Kedelai : Baik Untuk Dikonsumsi, Tapi Jangan Berlebihan!

, , No Comments
Kedelai adalah gudang nya nutrisi, banyak produk yang berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, toge, kacang kedelai, kecap, tempe dan tepung kedelai. Susu kedelai sudah banyak di pasaran, yang dalam bentuk sachet, botolan dan juga dalam bentuk plastik. Dengan harga yang berbeda-beda, yang lebih irit sih literan, karena gue beli yang 1 liter cuma seharga gocheng. 

Gue akan review tentang manfaat kacang kedelai, kacang kedelai termasuk kedalam tanaman polong-polongan, kacang kedelai sangat bagus untuk kesehatan. Salah satu manfaat kacang kedelai bagi kesehatan : Ketika gue check ke dokter karena aid yang nggak rutin, jadi saran dokter untuk lebih sering minum susu kedelai, karena untuk memancing datang nya hormon. Selain contoh nyata yang telah gue alamin, ada juga beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui, yaitu :
  • Akan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas karena kacang kedelai mengandung anti oksidan.
  • Kedelai terdapat protein dan isoflavon, yang dapat membantu dalam mengurangi kolestrol jahat serta penurunan kemungkinan pembekuan darah.
  • Susu kedelai sebagai menu diet sehat, karena rendah lemak namun tinggi protein.
Kandungan Yang Bermanfaat Pada Kedelai
Kedelai terbentuk dari 40% protein dan lemak sekitar 20%, dibagi menjadi lemak jenuh dan tidak jenuh, jumlah kandungan mineral juga sangat melimpah di antara yang utama diwakili oleh kalium, kalsium fosfor, dan magnesium. Dan beberapa sejumlah vitamin adalah vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, dan sedikit vitamin C.

Sampai saat ini belum di temukan,bahan makanan dari tanaman lainnya menyerupai kedelai yang sangat kaya akan protein, yang sebagian besar terdiri dari, antara lain, dari semua asam amino esensial yang sangat di perlukan oleh tubuh secara "langsung" karena tubuh tidak dapat mensintesis mereka sendirian, jadi perlu di suplai. Lesitin menjadi lipid, memiliki sifat pengemulsi lemak, sehingga dapat meningkatkan aktivitas otak dan aktivitas neurotransmitter. (sumber: klik disini)

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi Pribadi
Selama ini udah sering beli susu kedelai yang plastikan, karena otak gue nggak terima dengan pengeluaran yang lumayan hanya untuk beberapa plastik susu kedelai yang isinya nggak seberapa, jadi gue berinisiatif untuk mendapatkan susu kedelai murah langsung dari pabriknya. Berhubung sekitaran komplek rumah gue ada pabrik Tahu, maka gue berkunjung kesana dan menanyakan "Apakah bisa membeli susu kedelai perliter?" Alhamdulillah jawaban yang gue dapat sangat memuaskan, jadi kedepan nya gue akan langganan susu kedelai di pabrik itu.

Karena dibeberapa artikel yang gue baca tentang Kedelai, ada catatat kecil yang nggak boleh di abaikan. Bahwa jangan terlalu sering mengkonsumsi kedelai maupun olahan kedelai karena dari beberapa kandungan yang ada di kacang kedelai tidak bagus bagi tubuh apabila di konsumsi secara berlebihan. Efek samping apabila mengkonsumsi kacang kedelai berlebihan, kedelai mengandung fitat yang mencegah penyerapan mineral, dan masih banyak efek samping lainnya.

Semoga bermanfaat, dan jadilah pemberi informasi yang baik dan selalu memberikan karya yang santun untuk semua pembaca tersayang juga untuk orang lain disekitar kita...

©Pekanbaru, 03 April 2015 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.