Pilihan Oleh-Oleh Khas Kota Bandung, Jawa Barat

, , No Comments
Kota Bandung merupakan kota Metropolitan terbesar di Tatar Pasundan, Jawa Barat. Sekaligus menjadi ibu kota provinsi tersebut. Kota ini terletak 140 km sebelah tenggara Jakarta, dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. (source:wikipedia)

Gue berkesempatan mengunjungi Bandung beberapa tahun lalu, punya cerita tentang perjalanan yang gue jalani bareng keluarga, mulai dari shopping, kuliner dan tempat wisata yang sempat dikunjungi. Nggak banyak list kunjungan pada saat itu, karena menurut gue apa aja yang sempat untuk didatangi "sok atuh" jalan, nggak perlu lah di list-list-an, ntar kalau nggak jadi bikin sakit hati. Disana abang gue yang jadi guide, karena yang lebih dulu disana ya doi. Kita mah ikut aja, kalau pengen kesuatu tempat --ya bilang, ntar si abang bakal ngasih tahu lokasinya dimana dan angkutan umum apa yang akan dipake.

  • DODOL

Dodol salah satu jajanan khas yang ada di kota Bandung, dodol ada banyak variasi. Seperti dodol Strawberry, Dodol Pandan, Dodol Cokelat Susu, Dodol Duren, dan Dodol garut biasa. Banyak dijumpai ditoko-toko yang menyediakan oleh-oleh khas Bandung. Nggak nipisin kantong kok buat beli Dodol, buat keluarga dirumah, jadi nggak tangan kosong ketika pulang. Selain murah, dodol memiliki rasa yang enak dan terkstur yang kenyal, bagus dikonsumsi untuk semua usia (read: yang giginya masih ada)he-he-he


DODOL
  • KRIPIK TEMPE
Tempe yang sering ditemui, didaerah manapun pasti ada yang jual tempe. Tempe ini diolah menjadi kripik yang gurih dan krenyes-nyes. Tempe dipotong setipis-tipisnya dan setelah itu dilumuri dengan tepung, gue nggak tau pasti mereka menggunakan tepung apaan, yang jelas tepung nya bisa membuat tempe menjadi gurih dan nggak akan melunak seperti masakan tempe yang sering kamu temui. Tempe nya nggak di hancurin, masih ukuran tempe, hanya saja ketika dimakan dia berderuk, seperti kripik-kripik pada umumnya, rasa tempe nya masih ada, dan biji-biji kedelai nya juga masih terlihat. Rekomendasi juga bagi para pendatang yang lagi liburan dan memilih kota Bandung sebagai tujuan, dapat mencari di toko-toko yang menyediakan makanan khas kota Bandung, banyak pilihan makanan dan kripik tempe bisa jadi pilihan.
KRIPIK TEMPE

  •  WAJIT
Makanan manis selain Dodol, wajit ini terbuat dari Gula merah dan kelapa yang diparut. Bahan dua itu terlihat dari wajitnya, wajit ini dilapisi dengan kulit jagung, masih tradisional banget cover nya, masih produk alami, tidak menggunakan plastik atau styrofoam sebagai pembungkus. Rasanya manis banget, kalau kamu makan pasti cuma tahan makan satu buah, karena kalau kebanyakan bisa bikin eneg. Wajit ini diproduksi sehari doang, nggak bisa lama-lama diluar, kalau kamu dateng ke toko oleh-oleh, pastikan kamu datang diwaktu yang tepat, maksud nya tepat saat wajit udah datang he-he. Cerita sedikit, waktu pertama kali ke toko oleh-oleh, wajit nya lagi nggak ada, jadi berhubung lagi pengen akhirnya dipesan dahulu, dan besok baru bisa dijemput. 

Nggak perlu cemas ketika dibawa pulang, karena setelah dibeli bisa disimpan kulkas biar wajitnya bertahan lama, ketika masuk kulkas wajit akan keras dan kualitas enak nya semakin besar, enak pisan euy! 

WAJIT

  •  BATAGOR GORENG
Nggak tahu bahan nya apa kenapa bisa enak rasanya, keras pun nggak keras amat, lunak nggak juga, gurih nya cocok dan rasanya maknyos. Dimakan jadi snack oke, dijadikan temen nasi juga oke. Siapa aja yang makan pasti nagih deh, gue sering makan ini ketimbang yang lain. Karena bisa bikin kenyang, jangan lupa dicatet namanya dan apabila berkesempatan ke Bandung langsung bisa dibeli..Tos!

BATAGOR Goreng

  •  PISANG SALE
Ini bahan utamanya PISANG (BANANA), pisang nya ditipisin setipis mungkin, kalau dimakan pisang nya udah nggak bentuk pisang, tipis banget. Tepung nya memiliki rasa manis, ketika pisang yang rasanya manis ditambah dengan tepung manis, jadi kesimpulan akhirnya = MANIS.

Pisang Sale banyak variasi nya, ada yang tipis seperti yang dibawah, dan ada juga yang pisang nya tebel, dan tepung nya nggak banyak. Tergantung kesukaan pembeli. Kalau gue mah dua-duanya hajar, yang tipis dan tebel gue rasa sama aja, nggak ada yang beda. Paling bentuk aja yang membedakan keduanya, nah yang banana lovers bisa ni jadi incaran ketika di Bandung.

PISANG SALE
"Jangan tangan kosong doang, bawalah makanan khas yang kotanya  kamu kunjungi, berbagilah kepada keluarga yang ada dirumah, karena dengan begitu mereka akan senang mendapat hadiah dari kamu."
DAFTAR Oleh-Oleh
Selain kuliner diatas, masih banyak banget kuliner yang bisa kamu cobain. Kata Papa gue :" Kuliner di Bandung banyak loh, tinggal cari dan pilih-pilih sesuka hati, mulai dari yang low budget hingga yang high budget. Tentukan dari wallet kamu, karena semuanya ada di Bandung seperti kuliner, baju-baju, dan wisatanya juara. Selamat ber-bandung RIA! :)

©Pekanbaru, 17 Agustus 2015 @Cicajoli  || DIRGAHAYU RI 70 TAHUN.

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.