Air Untuk Masa Depan #WorldWaterDay

, , No Comments
Bertepatan di hari Ahad, 22 Maret 2015 diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Nah apa sih yang bisa kita lakukan di hari ini sebagai pengguna air yang setiap hari kita pakai untuk mandi, mencuci dsb? Tadi pagi selain aksi sosialisasi Kelas Inspirasi Pekanbaru 3, gue banyak menemukan komunitas dengan kreatif menampilkan kreasi yang ada di komunitas masing-masing, dan yang menjadi pusat perhatian gue adalah ketika ada beberapa pemuda-pemudi yang beraksi dengan beberapa tulisan di kertas yang berisi tentang #SaveWater.

Untuk lebih mengenal apa itu Hari Air Sedunia? dan apa yang bisa kita perbuat di hari ini? Ada beberapa point yang gue dapatkan, yang hanya mikir sebentar saja.
Pertama, Air adalah salah satu SDA yang dapat atau tidak diperbaruhi? kalau menurut gue itu fleksibel ya, kalau dari sekarang manusia nya bisa menggunakan air dengan sebaik-baik nya, tidak membuang-buang air dengan penggunaan yang sia-sia, maka air akan tetep bersama kita dan akan terus bersama generasi berikutnya. Tetapi sebaliknya, kalau dipergunakan dengan sia-sia maka umur air tidak akan bertahan lama.
Kedua, air termasuk SDA yang sensitif, kalau di campur dengan benda-benda seperti zat adiktif atau di masukkan bahan kimia yaitu pembuangan sisa Pabrik, Rumah Sakit atau limbah maka air bersih akan semakin sulit dicari dan semakin sedikit jumlah air bersih. Maka sebagai pemakai kita ikut mengawasi air agar tidak tercampur dengan bahan-bahan yang tidak pantas. Ketiga, air sangat penting untuk perumahan, perkantoran dan pabrik-pabrik yang ada di Dunia, air sebagai sumber energi.  Keempat, air juga di gunakan manusia untuk minum, memasak dan sanitasi seperti mencuci tangan, mencuci piring, mencuci baju dsb. Kelima, apabila air tidak dijaga dan hanya di abaikan saja keberadaan nya, maka akan timbul yang namanya kelebihan air yaitu banjir yang sangat merugikan manusia.
sumber : Internet

Air berhubungan dengan banyak hal, seperi berhubungan dengan kesehatan. Bisa dilihat ketika sakit, dokter akan menyarankan pasien untuk banyak mengkonsumsi air, menjaga air maka sama dengan menjaga kesehatan. Air juga berhubungan dengan lingkungan, satu pohon yang di tanam, maka setelah di tanam akan dilakukan penyiraman, nah air sebagai penyubur pohon maka menjaga air sama dengan menumbuhkan banyak pohon lainnya, kemudian air juga berhubungan dengan pertumbuhan. Baik itu pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan manusia.

Save Water = Save Generations, karena pertumbuhan dan perkembangan anak di dukung dengan air. Air membantu dalam kesehatan mereka, dengan mengkonsumsi air 8 gelas sehari secara rutin.
Save Water = Save the Earth, karena untuk menjaga kelestarian ekosistem dan terhindar dari pemanasan global maka air penting.
Save Water = Save the Life, karena untuk memasak, mandi dan mencuci tangan manusia membutuhkan air.
Save Water = Save the Economy, karena untuk menyuburkan pohon, menjalankan pabrik dan memandikan hewan dibutuhkan ketersediaan air, dengan begitu pekerja dapat menjalankan tugas dan dari sini mereka menghasilkan upah.
Save Water = Save Energy, karena pembangkit tenaga listrik membutuhkan air agar bisa menghasilkan uap dan menggerakkan generator listrik. Dan setetes air sangat berarti :)
Save Water for next Generations
Nah hidup kita sangat bergantung dengan air, bukan? maka kita juga harus menjaga dan melestarikan air agar air selalu bisa menemani kita hingga kapan pun, untuk generasi kita dan generasi selanjutnya. Save Water = Save Human, Earth also...

©Pekanbaru, 22 Maret 2015 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.