WAJIB PAJAK HARUS MENGETAHUI TATA CARA PEMBAYARAN.

, , No Comments
cicajoli

Pernah menemukan pemilik kendaran, menyuruh orang lain untuk mengurusi pembayaran pajak kendaraan. Dengan berbagai alasan semisal sibuk, ini dan itu dsb. Kalau dilihat dari lapangan, seorang yang hendak membayar pajak membutuhkan waktu 1 jam untuk menyelesaikan semuanya. Ada di setiap loket yang mandet mengakibatkan untuk melanjutkan ke loket selanjutnya jadi lama, disimpulkan bahwa pelayanan publik untuk ketepatan waktu belum maksimal, butuh perhatian agar loket lebih diperbanyak, karena tidak sesuai jumlah loket dengan orang datang setiap hari ke kantor Samsat kota Pekanbaru.

Dan pagi ini sekitar pukul 10.00 wib saya berada di Kantor Samsat kota Pekanbaru, Jalan Gadjah Mada. Saya mengalami kesulitan menemukan lahan parkir, semuanya penuh hingga memutuskan memarkirkan si putih di lahan depan. Jalanan berair karena dari subuh hujan turun dikota ini.

Sudah ramai dan terlihat banyak calon pembayar yang menunggu di tempat Foto copy, sesampainya saya dilokasi foto copy, langsung saja saya letakkan stnk & lembar pajak, ktp dan bpkb asli didalam keranjang yang tersedia dan saya tidak mengatakan berapa rangkap yang harus di foto copy, gegara petugas sudah mengetahui yang dibutuhkan untuk dibawa ke dalam.
cicajoli

Jika ingin mem-foto copy diluar, syarat sebagai berikut :
  1. Stnk asli
  2. Pajak asli dan foto copy 1 rangkap
  3. Ktp dan foto copy 1 rangkap
  4. Bpkb 1 rangkap (foto copy lembar identitas pemilik, dan identitas kendaraan )
Setelah semuanya disatukan, kemudian bawalah berkas kedalam dan berikan kepada petugas di loket 1 (pengambilan formulir) dan tunggu nama dipanggil.
cicajoli

Yang dilakukan berikutnya mengambil no antrian yang mesinnya berada di dekat pintu masuk, katakan kepada petugas akan membayar pajak 1 tahun, maka akan diberikan karcis antrian. Setelah itu lihatlah layar monitor hingga nomor antrian muncul.
cicajoli

Akan diarahkan ke loket Pengesahan, antara loket 1 dan loket 2. Berikan kepada petugas berkas yang ditangan, dan selanjutnya tunggu panggilan petugas kasir. Setelah nama dipanggil, pergilah ke loket yang telah ditentukan lalu lakukan pembayaran sesuai biaya yang tertera di lembar pajak kamu.

Setelah melakukan pembayaran, petugas akan memberikan stnk, lembar pajak baru serta ktp asli. Selesai! Fyi bahwa 1 jam saya berada disana hanya untuk membayar pajak 1 tahun sebuah mobil putih, bernama Nymph. So long yey... Jangan lupa bayar pajak ya good ppl :)

©Pekanbaru, 14 Maret 2016 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.