Pengaruh High Beam Mobil untuk Mata Astigmatisme.

, , No Comments
Menggunakan lampu jauh (dim/high beam) pada Mobil

Saya sebagai pengguna kendaraan roda empat mengalami kesulitan ketika melakukan perjalanan pada malam hari, bukan karena tidak semangat tetapi ketika mata saya melihat lampu dari mobil didepan yang berlawanan arah maka mata saya buram sesaat, fokus saya hilang dan saya mengalami kesulitan untuk melihat.
sumber + editing 
Ternyata saya termasuk orang yang mengalami gangguan mata Astigmatisme (silinder), silau yang dirasa akan lebih intens. Mata saya akan terganggu pandangannya jika berhadapan dengan cahaya terang. Kasus lain, pengemudi bermata silinder akan tertutup seluruh pandangannya. Dan parahnya sinar terang akan membuat pandangan matanya jadi gelap total.

Dan saya juga baru tahu bahwa pengendara lain dari belakang yang kerap bikin silau saat cahaya terang lampu high mereka menyorot kaca spion, itu akan memantul ke mata kitaDari itu saat ada mobil didepan kita maka jangan menggunakan lampu jauh.

Perlu diketahui juga bahwa fungsi lampu adalah penerang bagi pengendara yang melintas di jalur gelap, terutama pada malam hariTetapi jangan disalah gunakan yang dapat menimbulkan kecelakaan.

Arah sinar lampu kendaraan dapat diatur dalam dua option. First, low beam (lampu dekat)sinar lampu menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang akan dilalui pengendara. Lampu dekat digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan cukup, atau yang lalu lintasnya sedang ramai.  Second, high beam (lampu jauh)sinar lampu menyorot ke arah tengah-depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar posisi lampu). lampu jauh digunakan pada jalan-jalan yang sepi dan minim penerangan untuk membantu penglihatan menjangkau obyek atau rintangan di depan.

Bila menemui pengemudi yang membuntuti terus menyalakan lampu jauh, jangan kemudian menekuk spion mobil kamu. Ini bahaya karena keadaan di belakang mobil justru tidak dapat terlihat. Beri peringatan mobil di belakang itu dengan cara sesekali menginjak rem tanpa harus mengurangi kecepatan. Bila tanda itu tak dihiraukan, berarti pengemudi di belakang kurang beradab. Geserkan sedikit posisi mobil ke kiri lalu nyalakan sign kiri , biarkan mobil tersebut mendahuluiDan bila bermaksud mendahului kendaraan di depan, sebaiknya memberikan kode dengan sorot lampu jauh dalam waktu sekejap, diikuti dengan menyalakan lampu sign kanan. 

Gunakan lampu kendaraan secara benar. Usahakan selalu menggunakan lampu dekat, lampu jauh hanya digunakan saat jalanan kosong tanpa penerangan dan dalam keadaan tertentu atau dalam keadaan terpaksa.


Referensi : (klik disini)

 ©Pekanbaru, 07 February 2016 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.