AIR TERJUN DESA AIR PANAS (Trans 1 B) : Hey Rokan Hulu!

, , 1 comment
Kalau udah capek bermain, maka pulanglah!  
Foto Istimewa
Air Terjun ini berada di Desa Rokan IV Koto, tetapi masyarakat menyebutnya Air Terjun Desa Air Panas. Ternyata Desa Air Panas dan Desa Rokan IV Koto dulunya bersatu, tetapi setelah pemekaran maka berpisah.

Akses menuju Air Terjun ini, dari kota Pekanbaru dapat menggunakan transportasi umum (read: travel) dengan biaya Rp.80.000,- dan menempuh  ± 4 jam perjalanan. Selain itu dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti Mobil dan Motor.

Sesampainya di Rokan Hulu, tepatnya di Desa Air Panas. Untuk mencapai Air Terjun, wisatawan harus bertanya ke warga dimana jalan yang akan dilalui. Dari jalan besar wisatawan menempuh perjalanan ± 2 km menuju ke lokasi parkiran, untuk menuju ke parkiran hanya bisa dilalui menggunakan motor (jadi pengguna mobil harus parkir atau menitipkan kendaraannya di rumah warga sekitar). Sesampainya di parkiran, untuk menitipkan motor dikenakan biaya (Rp.5000/motor). Selanjutnya wisatawan hiking selama 45 menit melalui jalan setapak yang naik-turun dengan penuh perjuangan. 
Foto Istimewa
Lelah akan hilang, saat mendengar suara air jatuh yang artinya sebentar lagi sampai ke Air Terjun. Keindahan Air Terjun dengan goa-goa yang berada disekeliling nya, membuat mata tidak berkedip untuk beberapa detik, dan berucap MasyaAllah indahnya ciptaan mu Ya Allah ❤ ♡
Foto Istimewa
Air Terjun Desa Air Panas memiliki tinggi ± 20 meter dengan kedalaman sedada orang dewasa. Dengan nama Air Terjun Desa Air Panas atau dikenal juga dengan Air Terjun Trans 1 B berada di Desa Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Ps: Belum banyak yang tahu tentang Air Terjun ini, dikarenakan lokasi yang jauh dan akses kesana sangat sulit. Untuk Pemerintah segera memperhatikan objek wisata alam yang ada di Riau dan mengolah agar menjadi semakin indah, dijaga keasrian nya dan terus dikembangkan.

-Selagi muda, jalan jalan lah! berbuat baik sebanyak banyaknya-

©Pekanbaru, 12 Januari 2016 @Cicajoli 

1 comment:

  1. Barusan kepikiran pengin nulis tentang air terjun ini, ternyata udah ada yg duluan.

    Salam kenal kak cica, saya blogger pemula dri air panas

    ReplyDelete

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.