleh adik saya. Selain makanan saya juga mesan wedang jahe gula merah serta seporsi tahu tempe bacem. Tersedia juga kerupuk dengan beberapa variasi seperti kerupuk nasi, peyek kacang dan kerupuk putih.

Untuk keseluruhan saya sangat menikmati hidangan, manis nya sesuai dan harga dengan porsi seimbang. Jika kamu belum pernah makan Gudeg sebelumnya maka akan terkejut dengan rasanya, tetapi ada juga yang tidak mempermasalahkan rasa yang dimiliki oleh Gudeg tersebut. 




Uraian harga dan apa yang dipesan sebagai berikut :
  • Gudeg Telur 12k
  • Kerupuk Nasi 3k
  • Wedang Jahe 5k
  • Tempe Bacem 1,5k
  • Tahu Bacem 1,5k


©Pekanbaru, 28 April 2016 @Cicajoli  

0 Comments