RUMAH MAKAN MELAKA "TAKE IT SELF"

, , 1 comment
Kamu, yang susah adaptasi dengan makanan lokal, disarankan untuk membawa makanan sendiri yang sesuai selera, tetapi bagi yang oke semua jenis makanan, maka jangan takut untuk mencoba masakan melayu di Melaka.
cicajoli
Dokumentasi Pribadi
Gambar diatas adalah sebagian menu makanan yang tersaji di RM Khas Padang "INDORI", berlokasi tidak jauh dari hotel tempat saya menginap, (Baca : Hotel di pusat kota). Dengan turun ke bawah kemudian keluar dari pintu depan, saya sudah dapat melihat RM ini, disana terdapat banyak makanan yang bisa dipilih sendiri. Dilihat dari petugasnya masih orang Melayu.

Didepan kaca sudah tertera harga per itemnya, saya dan Mama dapat melihat mana yang mahal dan mana yang murah, seperti cumi-cumi. Cumi-cumi disini tidak dipotong-potong kecil tetapi ukuran asli nya yang dimasak gulai kuning. Dan di RM INDRI tidak menggunakan sistem "take it self" seperti RM OLE RASA yang pemiliknya orang India...
cicajoli
Dokumentasi Pribadi
RM Ole Rasa adalah RM khas Melayu yang pemiliknya berketurunan India. Pelayanan yang ramah, murah senyum, sangat baik, dan perhatian kepada orang baru, semisal bertanya apakah sudah selesai perubatan atau hanya memberi tahu bahwa lauk ini menggunakan sambel cocol. Kata Papa: "bahwa masakan nya lebih banyak ke-asinan", sedangkan Kata Mama: "bahwa makanan nya enak, sama dengan makanan yang dimasak sendiri." 

Di RM ini menggunakan sistem "take it self" a.k.a ambil lauk sendiri. Mulai dibuka jam 07.00 pagi hingga 05.00 petang, terdapat makanan ringan seperti kue kering, kue basah, terdapat makan pagi seperti nasi lemak, nasi goreng, mie goreng dsb, terdapat makan siang yang berpuluh-puluh tempat menyajikan lauk yang berbeda, terdapat sambel cocol seperti yang digambar, serta terdapat minuman seger dan juice seperti semangka, apel dan pir. 

Saya dan Mama sering berkunjung ke Ole Rasa ketimbang Indri, karena lidah kami lebih menyukai tipe makanan yang seperti RM Ole Rasa tersebut. Lokasi nya lebih jauh ketimbang RM Indri, Saya dan Mama melewati lorong antar gedung lalu belok kekiri, dan sampailah. Untuk yang pertama kali kesana maka akan sulit menemukan gedung nya, jadi sebelum kesana alangkah baiknya bertanya kepada Reseptionis hotel, minta ke mereka agar diarahkan. 

Sekian, semoga bermanfaat. Jika kamu hendak ke Melaka bisa datangin dua RM yang saya ceritakan diatas, cobain makanan yang di masak orang Melaka hihiw...

©Pekanbaru, 13 Maret 2016 @Cicajoli 

1 comment:

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.