Alasan Pola "H" UNTUK MOBIL MANUAL.

, , No Comments
Kamu Pengemudi?
Sumber Google
Pernah berfikir kenapa tuas mobil manual dan matic berbeda? Saya yakin pasti ada sebagian mereka yang bertanya dan sebagian lagi masabodo. Setelah membaca dari hasil penelitian, ditemukanlah bahwa prilaku pengemudi sendiri yang menjadi alasannya. Pola H tersebut mencegah pengemudi melakukan tindakan bodoh, misalnya saat menggeser gigi dari lima langsung kesatu. Jika transmisinya dibuat seperti mobil matic maka range nya kejauhan. Dijelaskan, loncatan perpindahan seperti itu dapat membahayakan mesin, tetapi dengan pola H maka pengemudi harus memindahkan nya secara teratur atau manual serta potensi kerusakan mobil bisa terhindar.

Selain alasan diatas, pola H memerlukan ruang yang lebih sedikit dibanding linier. Dan gearbox dpat dibuat lebih kompak. 

Perkembangan saat ini, pabrik otomotif mulai membuat jarak antara perpindahan gigi, atau disebut "throw" yang bisa diatur sedemikian rupa. dengan throw yang pendek maka pengemudi dapat lebih nyaman berkendara.

Sejak dulu pola H belum ada, mobil manual menggunakan tuas gear yang dipasang dibawah kemudi atau disebut "three-on-a-tree", semakin majunya teknologi maka tuas gear tidak dipakai lagi.


 Referensi : (klik disini)
©Pekanbaru, 06 Januari 2016 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.